Pengaruh Pro & Kontra Pilkada 2020 Pada Media Sosial Twitter (Drone Emprit: Pilkada 2020 - Pro & Kontra)

Terang Bintang Samuel Silalahi, Ahmad Toni

Abstract


Di Indonesia Pilkada direncakan untuk diselenggarakan pada akhir tahun 2020 yaitu ditanggal 9 Desember 2020. Dikutip dari data yang diambil dari droneemprit.id, TREN ‘PILKADA’ tercatat sekitar (175k) percakapan di media sosial Twitter. Tujuan utama dalam penelitian ini ialah untuk meneliti komunikasi politik yang terjadi di media sosial twitter terkait dengan pro dan kontra terhadap pelaksanaan Pilkada di tahun 2020 ini. Komunikasi politik yang dibangun melalui media sosial twitter, dapat membentu suatu opini dalam publik dan juga dapat menggerakkan suatu dukungan politik secara masif, perlu diketahui bahwa twitter memiliki peran yang sangat kuat untuk mempengaruhi, dan mampu membentuk hasil dari suatu kampanye (Caplan, 2013, 12). Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan analisis data twitter pada penelitian ini menggunakan studi kepustakaan (library research) Social Network Analysis (SNA) dari big data Drone Emprit. Kesimpulan dari penelitian ini, bahwasannya pergejolakan bisa saja terjadi pada media sosial twitter serta memberikan pengaruh pada penyelenggaraan Pilkada 2020. Pro dan Kontra adalah hal yang biasa terjadi oleh karena itu, Pemerintah dan penyelenggaran harus dapat meyakinkan masyarakat untuk tetap mengikuti pesta demokrasi ini dengan mentaati protokol kesehatan ketat dengan memanfaatkan media, karena melalui media sosial komunikasi politik dapat terjadi secara masif, meskipun media sosial memberikan efek pada jumlah pemilih pada Pilkada 2020 kali ini yang tidak memenuhi dari target yang sudah ditetapkan oleh KPU yaitu 77,55% dari total daftar pemilih 105 juta jiwa.

Keywords


Pilkada, Twitter, Komunikasi Politik.

Full Text:

PDF

References


Aharony, N. (2012). Twitter Use By Three Political Leaders: An Exploratory Analysis. Emarald Online Information Review, 587-603.

Andika Sanjaya, I. T. (2019). STRATEGI PEMENANGAN DAN KOMUNIKASI POLITIK HENDRAR PRIHADI BERBASIS TWITTER. JURNAL KOMUNIKASI DAN KAJIAN MEDIA, 82-91.

Anshari, F. (2016). Komunikasi Politik di Era Media Sosial Faridhian Anshari Staff Pengajar STT PLN Jakarta. Jurnal Komunikasi, 91–101.

Anshari, F. (2016). Personal Branding of Anies Baswedan Through Facebook And Twitter Account: Study Of Image Grid Analysis in Banjarmasin Society Aged 17 –24 Years. Journal of Government and Politics.

APJII. (2017). Infografis Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia. Asosiasi Penyelenggara Jasa Ineternet Indonesia.

Arifin, B. (2015). Pengguna Twitter Indonesia Terbanyak Ketiga Dunia. Retrieved from http://www.enciety.co/penggunatwitter-indonesia-terbanyak-ketigadunia/

Ashari Sakti Alim, D. E. (2021). KOMUNIKASI POLITIK ANIES BASWEDAN MELALUI SOSIAL MEDIA TWITTER. Jurnal Academia Praja.

Bungin, B. (2018). Penelitian Kualitatif. Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Covid-19.https://nasional.kompas.com/read/2020/06/12/22572791/kpu-akan-gelarsimulasi-pilkada-di-tengah-pandemicovid-19?page=all, K. A. (2021, Juli).

Deliusno. (2015). Pengguna Twitter di Indonesia Capai 50 Juta. Retrieved from http://tekno.kompas.com/read/2015/03/26/16465417/pengguna.twitter.di.indonesia.capai.50.juta.

Dieni Nurdianingsih, D. F. (2016). KONSTRUKSI SOSIAL MEDIA TWITTER WALIKOTA BANDUNG (Studi Analisis Framing Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Online 2015 di Media Sosial Twitter Walikota Bandung). Universitas Islam Bandung.

Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

F, A. (2016). Komunikasi Politik di Era Media Sosial Faridhian Anshari Staff Pengajar STT PLN Jakarta. Jurnal Komunikasi, 91-101.

Fatani, M. N. (2014). Twitter dan Masa Depan Politik Indonesia: Analisis Perkembangan Komunikasi Politik Lokal Melalui Internet. IPTEK-KOM VOL. 16 No.1, 17-28.

Firmansyah, T. (.-p.-w.-b. (2021, Juli).

https://kumparan.com/sabila-nurul-1608551593366524127/peran-komunikasi-politik-dalam-pilkada-2020-di-tengah-situasi-pandemi-1upBQI5104u/full. (2021, Juli).

https://pers.droneemprit.id/pilkada-2020-pro. (2021, Juli).

https://www.kominfo.go.id/content/detail/30882/siaran-pers-no-147hmkominfo112020-tentang-tingkatkan-koordinasi-penanganan-konten-pilkada-2020-agar-ruang-siber-sehat/0/siaran_pers. (2021, Juli).

Ihsanuddin, F. K. (2017, september). Buzzer Politik Diusulkan Jadi Profesi Terlarang di Indonesia. Retrieved from tekno.kompas.com: https;//tekno.kompas.com/read/2017/02/22/15170807/.buzzer.politik.diusulkan.jadi.profesi.terlarang.di.indonesia>

Juditha, C. (2015). Cyberstalking Di Twitter Pada Pemilu 2014. Jurnal Penelitian Komunikasi Vol 18 No.1, 15-28.

Juditha, C. (2015). FENOMENA TRENDING TOPIC DI TWITTER: ANALISIS WACANA TWIT #SAVEHAJILULUNG. JURNAL PENELITIAN KOMUNIKASI DAN PEMBANGUNAN , 138 - 154.

Juditha, C. (2015). Political Marketing Dan Media Sosial (Studi Political Marketing Capres RI 2014 Melalui Facebook). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media Vol. 19 No.2, 225-241.

Khaerunnisa R. Abidin Y. Z. & Ma'arif, A. A. (2018). Aktivitas Kampanye Public Relations Dalam Mensosialisasikan Internet Sehat dan Aman. Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, 79-96.

Khairunnisa, K. (2018). Analisis Pengaruh Efektifitas Media Sosial Twitter Terhadap Government Open Communication Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model ( Tam ) Pada Masyarakat Bandung Analysis Influence the Effectiveness of Social.

Khairunnisa, K. (2018). Analisis Pengaruh Efektifitas Media Sosial Twitter Terhadap Government Open Communication Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (Tam) Pada Masyarakat Bandung. Analysis Influence the Effectiveness of Social Media Twitter Against Government Open Co, 1652–1658.

Movementi, S. (2015). Bos Twitter Sebut Pengguna Indonesia Atraktif. Retrieved from http://www.tempo.co/read/news/2015/03/26/072653165/Bos-Twitter-Sebut-Pengguna-Indonesia-Atraktif

Pertiwi, W. K.-s.-p.-b.-s.-m.-m.-s. (2021, Juli).

Puspita, A. W. (2016). Analisis Penggunaan.

Rohmiyati, Y. (2018). Analisis Penyebaran Informasi Pada Sosial Media. Anuva.

S, A. S. (2017). Pelatihan Literasi Komunikasi Politik.

Sahlan Marzuuqi, M. Y. (2019). Twitter Sebagai Media Propaganda (Analisis Wacana pada Tweet @TsamaraDKI dan @FaldoMaldini sebagai Media Propaganda Menjelang Pemilihan Presiden 2019).

Sembiring. (2013). Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orang. Retrieved from Website Resmi Kementerian Komunikasi: https://kominfo.go.id:443/index.php/content/detail/3415/Kominfo+%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+63+Juta+Orang/0/berita_satker

T., P. &. (2019). Partisipasi Politik Pemilih Pemula Dalam Pemilihan Umum 2019 Di Kelurahan Sumber Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Civics Educations and Social Science Journal (CESSJ), 87-104.

Tapsell, R. (2017). Kuasa Media Di Indonesia. jakarta: Marjin Kiri.

Wahyu Nova Riski, Y. T. (2020). KOMUNIKASI POLITIK DARING: STUDI PERBINCANGAN POLITIK DI TWITTER PADA MASA KAMPANYE PEMILIHAN PRESIDEN INDONESIA 2019. Jurnal Komunikasi dan Media, 1 – 17.

Yuliahsari, D. (2016). Pemanfaatan Twitter Buzzer Untuk Meningkatkan Partisipasi Pemilih Muda dalam Pemilihan Umum. Jurnal The Messenger, 41-48.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v12i2.1494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id