PENGARUH EFFECTIVE TAX RATE, TUNNELING INCENTIVE, EXCHANGE RATE DAN MEKANISME BONUS PADA KEPUTUSAN TRANSFER PRICING PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)

Nurul Baiti, Suryani Suryani

Abstract


This study aims to determine the effect of Effective Tax Rate, tunnelling Incentive, Exchange Rate and Bonus Mechanism on Transfer Pricing decisions in companies. In this study Transfer Pricing is measured by the presence or absence of sales to special parties. The population in this study are Manufacturing Companies listed on the Indonesia Stock Exchange 2015-2019 which were 17 companies. This research uses the purpose sampling method. The analysis technique used is logistic regression analysis. The results of his research indicate that tunnelling Incentive negatively affects the transfer pricing decision and the effective tax rate, exchange rate, bonus mechanism does not affect the transfer pricing decision

Keywords


Transfer pricing, effective tax rate, tunnelling incentive, exchange rate and bonus mechanism

Full Text:

PDF

References


Ayshinta, P. J., Agustin, H., & Efriyenti, M. (2019). Pegaruh Tunneling incentive, Mekanisme Bonus dan Exchange Rate terhadap Transfer Pricing Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017. Vol 1, Hal 572-588.

Darussalam, D. S., & Kristiaji, B. B. (2013). Transfer Pricing Ide, Strategi, dan Panduan Praktis dalam perspektif Pajak Internasional. Kelapa Gading-Jakarta: Penerbit DANNY DARUSSALAM Tax Center.

Diyah, N. C., Diana, N., & Mawardi, C. (2020). Pegaruh Pajak, Tunneling incentive dan Mekanisme Bonus pada Keputusan Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2018. E-JRA Vol. 09.

Hartati, W., Desmiyawati, & Julita. (2019). Tax Minimization, Tunneling incentive dan Mekanisme Bonus terhadap Keputusan Perusahaan Transfer Pricing. Jurnal Simposium Nasional Akuntansi 18 Medan.

Hidayat, W. W., Winarso, W., & Hendrawan, D. (2019). Pegaruh Pajak danTunneling incentive terhadap Transfer Pricing pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2012-2017. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Manajemen (JIAM), Hal. 49-54.

M, J., & Meckling, H. M. (1976). Theory of the firm: Managerial Behavior, Agency Cost and Ownership Structure. Jurnal of Financial Economics, 205-360.

Melani, T. (n.d.). Pegaruh Tax Minimization, Mekanisme Bonus, Tunneling incentive dan Ukuran Perusahaan terhadap keputusan melakukan Transfer Pricing.

Mulyani, H. S., Prihartini, E., & Sudirno, D. (2019). Analisis Keputusan Transfer Pricing Berdasarkan Pajak, Tunneling dan Exchange Rate pada Perusahaan Manufaktur tahun 2013-2017. Jurnal Akuntansi dan Pajak , 171-181.

Refgia, T. (2018). Pegaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Asing dan Tunneling incentive terhadap Transfer Pricing Perusahaan Sektor Industri dan Kimia yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2011-2014. JOM Fekon Vol 4, hal 543-555.

Santosa, S. J., & Suzan, L. (2018). Pegaruh Pajak, Tunneling incentive dan Mekanisme Bonus terhadap Keputusan Transfer Pricing Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016. Volume 19 No 1, 72-80.

Sarifah, D. A., Probowulan, D., & Maharani, A. (2019). Dampak Effective Tax Rate (ETR), Tunneling incentive (TnC), Indeks Trend Laba Bersih (Itrendlb) dan Exchange Rate Pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2016-2018. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika Vol.9 No.2.

Tampubolon, K., & Al Farizi, Z. (2018). Transfer Pricing & Cara Membuat TP Doc. Yogyakarta: Grup Penerbit CV Budi Utama.

Tania, C., & Kurniawan, B. (2019). Pajak, Tunneling incentive, Mekanisme Bonus terhadap Transfer Pricing Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017. TECHNOBIZ, Vol 3, 37-41.

Tiwa, E. M., Saerang, D. P., & Tirayoh, V. Z. (2017). Pengaruh Pajak dan Kepemilikan Asing Terhadap Penerapan Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI Tahun 2013-2015. Jurnal EMBA Vol.5 No.2, 2666-2675.

Viviany, S. (2013-2016). Pegaruh Tarif Pajak, Tunneling incentive, Mekanisme Bonus dan Exchange Rate terhadap Transfer Pricing Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016. JOM FEB, Volume 1.




DOI: https://doi.org/10.36080/jak.v9i2.1419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Akuntansi. Universitas Budi Luhur, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12260, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.