ANALISIS PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR), KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Property dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2009

Abdul Wahab, Anissa Amalia Mulya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh
Corporate Social Responsibility (CSR), Kepemilikan Institusional, dan Ukuran
Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan baik secara parsial maupun simultan. Penelitian dilakukan di 12 perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2009 - 2011. Pada penelitian ini terdapat 4 variabel yaitu Corporate Social Responsibility (CSR), Kepemilikan Institusional, dan Ukuran Perusahaan sebagai variabel independen dan Nilai Perusahaan sebagai variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) CSR secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Nilai Perusahaan; (2) Kepemilikan Institusional secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap Nilai Perusahaan; (3) Ukuran Perusahaan secara parsial
berpengaruh secara signifikan terhadap Nilai Perusahaan; (4) Corporate Social
Responsibility (CSR), Kepemilikan Institusional, dan Ukuran Perusahaan secara
simultan berpengaruh secara signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Hasil penelitian ini konsisten atau didukung oleh penelitian sebelumnya.


Full Text:

PDF


DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jak.v1i2.367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Akuntansi. Universitas Budi Luhur, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12260, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.