PENGARUH LABA AKUNTANSI, OPINI AUDIT, SOLVABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP AUDIT DELAY (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015)

Ratrynda Ulfa, Nora Hilmia Primasari

Abstract


         Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh laba akuntansi, opini audit, solvabilitas dan ukuran perusahaan terhadap audit delay. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar pada BEI periode 2012-2015. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 45 perusahaan manufaktur yang ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda dan software yang digunakan adalah SPSS versi 19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap audit delay, sedangkan laba akuntansi, opini audit dan solvabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap audit delay.


Full Text:

PDF


DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jak.v6i2.416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Akuntansi. Universitas Budi Luhur, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12260, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.