PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO (DER), DEBT TO TOTAL ASSET (DTA), DIVIDEN TUNAI, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014)

I Gusti Made Andrie Kayobi, Desy Anggraeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untu menguji Pengaruh Debt To Equity Ratio (DER), Debt To Total Asset (DTA), Dividen Tunai dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2014. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 13 perusahaan manufaktur sektor barang konsumsi di BEI tahun 2011-2014. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan software IBM SPSS Statistic v.20.0. dengan regresi berganda dan menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh sigifikansi antara Debt to Equity Ratio (DER), Debt to Total Asset (DTA), Dividen Tunai dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai perusahaan sebesar 28,1 %  sedangkan 71,9 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Sementara berdasarkan hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Dividen Tunai yang diproksikan Dividend Payout Ratio (DPR) dan Debt to Total Asset (DTA) terhadap Nilai Perusahaan, sedangkan Debt To Equity Ratio (DER) dan Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan.

Full Text:

PDF


DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jak.v4i1.396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Akuntansi. Universitas Budi Luhur, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12260, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.