Manajemen Komunikasi Pstore Dalam Proses Produksi Livestreaming di Platform Shopee

Faradilla Zahwa Khairunisa, Novi Andayani Praptiningsih, Magvira Yuliani

Abstract


Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola konsumsi dan strategi pemasaran, salah satunya melalui inovasi livestreaming. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan Transactive Memory Theory dalam mendukung keberhasilan produksi livestreaming di Pstore Condet, yang menggunakan platform Shopee Live sebagai bagian dari strategi pemasaran digitalnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan manajer produksi, host livestreaming, tim teknis, dan tim konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan specialization, coordination, dan credibility menjadi fondasi keberhasilan produksi livestreaming di Pstore. Pembagian tugas yang spesifik memastikan setiap anggota tim bekerja secara efisien sesuai keahliannya. Koordinasi yang efektif melalui komunikasi intensif sebelum, selama, dan setelah siaran memungkinkan tim untuk merespons kendala secara cepat. Evaluasi kinerja rutin juga membantu memperbaiki kelemahan dan meningkatkan kualitas siaran. Melalui hal tersebut, Pstore tidak hanya mampu menjaga kualitas produksi tetapi juga mencapai target penjualan produk mereka seperti ponsel. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pemahaman manajemen kerja tim di era digital serta menjadi panduan praktis bagi bisnis lain dalam memanfaatkan livestreaming sebagai strategi pemasaran.


Keywords


Production Management, Livestream Production, Pstore, Shopee, Transactive Memory Theory

Full Text:

PDF

References


Arif, A. (2024). The application of transactive memory in the learning organization and the role of credibility. International Journal of Advanced and Applied Sciences, 11(3), 149-157.

Bachrach, D. G., Mullins, R. R., & Rapp, A. A. (2017). Intangible sales team resources: Investing in team social capital and transactive memory for market-driven behaviors, norms and performance. Industrial Marketing Management, 62, 88–99.

Cato, S., & Ishihara, A. (2017). Transparency and Performance Evaluation in Sequential Agency. The Journal of Law, Economics, and Organization, 33(3), 475–506.

Darham, D., Johannes, J., Edward, E., & Yacob, S. (2022). the Effect of Coordination on Organizational Performance Through Public Service Motivation and Organizational Commitment As an Intervening Variable. International Journal of Business and Economy, 4(2), 97-112.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Feng, T., & Madni, G. R. (2024). Mediation of transactive memory capability in relationship of social media usage and job performance. Frontiers in Psychiatry, 15, 1361913.

Gordana, D., & Ilic, B. (2020). Coordination management in new human resource management tendencies. Journal of Ekonomi, 2(1), 8-14.

Ma, L., Gao, S., & Zhang, X. (2022). How to use live streaming to improve consumer purchase intentions: evidence from China. Sustainability, 14(2), 1045.

Sun, H., Liu, J., & Chen, H. (2018). Communication in human resource management. Human Resources Management and Services (TRANSFERRED), 1(1).

Tambes, R. P., & Yasir, Y. (2023). Model Manajemen Produksi Media Digital Berbasis Live Streaming Di Ceria Tv Pekanbaru. Komunika: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 1(1), 21-35.

Wang, Y., Huang, Q., Davison, R. M., & Yang, F. (2018). Effect of transactive memory systems on team performance mediated by knowledge transfer. International Journal of Information Management, 41, 65-79.

Wegner, D. M. (1987). Transactive memory: A contemporary analysis of the group mind. Theories of group behavior/Springer-Verlag.

Widodo, R. E., & Napitupulu, T. A. (2023). Exploring The Impact Of Live Streaming For E- Commerce Business: A Systematic Literature. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 101(16).

Yuwono, M. A., & Rachmawati, D. (2024). Development of Henri Fayol's Principles of Management on the Implementation of Governance in the Banking Industry in Indonesia. International Journal of Management, Accounting & Economics, 11(6).

Ziółkowska, M. J. (2021). Digital transformation and marketing activities in small and medium- sized enterprises. Sustainability, 13(5), 2512.




DOI: https://doi.org/10.36080/comm.v16i1.3504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id