PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN SAHAM DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITYTERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi, Kosmetik dan Keperluan Rumah Tangga, dan Peralatan Rumah Tangga yang Terdaftar Di Bursa

Anita Wahyu Indrasti, Martini Martini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan institusional,
kepemilikan publik dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai
perusahaan. Nilai perusahaan dalam penelitian ini diproksikan dengan nilai Tobin’s Q. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari ICMD (Indonesian Capital Market Directory), laporan keuangan yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia, serta data-data keuangan lainnya yang dianggap relevan dalam penelitian ini. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur Sektor Barang Konsumsi, Kosmetik & Keperluan Rumah Tangga, dan Peralatan Rumah Tangga yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2013 yang berjumlah 33 perusahaan. Metode penentuan sampel dilakukan dengan metode convenience sampling, yaitu sampel yang dipilih berdasarkan pertimbangan kemudahan dengan jumlah sampel sebanyak 25 perusahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dan kausal dengan menggunakan teknik analisis Structural Equation Model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur kepemilikan saham dan CSR tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan Tobin’s Q


Full Text:

PDF


DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jak.v3i2.387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Akuntansi. Universitas Budi Luhur, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12260, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.