PENGARUH POSISI KAS, UKURAN PERUSAHAAN, RETURN ON ASSETS DAN DEBT TO TOTAL ASSETS TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO (Studi Empirik Pada Perusahaan LQ 45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011–2015)

Welas Welas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan variabelPosisi Kas, Ukuran Perusahaan, Return On Assets dan Debt To Total Assets Ratio terhadap Dividend Payout Ratio pada perusahaan LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode pengujian hipotesis (hypotesis testing).Populasi dalam penelitian ini sebanyak 45 perusahaan dan sampel yang digunakan sebanyak 11 perusahaan LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik penarikan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling dan diuji dengan menggunakan program statistical package for the social sciences version 23 (SPSS versi 23). Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.Hasil Uji F menunjukkan bahwa model regresi layak digunakan dalam penelitian ini dengan angka signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil Uji t menunjukkan terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara ukuran perusahaanterhadap Dividend Payout Ratio, sementara Posisi Kas, Return On Assets dan Debt To Total Assets tidak berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio pada perusahaan LQ 45 terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2011-2015.

Full Text:

PDF


DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jak.v6i1.350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Akuntansi. Universitas Budi Luhur, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12260, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.