MODEL KOMUNIKASI KAMPANYE PENGGALANGAN DANA OLEH PERUSAHAAN PENYIARAN TELEVISI UNTUK MENDUKUNG KEGIATAN KEMANUSIAAN
Abstract
ABSTRACT
This research discusses a fundraising campaign by PT Surya Citra Televisi (SCTV) through
“Jembatan Asa” program, a humanitarian program to build broken bridges in various regions
of Indonesia. The purpose of this research is to know the communication model of humanitarian
fundraising campaign of Jembatan Asa Program by SCTV with reference to Nowak and
Warneryd campaign model.
The research approach used is qualitative, with the nature of descriptive research. Data
collection procedure through advertisement and news documentation and in-depth interviews
from key informants: chairman of CSR program “Jembatan Asa”, news production manager,
news producer and video journalist in SCTV News Division. The results and analysis of data
findings show that the campaign is done through advertisements and publications in various
internal programs of SCTV, online media www.liputan6.com and social media.
Refers to the elements of the Nowak and Warneryd campaign models; intended effect,
competiting communication, communication objects, target populations and receiving groups,
channels, messages, communicators, and obtained effects, the researchers found a change in
the model used by SCTV in a public fundraising campaign. Among them, prior to conducting
the campaign, SCTV produced framing the news of the condition of the affected communities
damaged bridges. The contents of campaign messages in the form of donation solicitation
adverts, news reports on the construction of bridges and financial reports. The effect of the
campaign is the rise of number of public donations, the rise of media reputation, and the
government's concern to build another damaged bridge in its territory.
Keywords: Communication Model, Campaign, Advertisement, Publication, Fundraising
ABSTRAK
Penelitian ini membahas kampanye penggalangan dana oleh PT Surya Citra Televisi (SCTV)
melalui program Jembatan Asa, sebuah program kemanusiaan untuk membangun jembatan
rusak di berbagai daerah Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model
komunikasi kampanye penggalangan dana kemanusiaan Program Jembatan Asa oleh SCTV
dengan mengacu pada model kampanye Nowak dan Warneryd.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan sifat penelitian deskriptif.
Prosedur pengumpulan data melalui dokumentasi iklan dan berita serta wawancara mendalam
dari key informan, yakni Ketua Penyelenggara program CSR Jembatan Asa, Manajer Produksi
Berita, Produser Program Liputan 6 dan Video Journalist di Divisi Pemberitaan SCTV. Hasil
124
dan analisis temuan data memperlihatkan bahwa kampanye dilakukan melalui iklan dan
publikasi di berbagai program internal SCTV, media online www.liputan6.com dan media
sosial.
Mengacu pada elemen model kampanye Nowak dan Warneryd; efek yang diharapkan,
persaingan komunikasi, obyek komunikasi, populasi target dan kelompok penerima, saluran,
pesan, komunikator, dan efek yang dicapai. Peneliti menemukan perubahan model yang
digunakan SCTV dalam kampanye penggalangan dana masyarakat. Diantaranya, sebelum
melakukan kampanye, SCTV memproduksi framing berita kondisi masyarakat terdampak
jembatan rusak. Isi pesan kampanye berupa iklan ajakan berdonasi, pemberitaan progres
pembangunan jembatan dan laporan keuangan. Efek kampanye yang dicapai adalah banyaknya
donasi masyarakat, naiknya reputasi media, dan kepedulian pemerintah untuk membangun
jembatan rusak lain di wilayahnya.
.Kata kunci: Model Komunikasi, Kampanye, Iklan, Publikasi, Penggalangan,dana
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Bungin, Burhan. 2007.Penelitian Kualitatif
Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan
Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya.
Jakarta: Kencana Prenada Media
Group.
Gregory, A. 2004. Perencanaan dan
Manajemen Kampanye Public
Relations (Edisi Kedua). Jakarta:
Penerbit Erlangga.
Kriyantono, Rachmat. 2012. PR Writing:
Teknik Produksi Media Public
Relations dan Publisitas Korporat.
Jakarta: Kencana.
McNabb, David. 2002. Research Methods
in Public Administration & Nonprofit
Management: Quantitative &
Qualitative Approaches. M.E. Sharpe.
Moleong, Lexy. 2001. Metodologi
Penelitian Kualitatif. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Morrisan, 2008. Strategi Menjadi Humas
Profesional. Jakarta:Kencana
Purwanto, April.2009. Manajemen
Fundraising Bagi Organisasi
Pengelola Zakat, Jakarta:Teras
Ruslan, Rosady. 1998. Manajemen Public
Relations & Media Komunikasi
Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Soemirat, Soleh &Ardianto, Elvinaro,
, Dasar-Dasar Public Relations,
Bandung, Rosdakarya
Sudewo, Eri. 2004. Manajemen Zakat.
Ciputat: Institut Manajemen Zakat.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan R&B Bandung:
Alfabeta.
Suryawati, Indah. 2011. Jurnalistik Suatu
Pengantar: Teori dan Praktek.
Bogor: Ghalia Indonesia
Venus, Antar. 2004. Manajemen Kampanye
– Panduan Teoretis dan Praktis dalam
Communication VIII, Nomor 2, Oktober 2017 145
Mengefektifkan Kampanye
Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama
Media.
Website:
www.liputan6.com
www.sctv.co.id
DOI: https://doi.org/10.36080/comm.v8i2.639
DOI (PDF): https://doi.org/10.36080/comm.v8i2.639.g538
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Communication
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.