Efektifitas Penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada Toko Nil Maizar Sport Apparel

Mutiana Pratiwi

Abstract


Dengan semakin ketatnya persaingan bisnis di dalam dunia usaha, kecepatan dan ketepatan dalam bertindak merupakan suatu hal yang utama. Akibatnya muncul persaingan antar usaha yang memperlihatkan dampak yang cukup signifikan terhadap usaha sehingga masing-masing usaha tersebut harus mampu untuk menciptakan pasar mereka sendiri dengan cara menciptakan brand terhadap usaha yang mereka miliki. Selain itu Pengelolaan yang baik pada suatu perusahaan juga sangat diperlukan untuk memperlancar kinerja perusahaan. Salah satu dari sistem yang paling mendukung adalah sistem promosi. Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan dalam memperkenalkan produk mereka ke pasaran. Penelitian ini melakukan sebuah survey pada Toko Nil Maizar Sport Apparel dimana merupakan tempat usaha penjualan perlengkapan olahraga yang berada di kota Padang, Sumatera Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa dan menentukan tingkat efektifitas terhadap penerapan sistem informasi penjualan pada Toko Nil Maizar Sport Apparel dengan metode Customer Relationship Management (CRM). Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah aplikasi promosi online, yang memiliki manfaat sebagai bentuk aktualisasi karakter usaha serta menunjang pemasaran dan meningkatkan daya saing.

Keywords


Efektifitas; Customer Relationship Management (CRM); Pemasaran; Sistem Informasi

Full Text:

PDF

References


T. H. Nguyen, J. S. Sherif, and M. Newby, “Strategies for successful CRM implementation.”

B. Hardjono and L. P. San, “Customer Relationship Management Implementation and its Implication to Customer Loyalty in Hospitality Industry Implementasi Manajemen Hubungan Pelanggan dan Implikasinya terhadap Loyalitas Pelanggan pada Industri Rumah Sakit,” J. Din. Manaj., vol. 8, no. 1, pp. 92–107, 2017.

R. Akhmedov, “Implementation of CRM Strategies to Increase Customer Loyalty, Case of Kazakhstan Companies,” Nile J. Bus. Econ., vol. 3, no. 6, p. 33, 2017.

J. Wongsansukcharoen, J. Trimetsoontorn, and W. Fongsuwan, “Social CRM, RMO and business strategies affecting banking performance effectiveness in B2B context,” J. Bus. Ind. Mark., vol. 30, no. 6, pp. 742–760, Jul. 2015.

S.-I. Wu and C.-L. Lu, “The relationship between CRM, RM, and business performance: A study of the hotel industry in Taiwan,” Int. J. Hosp. Manag., vol. 31, no. 1, pp. 276–285, Mar. 2012.

A. A. Mohammed and B. Bin Rashid, “Customer Relationship Management (CRM) in Hotel Industry: A framework Proposal on the Relationship among CRM Dimensions, Marketing Capabilities and Hotel Performance,” Int. Rev. Manag. Mark., vol. 2, no. 4, pp. 220–230, 2012.

J. Puspa and D. Sugiana, “Strategi Customer Relationship Management ( CRM ) PT Angkasa Pura II PT Angkasa Pura II ( Persero ) Customer Relationship Management ( CRM ) Strategy,” J. Kaji. Komun., vol. 6, no. 1, pp. 10–23, 2018.

M. Sigala, “Implementing social customer relationship management: A process framework and implications in tourism and hospitality,” Int. J. Contemp. Hosp. Manag., vol. 30, no. 7, pp. 2698–2726, 2018.

E. Y. Bony Yosua Setyaleksana, Suharyono, “PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT ( CRM ) TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN ( Survei pada Pelanggan GraPARI Telkomsel di Kota Malang ),” J. Adm. Bisnis (JAB)|, vol. 46, no. 1, pp. 45–51, 2017.

V. Ahuja and Y. Medury, “Papers CRM in a Web 2.0 world: Using corporate blogs for campaign management,” J. Direct, Data Digit. Mark. ng Pract. ce J. Direct, Data Digit. Mark. Pract., vol. 13, no. 1, pp. 11–24, 2011.

M. Afrina and A. Ibrahim, “Rancang Bangun Electronic Costumer Relationship Management (E-Crm) Sebagai Sistem Informasi Dalam Peningkatan Layanan Perpustakaan Digital Fakultas Ilmu Komputer Unsri,” J. Sist. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 629–644, 2013.

F. Andreani, “Customer Relationship Management (Crm) Dan Aplikasinya Dalam Industri Manufaktur Dan Jasa,” J. Manaj. Pemasar., vol. 2, no. 2, pp. 59–65, 2007.

N. Deif, A. Aly, and S. Farahat, “The Effect of Applying Customer Relationship Management in the Higher Educational Sector,” J. 2019, vol. 6, p. 5436, 2019.

D. Mistikaweni et al., “PENERAPAN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP ( E-CRM ) DALAM UPAYA MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN DAN,” J u r n a l I D E A L I S, vol. 2, no. 2, pp. 72–77, 2019.

H. Kartika, “Efektivitas Loyalty Program dalam Customer Relationship Management terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan,” J. ILMU Komun., vol. 6, no. 2, pp. 177–206, 2009.

D. H. Utami, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN CUSTOMER RELATIONSHIP MAN- AGEMENT DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER LOYALTY,” J. Arthavidya, vol. 18, no. 2, 2016.

R. K. Cecep Lupi Hepyan, Erwin Gunadhi, “REKAYASA PERANGKAT LUNAK APLIKASI PENJUALAN OBAT PADA APOTEK MULYA ABADI,” J. Algoritm. Sekol. Tinggi Teknol. Garut Adapun, vol. 9, no. 1, pp. 1–11, 2012.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/bit.v16i2.935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Budi Luhur Information Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


OFFICE:

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752

Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) by FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR is licensed under CC BY-SA 4.0 Creative Commons License

View Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) Satats Web Analytics Made Easy