Strategi Media Relations Greenpeace Indonesia Dalam Meningkatkan Citra Organisasi

Intan Widyasari, Anindita Lintangdesi A.

Abstract


Greenpeace Indonesia adalah organisasi internasional yang bergerak dalam mengkampanyekan lingkungan. Terdapat berita negatif tentang Greenpeace di media online. Tujuan penelitian ini untuk menjabarkan strategi media relations Greenpeace Indonesia dalam meningkatkan citra organisasi. Pendekatan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan Strategi dalam meningkatkan citra yang dilakukan ialah memilah berita yang dapat menjadi masalah yang signifikan bagi organisasi, kemudian jika iya, Greenpeace menggunakan hak jawab untuk mengklarifikasi dengan memberikan fakta. Strategi media relations yang dilakukan mengamati media, menjaga komunikasi, memperlakukan wartawan selayaknya teman, mengundang wartawan untuk bertemu informal, dan memberikan informasi program-program kegiatan sebelum dilakukan. Media relations yang dilakukan adalah press conference, press briefing, media gathering, press release, press tour, special event, dan wawancara pers.

Keywords


Public Relations, Strategi Media Relations, Citra Positif, Lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Buku :

Ardianto, Elvinaro. 2010. Metode Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Endraswara, Suwardi. 2012. Metodologi Penelitian Kebudayaan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Moleong, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

--------, 2010 . Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Soemirat, Soleh & Elvinaro Ardianto. 2010. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprapto, Tommy. 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta : CAPS.

World Health Organization (2020). Novel Coronavirus (2019-nCoV). Citroner, G. Healthline (2020). China Coronavirus Outbreak: CDC Issues Warning, Multiple Cases in U.

Website :

https://www.kompasiana.com/adlierafqie/5e7a0b2e53807b48957b0503/pandemik-covid-19-dan-dampaknya-bagi-depresi-ekonomi-indonesia diakses pada tanggal 2 Mei 2020.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/12/204820265/psbb-tangerang-raya-bagaimana-kasus-covid-19-di-kabupaten-kota-tangerang diakses pada tanggal 2 Mei 2020.

https://www.bcafinance.co.id diakses pada tanggal 23 Juni 2020

Jurnal :

Andi miladiyah , 2017. Pemanfaatan Whatsapp messenger info dalam pemberian informasi dan peningkatan kinerja pada sub bagian program pemerintah provinsi Sulawesi Selatan. Program Magister Universitas Hasanuddin Makassar.

Femi Oktaviani. (2018). Universitas BSI. Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Bandung. Volume 3, No. 1, 2018.

Nofha Rina (2019). Universitas Telkom. Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mempertahankan Brand Image Brownies Amanda Sebagai Kue Oleh-Oleh Bandung. Vol. 5 No. 1

Sita Nensia , Pengaruh electronic word of mouth di media sosial terhadap brandimage Coffee Shop (study pada followers account Instagram @dw_coffe di kota malang). Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Malang.

Suherman Kusniadji, 2016. Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang). Program Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v11i2.1171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id