PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, FINANCIAL DISTRESS, KOMITE AUDIT, DAN KOMISARIS INDEPENDEN TERHADAP TAX AVOIDANCE (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016)

Puspita Rani

Abstract


Tax avoidancemerupakan upaya perusahaan untuk meminimalisir beban pajak perusahaan yang dibayarkan dengan mencari kelemahan peraturan perpajakan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, financial distress, komite audit dan komisaris independen terhadap tax avoidance pada perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2016. Sampel penelitian ini terdiri dari 54 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap tax avoidance dan komisaris independen berpengaruh negatif signifikan terhadap tax avoidance. Sedangkan variabel lainnya yaitu financial distress dan komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance.

Full Text:

PDF


DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jak.v6i2.420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Akuntansi. Universitas Budi Luhur, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12260, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.