Aplikasi Kriptografi Menggunakan Algoritma RSA Dan Corrected Block TEA (XXTEA)

Muhammad Anif, Siswanto Siswanto, Muhammad Fikri, Gunawan Pria Utama

Abstract


Kriptografi menjadi baigan yang sangat penting dalam keamanan pertukaran data digital dalam kegiatan sehar-hari, sehingga algoritma kriptografi yang kuat dan cepat sangat dibutuhkan. Namun terkadang terjadi celah keamanan yang disebabkan oleh penggunanya, seperti melakukan pertukaran kata kunci yang digunakan untuk membuka data yang sudah terenkripsi pada media yang tidak aman. Maka dibutuhkan aplikasi kriptografi yang dapat mencegah celah keamanan tersebut, sehingga menimalisir celah keamanan yang disebabkan oleh pengguna. Metode kriptografi yang dibutuhkan untuk mendukung aplikasi tersebut adalah dengan penggabungan metode asimetris dan simetris, yaitu algoritma RSA dan Corrected Block TEA (XXTEA). Pada aplikasi ini pengguna dapat melakukan proses enkripsi dan dekripsi tanpa melakukan proses pertukaran kata kunci pada setiap file yang dikirimkan, dan dibangun menggunakan bahasa pemrogram JavaScript pada platform NodeJS. Aplikasi ini memiliki kemampuan enkripsi dan dekripsi file teks maupun file binary.

Keywords


Keamanan Data; Enkripsi; Kriptografi; RSA; Corrected Block TEA; XXTEA .

Full Text:

PDF

References


Ireland, David, RSA Algorithm, diakses 3 Mei 2015 http://www.di-mgt.com.au/rsa_alg.html.

Steyn, Barry, How RSA Works with Example, diakses 3 Mei 2015 http://doctrina.org/How-RSA-Works-With-Examples.html.

Veness, Chris, Block TEA 'Tiny Encrpytion Algorithm', diakses 14 Mei 2014, (XXTEA) implemented in Javascript, http://www.movable-type.co.uk/scripts/tea-block.html.

Siregar, Fahry Rozy 2014, Perancangan Keamanan Informasi Sistem Pemungutan Suara Elektronik (e-Voting) Menggunakan Kombinasi Algoritma AES dan RSA.

Lestari, Puji. 2013, Implementasi Algorithma RSA (Rivest Shamir Adleman) dalam Sistem Enkripsi File dan Pengamanan Folder.

Denver. 2013, Pengamanan Komunikasi Suara Melalui Internet Pada Telepon Seluler dengan Algoritma TEA pada Platform Android.

Atmojo, Dwi Ardani 2012, Perancangan Secure Login Website Menggunakan Algoritma Enkripsi XXTEA.

Wahyuni, Ana. 2011, Keamanan Pertukaran Kunci Kriptografi dengan Algoritma Hybrid : Diffie-Hellman dan RSA.

Hendarsyah, Decky & Wardoyo, Retantyo 2012, Implementasi Protokol Diffie - Hellman Dan Algoritma RC4 Untuk Keamanan Pesan SMS. Universitas Gajah Mada.

Kurniawan, Agus 2012, Network Forensics: Panduan Analisis dan Investigasi Paket Data Jaringan Menggunakan Wireshark. Yogyakarta. Penerbit Andi.

Prajapati, Priteshkumar, et. al. 2014, Comparative Analysis of DES, AES, RSA Encryption Algorithms.

Mollin, R. A. 2002, RSA and Public Key Cryptography, Boca Raton, Florida, Chapman & Hall/CRC.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/bit.v16i2.942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Budi Luhur Information Technology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


OFFICE:

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, 12260. DKI Jakarta, Indonesia. Telp: 021-585 3753 Fax: 021-585 3752

Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) by FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI - UNIVERSITAS BUDI LUHUR isĀ licensed under CC BY-SA 4.0 Creative Commons License

View Bit (Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur) Satats Web Analytics Made Easy