PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN, PROFITABILITAS DAN FIRM SIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN YANG TERGABUNG DALAM JAKARTA ISLAMIC INDEKS DI BURSA EFEK INDONESIA

Sugeng Priyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberikan bukti empiris tentang: Pengaruh kebijakan dividen, profitabilitas dan firm size terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Indeks di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Indeks selama tahun 2011-2015 sebanyak 13 perusahaan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan data yang dipergunakan, data sekunder. Metode analisis adalah regresi berganda dengan menggunakan uji t dan uji F (Goodness Fit Test). Hasil pengujian menunjukkan kebijakan dividen dan firm size berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedang profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Adam, E., 2015. Variabel-Variabel yang Memengaruhi Rasio P/E dan Dampaknya terhadap Return Saham (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Aplikasi Manajemen, Volume Volume 13, Nomor 4 ISSN 1693-5241.

Fahmi, I., 2015. Manajemen Investasi. 2 ed. Jakarta: Salemba Empat.

Hanafi, M. M. & Halim, A., 2012. Analisis Laporan Keuangan. 4 ed. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (YKPN).

Harmono. 2014. Manajemen Keuangan. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Hery, 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Grasindo.

Kasmir, 2015. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kusumadewi, D. G. S. & Sudiartha, G. M., 2016. Pengaruh Likuiditas, Kebijikan deviden, Kesempatan Investasi dan Leverage terhadap Nilai perusahaan E-Jurnal Manajemen Unud, Volume Volume 5, Nomor 9 ISSN 2302-8912, pp. 5612-5642.

Margaretha, Farah. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Dian Rakyat.

Nuraina, Elva. 2012. Pengaruh Kepemilikan Institusional dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kebijakan Hutang dan Nilai Perusahaan (Studi pada PerusahaanManufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2006-2008. Jurnal Akuntansi Vol. 4No. 1, 51-70.

Permatasari, R. & Yonowati, T., 2016. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Nilai perusahaan pada Perusahaan Perbankan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 5, Nomor 2, Februari 2016 ISSN 2461-0593.

Rahma, E. Y., 2014. Analisis Variabel Fundamental yang Berpengaruh terhadap Nilai perusahaan (PER) sebagai Dasar Penilaian Saham pada Perusahaan Automotive and Allied yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen,

Volume 12, Nomor 3 ISSN 1693-5241.

Rodoni, A. & Ali, H., 2014. Manajemen Keuangan Moderen.

Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sitepu, D. & Linda, 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Price Earning Ratio Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, Volume 3, Nomor 2, Oktober 2013.

Utomo, W., Andini, R. & Raharjo, K., 2016. Pengaruh Leverage (DER), Price Book Value (PBV), Ukuran Perusahaan (SIZE), Profitabilitas (ROE), Kebijikan deviden (DPR) dan Likuiditas (CR) terhadap Nilai perusahaan (PER) pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI tahun 2009-2014. Journal Of Accounting, Volume Volume 2, Nomor 2, Maret 2016.

Yusuf, 2014. Pengaruh Return On Equity (ROE), Return On Assets (ROA) dan Net Interest Margin (NIM) terhadap Price Earning Ratio (PER) pada Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal NeO-Bis, Volume 8, Nomor 2, Desember 2014.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jak.v5i1.780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Akuntansi. Universitas Budi Luhur, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12260, Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.