KAJIAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN DAN NILAI-NILAI BERBUDI LUHUR PADA MAHASISWA

Tio Prasetio

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menguji peningkatan soft skills dan hard skills mahasiswa melalui kajian Model Pembelajaran kooperatif dan mendeskripsikan tanggapan mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan software SPSS Versi 20, subjek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis semester V yang mengambil mata kuliah aplikasi komputerisasi akuntansi yang berjumlah 25 orang. Data yang dikumpulkan adalah indikator soft skills, indikator hard skills mahasiswa, persepsi mahasiswa dan kendala yang ditemui dalam penerapan model pembelajaran. Data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi dan kuisioner yang kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan semua atribut soft skills, terutama atribut komunikasi lisan mahasiswa. Sedangkan untuk atribut hard skills mengalami penurunan yang tidak signifikan

Keywords


Hard skills; Soft skills; Model Pembelajaran Kooperatif

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. 2008. Learning To Teach. Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Coates, Dennis E. 2006. The Learning Behavior (Washington, D.C.: The Brookings Institution).

Marsiti, Cok Istri Raka. 2008. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode SQ3R Untuk Meningkatkan efektifitas Belajar Mahasiswa Jurusan PKK Pada Mata Kuliah Dasar Seni dan Desain. Laporan Penelitian Dosen Muda Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja: Lemlit.

Pusat Studi Kebudiluhuran. 2016. Buku Saku Menuju Generasi Cerdas Berbudi Luhur. Jakarta. Universitas Budi Luhur.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme Guru. Cetakan ke-4. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sailah, Illah. 2007. Pengembangan Soft skills di Perguruan Tinggi. Makalah di sampaikan dalam rangka Sosialisasi Soft skills di Undiksha. Singaraja, 20 Oktober.

Sinarwati, Ni Kadek. 2014. Apakah Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Mampu Meningkatkan Soft skills Dan Hard skills Mahasiswa? Jurusan Akuntansi Program S1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha, Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika (JINAH) volume 3 Nomor 2 singaraja Juni 2014 ISSN 2089-3310

Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning teori, Riset dan Praktik. Jakarta: Nusa Media.

Sriartha, I Putu dan Sudiana, I Ketut. 2009. Buku Panduan Pengembangan Soft Skills mahasiswa Undiksha melalui Multilevel Role Model Berlandaskan Tri Kaya Parisudha. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.

Widiartini, Ni Ketut dan Diah Angendari, Made. 2008. Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Statistik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Koopertif Tipe Jigsaw Pada Mahasiswa Semester IV Jurusan PKK Undiksha. Laporan Penelitian Dosen Muda. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja




DOI: https://doi.org/10.36080/jak.v7i1.587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Akuntansi. Universitas Budi Luhur, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12260, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.