Pengaruh Brand Ambassador, Minat Beli, Dan Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Situs Jual Beli Online Shop Shopee Indonesia di Universitas Budi Luhur Periode Februari – April 2018)

Agus Sriyanto, Aris Wahyu Kuncoro, Agus Sarsito, Kartini Istikomah

Abstract


Tujuan penelitian tidak lain adalah untuk mengetahui pengaruh brand ambassador (X1), Minat Beli (X2), dan Testimoni (X3) terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada situs jual beli online shop Shopee dengan studi kasus pada mahasiswa aktif Manajemen angkatan 2014 di Universitas Budi Luhur Jakarta Selatan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 78 responden yang diambil dengan menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk kuesioner dan dibantu dengan skala likert. Penelitian ini merupakan penelitian yang berjenis deskriptif, yaitu penelitian yang menggambarkan objek-objek yang berhubungan untuk pengambilan keputusan yang bersifat umum. Penelitian tersebut digunakan untuk menganalisis hasil jawaban responden atas kuesioner yang diberikan. Kemudian data diolah menggunakan software SPSS 23. Hasil analisis regresi berganda Y = 2.338 + 0,394 X1 + 0,318 X2 + 0,323 X3 + e. semua variabel independen (Brand Ambassador, Minat Beli dan Testimoni) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen (Keputusan Pembelian). Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji t dimana nilai signifikan masing-masing variabel independen terhadap dependen dibawah 0,05.

Keywords


Brand Ambassador, Minat Beli, Testimoni, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Amyardi. 2015. “Pengaruh Kualitas Produk, Minat Beli, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Kopi Starbucks di Tangerang Selatan”. Jurnal Manajemen Universitas Mercubuana. 80(12), 59-82.

Andri, Indraja. 2014. “Pengaruh Brand Ambassador dan Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Carvil”. Jurnal Manajemen Bisnis. 34(12), 81-102.

Aslinda, Isnaini. 2016. “Pengaruh Brand Ambassador dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Produk Ponds di Kota Jember)”.Jurnal Universitas Negeri Jember. 26(10), 41-59.

Ayu, Kusuma. 2016. “Anlisis Pengaruh Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pad Situs Lazada.co.id”Jurnal Manajemen Univ. Sumatera Utara. 45(2), 35-62.

Daniel. 2017. “Pengaruh Brand Awareness dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Join Kopi Bulungan)”. Jurnal Manajemen Universitas Mercubuana. 16(23), 23-51.

Gariffith, Andrew. 2014. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: CV. Andi.

Greenwood, Lea. 2012. How To Build A Good Business. Jakarta: Gramedia.

Kotler Keller. 2013. Prinsip – Prinsip Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga. Jakarta: Airlangga.

Kotler Keller. 2014. Prinsip – Prinsip Manajemen Pemasaran. Edisi Keempat. Jakarta: Airlangga.

Medi Aninda. 2016. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Shampoo Sunslik”. Jurnal Nasional. 23(18), 30-56.

Royan. 2013. Etika Dalam Berbisnis. Edisi 5. Yogyakarta: CV. ANDI.

Sanusi. 2013. Pemasaran Strategik. Edisi 2. Yogyakarta: CV. Andi.

Tjiptono. 2014. Bisnis Pengantar. Edisi Pertama. Cetakan Kedua. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Tjiptono. 2014. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: CV. ANDI.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jem.v8i1.858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Agus Sriyanto, Aris Wahyu Kuncoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.