ANALISIS RELEVANSI INFORMASI LABA AKUNTANSI, NILAI BUKU EKUITAS DAN ARUS KAS OPERASI DENGAN HARGA SAHAM (Studi Empirik Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2004-2008)

Anissa Amalia Mulya

Abstract


Penelitian ini untuk menganalisis pengaruh relevansi nilai informasi laba akuntansi, nilai buku ekuitas dan arus kas operasi dalam menjelaskan harga saham. Sampel dalam penelitian terdiri dari 64 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2004 sampai 2008. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan dan harga saham penutupan pada tanggal pengumuman laporan keuangan yang diperoleh dari Pusat Referensi Pasar Modal Indonesia (PRPM) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Capital Market Directory (CMDI), dan Website Indonesian Stock Exchange (www.idx.co.id). Metode statistik yang dgunakan untuk menguji hipotesis menggunakan uji regresi berganda. Untuk analisis data digunakan SPSS ver. 15.0 dengan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) variabel laba akuntansi memiliki pengaruh dan relevansi nilai yang positif terhadap harga saham secara parsial; (2) variabel nilai buku ekuitas menunjukkan bahwa nilai buku memiliki pengaruh dan relevansi nilai yang positif terhadap harga saham secara parsial; (3) secara parsial variabel arus kas operasi memiliki relevansi nilai yang positif tetapi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap harga saham; (4) secara bersama-sama (simultan) informasi laba akuntansi, nilai buku 20 ekuitas dan arus kas operasi memiliki pengaruh dan relevansi nilai terhadap harga saham.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jak.v1i1.358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Akuntansi. Universitas Budi Luhur, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12260, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.