Transformasi Media Cetak Ke Platform Digital (Analisis Mediamorfosis Harian FAJAR Makassar ke FAJAR.co.id)

Indah Suryawati, Rahmat Edi Irawan

Abstract


Harian FAJAR sebagai salah satu surat kabar terbesar di Makassar telah melakukan transformasi ke dalam platform digital. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses mediamorfosis Harian FAJAR ke FAJAR.co.id. Langkah dan strategi apa saja yang telah dilakukan dan bagaimana konsep mediamorfosis ini diimplementasikan oleh FAJAR.co.id. Roger Fidler menempatkan mediamorfosis sebagai penyatuan teknologi dalam media komunikasi. Mediamorfosis adalah bentuk transformasi media komunikasi yang timbul akibat hubungan timbal balik. Ada tiga konsep utama dalam mediamorfosis yaitu koevolusi, konvergensi serta kompleksitas. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivis. Sedangkan teknik pengumpulan data adalah melalui wawancara mendalam dan observasi non partisipan. Teknis analisis data menggunakan tiga tahap yang mencakup : 1) reduksi data-data; 2) penyajian data-data, dan 3) menyusun simpulan atau verifikasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Harian FAJAR dan FAJAR.co.id menyadari adanya asas keberlangsungan hidup dari bentuk komunikasi lama ke bentuk komunikasi baru. FAJAR.co.id adalah bentuk transformasi Harian FAJAR dan untuk memaksimalkan FAJAR.co.id maka keduanya memisahkan diri dalam perusahaan media yang berbeda. Harian FAJAR dan FAJAR.co.id berkomitmen menjadi penjaga di jalurnya masing-masing.

Keywords


Mediamorfosis, Portal Berita, Surat Kabar

Full Text:

PDF

References


Abadi, Hidayat Surya. (2019). Media Sosial dan Antitesis Jurnalisme: Social Media and Journalism Antithesis. Jurnal Spektrum Komunikasi. 7 (1). 17-29. http://spektrum.stikosa-aws.ac.id.

Albarran, A.B., Chan-Olmsted, S.M. and Wirth, M.O. (2006). Handbook of Media Management and Economics. Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum

Apuke OD. (2017). Another Look at the Political Economy of the Mainstream and New Media: The Capitalists Influence. Journal of Mass Communication and Journalism. 7 (4): 341 – 348

Ashari, Muhammad. (2019). Jurnalisme Digital: Dari Pengumpulan Informasi Sampai Penyebaran Pesan. Inter Komunika; Jurnal Ilmu Komunikasi. 4 (1). 1-16. https://journal.interstudi.edu/index.php/InterKomunika

Baran, Stanley J dan Davis, Dennis K. (2010). Teori Komunikasi Massa: Dasar, Pergolakan, dan Masa Depan, edisi lima, terjemahan Afrianto Daud dan Putri Iva Izzati, Jakarta: Salemba Humanika

Burnett, R. and Marshall, P.D. (2003). Web Theory: An Introduction. London : Routledge.

Creswell, John W. (2009). Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dwyer, T. (2010). Media Convergence. UK: McGraw Hill Open University Press.

Doyle, A. (2018). 12 Worst Jobs in America. The Balance Careers. Retrieved from https://bit.ly/2SoOEFq

Fantini, Endah dan Rousdy Safari Tamba. (2020). Mediamorfosis Edukasi Informal Online Melalui Platform Digital Sebagai Peluang Bisnis Baru, Majalah Ilmiah Bijak. 17 (1). 114-127. https://ojs.stiami.ac.id/index.php/bijak/article/view/831/470.

Fidler, Roger. (1997). Mediamorphosis: Understanding New Media. California: Pine Forge Press.

_______. (2003). Terjemahan Hartono Hadikusumo. Mediamorfosis: Memahami Media Baru. Yogyakarta: Bentang Budaya.

Flew, T. (2005). New Media: An Introduction. Oxford: Oxford University Press.

Fuchs, Christian dan Marisol Sandoval. (2015). The Political Economy of Capitalist and Alternative Social Media. In Chris Atton (eds). The Routledge Companion to Alternative and Community Media. London: Routledge.

Fuchs, Christian dan Marisol Sandoval. (2015). Culture and Economi in The Age of Social Media, London and New York: Routledge.

Hana, Fransisca dan Cici Eka Iswahyuningtyas (2017). Konvergensi Media dan Mediamorfosis: Evaluasi Strategi Digitalisasi Media Cetak di Majalah Tempo. Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi (Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia). http://sisdam.univpancasila.ac.id/uploads/repository/lampiran/DokumenLampiran-06102021201314.pdf

Hutomo, M. S. (2020). Bertahan Untuk Hidup: Konvergensi Pers Cetak Dalam Industri Digital Media. Caraka: Indonesian Journal of Communications, 1 (1), 30–37. https://doi.org/10.25008/caraka.v1i1.40

Jenkins, Henry. (2006). Convergence Culture; Where Old and New Media Collide. USA : New York University Press.

Kung, Lucy. (2017). Strategic Management in The Media: Theory to Practice (2nd Edition). UK: Sage.

Lievrouw, L. and Livingstone, S. (2006) The Handbook of New Media: Social Shaping and Social Consequences of ICTs. London: Sage Publications

Marcelina, Youris, Khoiruddin Muchtar, dan Imron Rosyidi (2020). Mediamorfosis Radar Bandung. Jurnal Komunikatif, 9 (1), 34-50. http://journal.wima.ac.id/index.php/KOMUNIKATIF/article/view/2254

McQuail, Denis. (2000). Mass Communication Theory (4th Edition). London: Sage Publication Ltd

Meyer, P. (2009). The Vanishing Newspaper: Saving Journalism in The Information Age. University of Missouri Press

Muliawati, Lintang. (2018). Jurnalisme Era Digital : Digitalisasi Jurnalisme dan Profesionalitas Jurnalisme Online. Jurnal Lentera. 2 (1). 79-98. https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/lentera/article/view/1168

Olusola, Akinwale; Seriki Ibrahim, & Gutura Priscilla. (2017). An Era of Journalism Transition in South Africa: Traditional Media versus Online Media, Journal of Social Sciences, 51:1-3, 1-5. https://doi.org/10.1080/09718923.2017.1305580.

Pangaribuan, O. C., & Irwansyah, I. (2019). Media Cetak Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pewarta Indonesia, 1 (2), 119–130. https://doi.org/10.25008/jpi.v1i2.11

Patton, Michael Quinn. 2002 (Third Edition). Qualitative Research and Evaluation Methods. London: Sage Publication.

Puspita, Ratna. (2019). Mediamorfosis Surat Kabar ke Surat Kabar Online (Studi Kasus Republika Online). Jurnal Komunikasi, Masyarakat dan Keamanan, 1 (1), 11-28. http://jurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/komaskam/article/viewFile/448/pdf

Ritonga, Rajab. (2021). Rontoknya Independensi Pers Cetak dan Online di Kota Medan. Jurnal Ilmu Komunikasi. 9 (1). 26-39. http://jurnal.unpad.ac.id/jkk

Romli. Asep Syamsul M. (2018). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendikia.

Salim, Agus. (2006). Teori & Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiarawacana

Sholahudin. (2013). Strategi Pengembangan Produk di Industri Media Cetak di Indonesia (Bertahan di Tengah Persaingan dengan Media Online). BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis. 7 (1): 9-17. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/4484/2.pdf?sequence=1

Sugiyono dan Puji Lestari. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional). Bandung: Alfabeta.

Tandoc, E.C. (2018). Singapore. Reuters Institute Digital News Report. Retrieved from https://bit.ly/2DEQrBQ.

Tandoc, E.C. (2019). Analyzing Analytics Disrupting Journalism One Click at a Time. London and New York: Routledge.

Tomacruz, S. (2017). Fast Facts: What You Should Know About the Inquirer Group. Rappler. Retrieved from https://bit.ly/2KNe1y7

Sumber Online

https://www.beritasatu.com/nasional/730043/menkumham-pamitnya-suara-pembaruan-kado-pahit-hari-pers-nasional, diunduh tanggal 07 November 2021.

https://www.suara.com/bisnis/2020/08/25/181636/media-cetak-mulai-ditinggalkan-masyarakat-beralih-ke-media-online, diunduh tanggal 07 November 2021.

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4619135/dahlan-iskan-kapolda-sumsel-pusing-terima-sumbangan-keluarga-akidi-tio-rp-2-triliun?source=search, diunduh tanggal 08 November 2021.

https://sumsel.suara.com/read/2021/07/26/211603/ini-alasan-akidi-tio-berdonasi-rp2-triliun-penanganan-covid-19-di-sumsel?page=all, diunduh tanggal 09 November 2021.

https://sains.kompas.com/read/2012/04/12/06221630/contact.html, diunduh tanggal 18 Januari 2021.

https://text-id.123dok.com/document/oz1ep0ddy-sejarah-berdirinya-solopos-harian-umum-solopos.html, diunduh tanggal 22 Januari 2021

https://tekno.tempo.co/read/1552001/jadi-mata-uang-digital-terpopuler-kedua-di-dunia-apa-itu-ethereum, diunduh tanggal 22 Januari 2021

file:///C:/Users/USER/Documents/riset%20internal/Bookchapter10ReviewBukuMediamorposisUnderstandingNewMediabyRogerFidler71-77.pdf, diunduh tanggal 22 Januari 2021

https://ekonomi.bisnis.com/read/20201216/12/1331867/belanja-iklan-bakal-naik-hingga-10-persen-tahun-depan-tv-dan-internet-dominan, diunduh tanggal 25 Januari 2021




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v13i1.1674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id