Peran Komunikasi Pemerintah Untuk Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik

Icha Annisa Aprilia

Abstract


Penelitian ini dilakukan agar mengetahui peran komunikasi pemerintah untuk mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. Tujuan dari penelitian ini adalah memahami sejauh mana pemerintah menerapkan komunikasi pemerintah dalam rangka merealisasikan good governance yang saat ini dinilai kurang efektif dengan sistem hukum yang dijalankan di Indonesia terutana dalam sistem penyelenggaraan pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode studi referensi. Metode ini dilakukan untuk mengumpulkan data-data guna mengungkap pembahasan yang terdapat dalam artikel ini. Pengumpulan referensi dalam kegiatan analisis ini dilakukan dengan mempelajari dan meninjau sejumlah jurnal, buku, dan dokumen-dokumen (cetak ataupun online) beserta beberapa sumber data serta bukti lainnya yang dinilai relevan dan kredibel dengan objek kajian. Hasil dari penelitian ini dapat diperoleh bahwa komunikasi pemerintah sangat penting dilakukan terutama dalam hal pelayanan publik. Komunikasi pemerintah menjadi titik utama dalam suksesnya keberlangsungan pelayanan publik guna mewujudkan good governance sebab pemerintah berperan sebagai komunikator yang menyalurkan berbagai info pada masyarakat dan mempersuasi masyarakat agar turut aktif dalam pengembangan sumber daya publik. Komunikasi pemerintah dalam pelayanan publik ternyata masih belum sesuai dengan UndangUndang, karena masih terjadi kurangnya komunikatif dalam penyampaian informasi hingga kurangnya transparansi dari pemerintah dalam pelayanan publik. Pemerintah harus bisa meminimalisir beberapa kendala dalam komunikasi pemerintah, agar komunikasi bisa berlangsung dengan lancar dan tepat sasaran.

Keywords


komunikasi, pemerintah, pelayanan, publik.

Full Text:

PDF

References


Agustina, E. (2019). Pelaksanaan Pelayanan Publik Berkualitas Bagi Masyarakat. Jurnal Literasi Hukum, 3(2), 10.

Aminulloh, A., Setyawan, D., & Fauzan, F. (2015). Model komunikasi, sifat arogansi dan etika komunikasi pemerintah menuju pelayanan publik prima. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2), 98-108.

Budisetyowati, D.A. (2017). Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik. Al-Qisth Law Review, 1(1), 11.

Cahyadi, R. (2016). Inovasi kualitas pelayanan publik pemerintah daerah. Fiat Justicia Jurnal Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Lampung, 10(3), 569-586.

Desiana, A. (2015). Reformasi Birokrasi Pemerintahan Daerah Menuju Good Governance. Jurnal Manajemen Pemerintahan, 1(1).

Gemiharto, I., & Juningsih, E. R. (2021). Komunikasi pemerintahan dalam implementasi kebijakan Bantuan Sosial Tunai di kabupaten Bandung. Jurnal Manajemen Komunikasi, 6(1), 1-22.

Hasmawati, F. (2020). KARAKTERISTIK KOMUNIKATOR YANG EFEKTIF DALAM KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI. Jurnal Komunikasi Islam dan Kehumasan (JKPI), 4(2), 69-95.

Kamil, I. (2018). Peran Komunikasi Pemerintahan dalam Penanganan Lingkungan Kumuh. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(1), 129-139.

Liliweri, A. (2017). Komunikasi antar personal. Prenada Media.

Nurchotimah, A. S. I. (2021). Pengawasan Pelayanan Publik. Yogyakarta : Jejak Pustaka.

Nurchotimah, A. S. I., Maftuh, B., Malihah, E., & Harmawati, Y. (2020). Peran Pendamping Sosial dalam Penanganan Konflik Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, Vol, 5(1).

Nurchotimah, A. S. I. (2020). The forms of political participation in general elections by beginner voters. Jurnal Etika Demokrasi, 5(2) 235-244.

Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2018). Kajian Tentang Efektivitas Pesan dalam Komunikasi. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 3(1), 90-95.

Ramdhani, A., & Ramdhani, M. A. (2017). Konsep umum pelaksanaan kebijakan publik. Jurnal Publik, 11(1), 1-12.

Rondonuwu, J., Kawengian, D. D., & Himpong, M. D. (2020). PERAN KOMUNIKASI PEMERINTAHAN DALAM MENYOSIALISASI PROSEDUR TETAP (PROTAP) KESEHATAN PANDEMI COVID-19 DI MASYARAKAT DUMOGA TIMUR. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(4).

Siti Maryam, N. (2017). Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. JIPSI-Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi UNIKOM, 6.

Tumuber, V., ROMPAS, W., & POMBENGI, J. (2018). Penanganan Keluhan Masyarakat Pada Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Kecamatan Pasan Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Administrasi Publik, 4(58).

Wardani, A. K. (2019). Urgensi Inovasi Pelayanan Bidang Administrasi Publik di Era Disrupsi. Dinamika: Jurnal Ilmiah Administrasi Negara, 6(2).

Wibawa I. G. A. (2017). Reformasi Kelembagaan Menuju Tata Pemerintahan dan Pelayanan Publik Yang Berkualitas. SINTESA (Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), 8(1), 45- 51.




DOI: http://dx.doi.org/10.36080/comm.v13i1.1576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id