Penerapan Komunikasi Pemasaran Pada Unit Marketing Universitas Pembangunan Jaya Dalam Menjalin Loyalitas Customer

Hendra Hendra, Umaimah Wahid

Abstract


Riset ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Pelaksanaan Komunikasi Pemasaran Marketing Universitas Pembanguan Jaya dalam menjalakan loyalitas kepada (Calon Mahasiswa); (2) Mengenali kendala- kendala yang dialami dikala pelaksanaan komunikasi pemasaran Marketing Universitas Pembangunan Jaya dalam menjalakan loyalitas kepada customer (Calon Mahasiswa). Riset ini dilaksanakan di Unit PHA (Pemasaran, Humas, dan Admisi) Universitas Pembangunan Jaya. Informan dalam riset ini ditetapkan dengan metode non probability sampling atau purposive sampling. Tata cara riset yang digunakan ialah tata cara riset deskriptif kualitatif. Yang mana metode analisis informasi dengan cara deskriptif lewat pendekatan kualitatif. Riset ini hasilnya membuktikan jika marketing Universitas Pembangunan Jaya menjalankan komunikasi pemasarannya dengan metode menyebarluaskan data, promo serta event lewat presentasi ke sekolah, spanduk, brosur, flyer, serta media sosial. Riset ini menunjukan jika event serta promo melalui komunikasi pemasaran yang dilakukan bisa menaikkan jumlah mahasiswa dan menjalakan loyalitas customer, tidak hanya itu lokasi yang strategis pula jadi aspek yang menjalin loyalitas customer. Penulis menemukan aspek yang jadi hambatan terhadap strategi komunikasi pemasaran di unit PHA yang menunjukan diskomunikasi internal serta eksternal baik itu sesama karyawan dalam satu manajemen ataupun pesan yang di sampaikan lewat media tidak pas sasaran ataupun tidak sampai ke customer / calon mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Achmad, T. Arifin. 2013. Pengaruh Customer Relationship Marketing (CRM) Terhadap Loyalitas Pengguna Matahari Club Card (MCC) Pada Matahari Department Store Mal Ska Pekanbaru.

Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Anugerah, D. (2011). Marketing Politik: Urgensi dan Posisinya dalam Komunkasi Politik. Academic Journal for Homiletic Studies (5) 2

Dewan, J. M., dan Sudarshan, K. N. 2011. Manajemen Kemajuan. New Delhi: Tilak Wasan.

Dimyati, M. 2015. Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Mediasi Komunikasi Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Diary of the Arts, 75(41), 75–88.

Griffin, J. 2002. Pengabdian klien. Jakarta: Erlangga PT. Script Ekstrim Menyenangkan.

Hermawan, A. 2012. Komunikasi Periklanan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kartajaya, H. 2010. Perjalanan Pemikiran Konsep Pemasaran. Surabaya: Penerbit Erlangga.

Kriyanto, Rachmat. 2014. Teknik Praktikum Penelitian Korespondensi. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Laudon, K. C., dan Laudon, J. P. 2015. Papan Informasi. Jakarta: Empat Salemba.

Logiawan, Y., dan Dr. Hartono Subagio, M. . 2014. Pengujian Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas

Rock, D. J., Blocker, C. P., dan Boutin, P. J. 2011. Manajemen Pemasaran Modern Mengantisipasi harga diri klien, loyalitas konsumen dan pengabdian: Penilaian eksperimental. Manajemen Pemasaran Modern, 40 (2), 219–230.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.36080/comm.v12i2.1495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id