Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Kebijakan Deviden Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 – 2017)

Srie Hendraliany

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel profitabilitas, ukuran perusahaan ,pertumbuhan perusahaan, kebijakan deviden dan keputusan investasi terhadap nilai perusahan. Data yang digunakan adalah publikasi laporan keuangan perusahaan properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013 – 2017. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan sampel yang dipilih 15 (lima belas) perusahaan pada Bursa Efek Indonesia. Untuk menjawab masalah penelitian, data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Return On Equity, Ukuran Perusahaan dan kebijakan deviden berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, sedangkan keputusan investasi tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Keywords


Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, pertumbuhan perusahaan, kebijakan deviden keputusan investasi dan nilai perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Andriyani., 2017. Pengaruh Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012 – 2014. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fahmi & Irham. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Lampulo: ALFABETA.

Gustian, Dani., 2017. Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Keputusan Investasi, Dan Keputusan Pendanaan, Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012 – 2014. Jurnal Universitas Negeri Padang.

Herawati, Lidya Nafitri Ayu., 2017. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Pertumbuhan Penjualan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Yang Terdaftar Dalam Indeks LQ45. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya.

Indriawati, Inasfatin, Marsiska Ariesta P, dan Edy Budi Santoso., 2018. Pengaruh Profitabilitas, Keputusan Investasi, Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012 – 2016, Journal Of Accounting 2018.

Indriyani, Eka., 2017, Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan, Jurnal Ilmu Akuntansi Universitas Islam Negeri Jakarta,Vol.10 No.2, hal: 333 – 348.

Kasmir. 2012. Bank dan Lembaga Kuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kieso, Donald E. dan Jerry J. Weygandt dan Terry D. Warfield (alih bahasa Emil Salim, S.E. 2008). Akuntansi Intermediate Jilid 2 Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Munawir, S. 2007. Analisa Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Liberty. Yogyakarta.

Nelwan dkk, 2018. Pengaruh Kebijakan Dividen, Keputusan Pendanaan Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Pada Saham Bluechip Yang Terdaftar di BEI. Jurnal EMBA, Vol.6 No.4 September 2018, Hal. 2878 – 2887

Novianti, Zulfa Eka Widya dan Lailatul Amanah., 2017, Pengaruh Profitabilitas, Growth, Kebijakan Hutang, Dan Kepemilikan Institusional Terhadap Kebijakan Dividen, Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya, Vol.6 No.9.

Rahmawati, Amalia Dewi, Topowijono dan Sri Sulasmiyati., 2015. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Struktur Modal, Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Properti, Real Estate, Dan Building Construction Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010 – 2013. Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya, Vol.23 No.2.

Safrida, Eli., 2013, Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Indonesia, Jurnal Akuntansi Riset Universitas Pendidikan Indonesia, Vol.3 No.2.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Setyowati, Ida, Patricia Diana Paramita dan Agus Suprijanto., 2018, Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening, Journal Of Accounting 2018. Universitas Pandanaran Semarang.

Taslim, Fadli Ali., 2016. Pengaruh Rasio Likuiditas, Aktivitas, Dan Profitabilitas, Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014, Jurnal Equilibrium Fakultas Ekonomi Universitas Khairun Ternate, Vol.10 No.1.

Yuliariskha Fania, 2012. Pengaruh Keputusan Pendanaan, Keputusan Investasi Serta Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Periode 2008-2010)




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jem.v8i1.860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Srie Hendraliany

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.