Komunikasi Digital Dalam Bisnis Online Produk UMKM “SO WHAT” di Era Normal Baru

Daruning Rahayu, Eni Maryani, Ilham Gemiharto

Abstract


Peran Usaha Kecil dimasa pandemi untuk terus menggerakan ekonomi masyarakat di level menengah ke bawah melalui adaptasi teknologi menarik untuk dicermati. Tulisan ini akan mengangkat pengalaman ‘So What’ sebagai sebuah UMKM yang menghadapi kendala di masa pandemi dengan terus berinovasi dalam produk serta beradaptasi secara teknologi. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah bagaimana implikasi pemnggunaan komunikasi digital terhadap UMKM? Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Kasus penelitian yang dipilih adalah salah satu UMKM ‘So What’ yang memiliki produk minuman beradaptasi dengan komunikasi digital dan menjalankan bisnis dengan sistem online dan berhasil bertahan di masa pandemi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam, observasi dan studi literatur. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa So What menggunakan aplikasi digital untuk menjalankan bisnisnya secara online dan berhasil meningkatkan keuntungannya setiap tahun dan bertahan di amsa pandemi. Implikasi sistem bisnis online adalah diberlakukannya transaksi keuangan elektronik akan tetapi “So What” tetap menggunakan sistem hybrid yaitu menerima tranksasi elektronik dan juga secara tunai. Kebijakan tersebut diambil karena mempertimbangkan masih terdapat kendala-kendala dalam penggunaan transaksi elektronik. Beberapa kendala teknis transaksi elektronik dari sisi konsumen yaitu a) tidak semua konsumen memiliki aplikasi yang digunakan dalam pemasaran produk ‘So What’, b) tidak semua konsumen juga selalu memiliki saldo pada aplikasi tersebut, dan c) tidak semua konsumen juga memahami transaksi online dengan baik. Sementara disisi produsen dalam hal ini internal “So What” kendalanya adalah kapasitas jaringan internet yang memiliki belum memiliki kestabilan yang tinggi sehingga kadangkala memiliki masalah saat melakukan verifikasi pemesanan.

Keywords


Komunikasi digital; bisnis online; usaha kecil; pandemi; normal baru.

Full Text:

PDF

References


Adi, M. Kwartono. 2007. Analisis Usaha Kecil dan Menengah. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Amri, Andi (2020), Dampak Covid -19 terhadap UMKM di Indonesia, Jurnal Brand, Volume 2 No. 1, Juni 2020 https://ejournals.umma.ac.id/index.php/brand e-ISSN : 2715-4920

Anies. 2020. Covid-19: Seluk Beluk Corona Virus. Yogyakarta: Arruzz Media.

Cronin, Mary. 1995. Doing More Business on the Internet. 2nd edition. New York: Van Nostrand Reinhold.

Flew, Terry. 2008. New Media; An Introduction, oxford University Press, 3th Edition, ISBN 0195551494, 9780195551495

Johan, Suwinto (2020), Users’ acceptance of financial technology in an emerging market (An empirical study in Indonesia) Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Volume 23 No. 1 April 2020, 173 - 188 Journal homepage: www.ejournal.uksw.edu/jeb ISSN 1979-6471 E-ISSN 2528-0147

Kompas.Com (2020) "BREAKING NEWS: Jokowi Umumkan Dua Orang di Indonesia Positif Corona": https://nasional.kompas.com/read/2020/03/02/11265921/breaking-news-jokowi-umumkan-dua-orang-di-indonesia-positif-corona?page=all.

Kotler, Philip. 1993. Manajemen Pemasaran: analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Alih Bahasa Jaka Warsawa dan Herujati Purwoko. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., H. Kartajaya, I. Setiawan. 2017. Marketing 4.0 Bergerak dari Tradisional ke Digital. Alih Bahasa Fairano Ilyas. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Mulyana, Deddy. 2014. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Cetakan ke-18. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2018, Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi, Bandung, PT Remaja Rosda Karya.

Nurrohmah. Anandia, Alfanur, Farah (2016) Adopsi E-Commerce pada Usaha Mikro dan Kecil di Bandung (Studi Kasus Sub-Sektor Fesyen) ISSN: 2355-9357 e-Proceeding of Management : Vol.3, No.2 Agustus 2016 | Page 1120

Primiana, Ina. 2009. Menggerakkan Sektor Riil UKM & Industri. Bandung: Alfabeta.

Romero, Deddy. 2019. Kaya Raya dengan Bisnis UKM. Yogyakarta: Laksana.

Sandhusen, Richard. (2008). Marketing. Hauppauge, N.Y: Barron’s Educational Series.

Setyawati, Irma. 2009. Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dalam Perekonomian Nasional. Widya Kopertis Wilayah III 26 No. 288.

Sholihin, Riadhus. 2019. Digital Marketing di Era 4.0. Yogyakarta: Penerbit Quadrant.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprapto, Tommy. 2009. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Yogyakarta: MedPress.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, UMKM.

Wenhong, Zhang. 2020. Prevention and Control of COVID-19. Shanghai: Shanghai Scientific & Technical Publishers.

Yuliani, Y. Oviliani Penggunaan Teknologi Internet dalam Bisnis Online Jurnal Akuntansi & Keuangan Vol. 2, No. 1, Mei 2000: 36 – 52, Jurusan Ekonomi Akuntansi, Fakultas Ekonomi - Universitas Kristen Petra http://puslit.petra.ac.id/journals/accounting/




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v12i1.1341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id