PENGARUH GROWTH, CASH POSITION, LIQUIDTY, SOLVABILITY DAN PROFITABILITY TERHADAP DIVIDEND PAYOUT RATIO (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008 - 2011)

Haryatih Haryatih

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan bukti empiris atas pengaruh Pertumbuhan, PosisiKas, Likuiditas, Solvabilitas dan Profitabilitas terhadap Rasio Pembayaran Dividen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan populasi perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel dipilih berdasarkan kriteria: (1) perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2008-2011. (2) Perusahaan manufaktur membayar dividen pada periode 2008-2011. (3) Perusahaan yang lengkap dengan variabel yang akan diteliti. Teknik analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan pertumbuhan, posisi kas (CP), likuiditas (CR), solvabilitas (DER) dan profitabilitas (ROE) secara signifikan mempengaruhi Rasio Pembayaran Dividen (DPR). Secara parsial posisi variabel posisi kas(CP), solvabilitas (DER) dan profitabilitas (ROE) secara signifikan mempengaruhi variabel Rasio Pembayaran Dividen (DPR)

Full Text:

PDF


DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jak.v4i2.399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Akuntansi. Universitas Budi Luhur, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12260, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.