PERAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM PEMASARAN PRODUK PERBANKAN PADA KONSUMEN DI PT DWI CERMAT INDONESIA JAKARTA

Katry Anggraini, Agung Widodo

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peran dan kendala teknologi komunikasi dalam kegiatan pemasaran produk perbankan di PT Dwi Cermat Indonesia, Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode observasi, dengan melakukan pengamatan terhadap penggunaan teknologi komunikasi dan kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk perbankan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan teknik sampling purposif (purposive sampling). Tahapan pada analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing/verification. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran teknologi komunikasi dalam kegiatan pemasaran di PT Dwi Cermat Indonesia Jakarta penting karena banyak dilakukan melalui situs www.cermati.com atau mobile application yang bernama Cermati dan beberapa supporting tools lain seperti Phabricator + Arcanist, Github, New Relic, Shippable (CircleCI), dan Slack. Kendala yang dihadapi seperti masih kurangnya kemampuan dari mobile sales dalam menggunakan teknologi komunikasi seperti saat melakukan konfirmasi meeting, dokumentasi foto bersama konsumen yang kurang jelas, sinyal provider yang tidak stabil, dan kapasitas handphone yang tidak mendukung dalam melakukan dokumentasi secara digital. Disarankan PT Dwi Cermat Indonesia dapat meningkatkan kemampuan karyawannya dalam menggunakan teknologi komunikasi.

Kata-kata kunci: Teknologi komunikasi, pemasaran, produk perbankan, dan konsumen.

Full Text:

PDF

References


Ahyuna, dkk. (2013). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Promosi Pemasaran Produk Lokal Oleh Kalangan Usaha Di Kota Makassar. Jurnal Komunikasi Kareba, Vol.2 No.1.

Husen, D. (2019). Sistem Informasi Manajemen Perbankan. Bandung:Pustaka Setia.

Isnaini P., dkk. (2017). Peran Digital Marketing Terhadap Brand Equity Produk Pariwisata. Prosiding Seminar Nasional dan Call For Paper Ekonomi dan Bisnis (SNAPER-EBIS 2017)– Jember, 27-28 Oktober 2017 (hal 406-410), ISBN: 978-602-5617-01-0.

Kasmir. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Raja Grafindo.

Ningsih, E. R. (2010). Perilaku Konsumen. Kudus:Nora Media.

Nurudin. (2018). Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jakarta:Raja Grafindo.

Pambudi, B S & Suyono. (2019). Digital Marketing As An Integrated Marketing Communication Strategy In Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) In East Java. Kompetensi, Vol 13, No 2, Oktober 2019.

Romdonny, J & Rosmadi, M. L. N.. (2018). Peran Media Sosial dalam Mendukung Pemasaran Produk Organisasi Bisnis. Jurnal Ikraith Ekonomika, Vol. 1 No.2.

Sukandi, A, dkk. (2019). Implementasi Digital Marketing untuk Meningkatkan Kepuasan Nasabah dan Berdampak Pada Citra Lembaga Perbankan (Suatu Survey Pada Lembaga Perbankan Nasioanal) PT Bank Negara Indonesia (Persero),Tbk. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora, Vol. 21, No. 3:355 – 364.

Sunyoto, D. (2013). Manajemen Pemasaran: Pendekatan Konsep dan Psikologi Bisnis. Yogyakarta: Buku Seru.

Suryani, T. (2017). Manajemen Pemasaran Strategik Bank di Era Digital. Jakarta:Prenada Media.

Widiana, M. E, dkk .(2012). Penggunaan Teknologi Internet dalam Sistem Penjualan Online untuk Meningkatkan Kepuasan dan Pembelian Berulang Produk Batik pada Usaha Kecil dan Menengah di Jawa Timur. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.14 No.1 Maret 2012: 71−81.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/js.v18i1.1046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Serasi

Jurnal Serasi diterbitkan oleh Program Studi Sekretari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur.

Lebih detail tentang jurnal Serasi dapat lihat di Sejarah Jurnal Serasi

ISSN (cetak) 2085-0700            ISSN (online) 2622-5913


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) telah terindeks oleh: (klik gambar untuk informasi lebih lanjut)