Health Harmonize: Aktivitas Komunikasi Kesehatan Dalam Mewujudkan Sekolah Sehat
Abstract
Health Harmonize merupakan Program Rencana Aksi Kolaborasi (RAK) yang digagas oleh Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 Tahun 2024 berkolaborasi dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan SMP IT Ar-Rifqi Kota Bandung sebagai sekolah sasaran Kampus Mengajar. Program Kampus Mengajar (KM) merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan secara nasional oleh Kemendikbudristek. Program Kampus Mengajar berfokus pada peningkatan kompetensi literasi dan numerasi bagi peserta didik di Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas komunikasi kesehatan melalui peningkatan literasi kesehatan di lingkungan Sekolah untuk mengatasi masalah kesehatan pada siswa dan mewujudkan sekolah sehat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus sebagai pendekatan utama untuk mengkaji aktivitas komunikasi kesehatan. Penelitian diawali dengan proses pengambilan data melalui observasi, studi pustaka dan wawancara dengan informan. Analisis data menggunakan metode reduksi data dan model data kemudian dilakukan penarikan atau verifikasi kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan observasi, ditemukan bahwa terjadi aktivitas komunikasi kesehatan di Sekolah SMP IT Ar-Rifqi Kota Bandung meliputi komponen pesan melalui kegiatan penyuluhan, komponen perubahan perilaku melalui program edukasi kesehatan, komponen hubungan interpersonal antara Mahasiswa, DPL dan Guru Pamong Bersama dengan siswa, komponen penyampaian informasi dan pencegahan risiko kesehatan ditunjukkan dengan praktik kesehatan secara langsung serta pemberian materi edukasi kesehatan dengan berkolaborasi dengan tenaga kesehatan untuk mengurangi komponen kesenjangan terhadap informasi kesehatan. Aktivitas komunikasi kesehatan yang dilakukan Mahasiswa Kampus Mengajar 7 Tahun 2024 adalah Upaya Bersama dalam mewujudkan sekolah sehat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adani, M., & Pamungkas, I. N. A. (2020). Aktivitas Komunikasi Kesehatan Untuk Penanggulangan Mental Illness Melalui Event (Studi Kasus Pada Event# ReFest). EProceedings of Management, 7(2).
Aminah, S., Huliatunisa, Y., & Magdalena, I. (2021). Usaha kesehatan sekolah (uks) untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) siswa sekolah dasar. Jurnal JKFT, 6(1), 18–28.
Amini, N. U. (2022). Komunikasi Terapeutik Motif dan makna sukarelawan sebagai pelaku komunikasi terapeutik: Studi fenomenologi mengenai motif sukarelawan sebagai pelaku komunikasi terapeutik melalui metode kasih sayang di Yayasan Penyandang Disabilitas Mental Mentari Hati Ta. JOURNAL OF Mental Health Concerns, 1(2), 51–57.
Anisa, N., & Ramadan, Z. H. (2021). Peran Kepala Sekolah dan Guru dalam Menumbuhkan Perilaku Hidup Sehat pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2263–2269.
Irsyada, R. (2023). Peran Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah di SD Negeri Se-Desa Kayen Kabupaten Pati. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 4(2), 500–510.
Kampus Merdeka. (2022). https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/mengajar/#
Linar, C. (2024). Pengaruh Program Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Terhadap Kesehatan Siswa/Siswi Sdn 13 Banda Sakti Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe. Jurnal Kesehatan Integratif (JKI), 6(1).
Littlejohn, S. W., Foss, K. A., & Oetzel, J. G. (2016). Theories of Human Communication: Eleventh Edition. Waveland Press. https://books.google.co.id/books?id=yJ32DQAAQBAJ
Manurung, R. N. N. (2022). Peran program merdeka belajar dalam meningkatkan kemandirian mahasiswa melalui kampus mengajar. Journal on Education, 5(1), 591–600.
Maulida, H., & Nugrahenti, M. C. (2020). Komunikasi Kesehatan Perilaku Hidup Sehat# Jsr Di Media Sosial: Health Communication of Healthy Living Behavior# JSR On Social Media. Jurnal Teras Kesehatan, 3(2), 18–32.
Rizaty Ayu, M. (2023). Kemendikbud: Ada 53,14 Juta Murid di Indonesia pada 2023/2024 - Dataindonesia.id. https://dataindonesia.id/pendidikan/detail/kemendikbud-ada-5314-juta-murid-di-indonesia-pada-20232024
Sitopu, J. W. (2022). Pelaksanaan Kampus Mengajar di SDIT Ashabul Kahfi Kabupaten Deliserdang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 39–50.
Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional). Alvabeta Bandung, CV.
Sulistiyani, E., Khamida, K., Soleha, U., Amalia, R., Hartatik, S., Putra, R. S., Budiarti, R. P. N., & Andini, A. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Fakultas Kesehatan dan Non Kesehatan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 686–698.
WHO. (2024). Mentransformasi Kesehatan Remaja: Laporan Komprehensif WHO tentang Kemajuan dan Kesenjangan Global. https://www.who.int/indonesia/id/news/detail/01-11-2024-transforming-adolescent-health--who-s-comprehensive-report-on-global-progress-and-gaps
DOI: https://doi.org/10.36080/comm.v16i1.3500
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Communication
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.