Manajemen Komunikasi Organisasi Media Online Limapagi di Era Pandemi Dalam Perspektif Strukturalis

Yuliana Choerul Reza, Ahmad Toni

Abstract


Pandemi berdampak bagi berbagai lini kehidupan tidak dipungkuri dunia industri kreatif atau media massa salah satunya adalah media online Limapagi. Berdasarkan hal tersebut tujuan dari penelitian ini bermaksud melihat bagaimana manajemen komunikasi organisasi yang dilakukan media online Limapagi di masa pandemi seperti ini dengan perspektif strukturalis. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan kajian literatur menggunakan triangulasi sumber data diperoleh melalui metode berbasis dokumen baik buku maupun online dan wawancara dengan menerapkan teori Boneka Matouschka Rusia dan manajemen ilmiah taylor dalam perspektif strukturalis. Berdasarkan data yang telah dianalisis maka hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dalam menjaga eksistensi media Limapagi tetap bertahan di tengah pandemi dengan perarturan phsycal distancing dan meningkat peminat pembaca di website media online tersebut yaitu dengan menangani krisis tersebut dengan memilih strategi adaptif yaitu melakukan penyesuaian sistem kerja yang menjadi sistem shfiting dan work from home (wfh). Selain itu, Limapagi melakukan manajemen komunikasi yang efektif berupa rapat secara online melalukan video conference atau disebut virtual meeting melalui apikasi zoom dan dalam berkordinasi yang digunakan secara cepat dan intens baik kepada antar staff dan staff dengan atasan pada setiap bulannya melalui group chat di aplikasi Whatsapp. Manajemen komunikasi dengan perspektif strukturalis ternyata masih relevan untuk digunakan pada media Limapagi dengan melihat bagaimana cara pembagian kerja, proses skalar dan fungsional, struktur organisasi, serta rentang pengawasannya.

Keywords


Manjemen Komunikasi Organisasi, Media Online, Perspektif Strukturalis, Limapagi

Full Text:

PDF

References


Jurnal :

Andarusni Alfansyur, M. (2020). SENI MENGELOLA DATA: PENERAPAN TRIANGULASI TEKNIK, SUMBER DAN WAKTU PADA PENELITIAN PENDIDIKAN SOSIAl. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.3432

Bakri Yusuf, H. R. (2018). Manajemen Komunikasi Dalam Pengelolaan Informasi Pembangunan Daerah. Jurnal Komunikasi Universitas Garut, 4.

Dwi Maharani. (2018). Manajemen Komunikasi pada Petugas Kebersihan Kota Palembang. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11

Evandio, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Video Conference di Indonesia, Zoom Pemenangnya? Teknologi.Bisnis.Com. https://teknologi.bisnis.com/read/20200401/84/1221258/penggunaan-aplikasi-video-conference-di-indonesia-zoom-pemenangnya

Finanty Dyah Suwarso. (2019). MANAJEMEN KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI LINTAS BUDAYA OLEH MAHASISWA UNIVERSITAS TANJUNGPURA DI GUANGXI UNIVERSITY FOR NATIONALITIES. Jurnafis.

Hafidlatul Fauzuna. (2021). Manajemen Komunikasi Pelestarian Budaya Seni Tari Pada Sanggar “Potre Koneng” Kabupaten Sumenep. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3. https://jkn.unitri.ac.id/index.php/jkn/article/view/71/47

Lusy Angelina, D. R. R. (2020). STRATEGI PENGELOLAAN ZOOM MEETING DALAM PROSES PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI. JUKANTI, 3.

Made Widya Sekarbuana, & Setyawati, I Gusti Agung Alit, N. N. D. P. (2017). Strategi Manajemen Krisis Public Relations PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali dalam Menghadapi Dampak Erupsi Gunung Agung 2017. Medium, 1. https://ojs.unud.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/40509

Mulawarman, K., & Rosilawati, Y. (2014). Komunikasi Organisasi Pada Dinas Perijinan Kota Yogyakarta Untuk Meningkatkan Pelayanan. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 5(1), 31. https://doi.org/10.30659/jikm.5.1.31-41

Supriadi, dkk. (2021). REPORTASE MEDIA ASIK. Urnal Khabar:Komunikasi Dan Penyiaran Islam. https://jurnal.staibsllg.ac.id/index.php/khabar/article/view/292/193

Tabrani Sjafrizal. (2020). MANAJEMEN KOMUNIKASI PEKERJA ASING DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF MATOUSCHKANIANMICHAEL KAYE. INTELEKTIVA : JURNAL EKONOMI,SOSIAL & HUMANIORA, 01. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/69/45

Tri Wibawanto. (2020). Pemanfaatan video conference dalam pembelajaran tatap muka jarak jauh dalam rangka belajar dari rumah. Jurnal Teknologi Pendidikan.

Veyna Rugian, Debby DV Kawengian, S. H. H. (2021). FUNGSI KOMUNIKASI ORGANISASI APARAT KELURAHAN MADIDIR UNET DI MASA PANDEMI COVID 19 DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA MASYARAKAT. Acta Diurna Komunikasi.

Buku :

Ajat Rukajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Asep, S. M. R. (2012). Jurnalistik Online : Panduan Praktis Mengelola Media Online. Nuansa Cendekia.

Eko Pamuji. (2019). Media Cetak VS Media Online. Unitomo Press.

Finance.detik. (2021). Simak! Begini Aturan Kegiatan Kantor saat PPKM Level 4. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5650979/simak-begini-aturan-kegiatan-kantor-saat-ppkm-level-4

Hafied Cangra. (2014). PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI. PT. RajaGrafindo Persada.

Mulyana, D. (2013). Metode Penelitian Komunikasi: Contoh-. Contoh Penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Praktis. PT. Remaja Rosdakarya.

Nurhidayati, A. K. A. (2020). Manajemen Bisnis di Era Pandemi dan New Normal. Unissula Press.

Nurudin. (2016). Ilmu Komunikasi dan Populer. PT. RajaGrafindo Persada.

Pace, R. W. dan D. F. F. (2013). Komunikasi Organisasi, Strategi. Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Dedy Mulyana (Ed.)). PT. Remaja. Rosdakarya.

Robert Tua Siregar, dkk. (2021). Komunikasi Organisasi. Peneerbit Widina.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dan Pembelajaran. In Alfabeta (Vol. 1, Issue 1). PT Alfabet.

Internet :

Persen Perusahaan Media Cetak Alami Penurunan Omzet Akibat Pandemi. (2021, February). Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/uang/71-persen-perusahaan-media-cetak-alami-penurunan-omzet-akibat-pandemi.html

Ajat Rukajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Andarusni Alfansyur, M. (2020). SENI MENGELOLA DATA: PENERAPAN TRIANGULASI TEKNIK, SUMBER DAN WAKTU PADA PENELITIAN PENDIDIKAN SOSIAl. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.3432

Asep, S. M. R. (2012). Jurnalistik Online : Panduan Praktis Mengelola Media Online. Nuansa Cendekia.

Bakri Yusuf, H. R. (2018). Manajemen Komunikasi Dalam Pengelolaan Informasi Pembangunan Daerah. Jurnal Komunikasi Universitas Garut, 4.

Dwi Maharani. (2018). Manajemen Komunikasi pada Petugas Kebersihan Kota Palembang. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11.

Eko Pamuji. (2019). Media Cetak VS Media Online. Unitomo Press.

Evandio, A. (2020). Penggunaan Aplikasi Video Conference di Indonesia, Zoom Pemenangnya? Teknologi.Bisnis.Com. https://teknologi.bisnis.com/read/20200401/84/1221258/penggunaan-aplikasi-video-conference-di-indonesia-zoom-pemenangnya

Finance.detik. (2021). Simak! Begini Aturan Kegiatan Kantor saat PPKM Level 4. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5650979/simak-begini-aturan-kegiatan-kantor-saat-ppkm-level-4

Finanty Dyah Suwarso. (2019). MANAJEMEN KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI LINTAS BUDAYA OLEH MAHASISWA UNIVERSITAS TANJUNGPURA DI GUANGXI UNIVERSITY FOR NATIONALITIES. Jurnafis.

Guus Sukarji. (2022). PERAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI. Https://Ppsdmaparatur.Esdm.Go.Id/. https://ppsdmaparatur.esdm.go.id/artikel/peran-komunikasi-dalam-organisasi

Hafidlatul Fauzuna. (2021). Manajemen Komunikasi Pelestarian Budaya Seni Tari Pada Sanggar “Potre Koneng” Kabupaten Sumenep. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3. https://jkn.unitri.ac.id/index.php/jkn/article/view/71/47

Hafied Cangra. (2014). PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI. PT. RajaGrafindo Persada.

Kemnaker. (n.d.). Survei Kemnaker : 88 Persen Perusahaan Terdampak Pandemi Covid-19. https://kemnaker.go.id/news/detail/survei-kemnaker-88-persen-perusahaan-terdampak-pandemi-covid-19

Lusy Angelina, D. R. R. (2020). STRATEGI PENGELOLAAN ZOOM MEETING DALAM PROSES PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI. JUKANTI, 3.

Made Widya Sekarbuana, & Setyawati, I Gusti Agung Alit, N. N. D. P. (2017). Strategi Manajemen Krisis Public Relations PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali dalam Menghadapi Dampak Erupsi Gunung Agung 2017. Medium, 1. https://ojs.unud.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/40509

Mulawarman, K., & Rosilawati, Y. (2014). Komunikasi Organisasi Pada Dinas Perijinan Kota Yogyakarta Untuk Meningkatkan Pelayanan. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 5(1), 31. https://doi.org/10.30659/jikm.5.1.31-41

Mulyana, D. (2013). Metode Penelitian Komunikasi: Contoh-. Contoh Penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Praktis. PT. Remaja Rosdakarya.

News.detik. (2021). PPKM Level 4 Artinya Apa? Ini Aturan dan Daftar Daerahnya. https://news.detik.com/berita/d-5718396/ppkm-level-4-artinya-apa-ini-aturan-dan-daftar-daerahnya

Nurhidayati, A. K. A. (2020). Manajemen Bisnis di Era Pandemi dan New Normal. Unissula Press.

Nurudin. (2016). Ilmu Komunikasi dan Populer. PT. RajaGrafindo Persada.

Pace, R. W. dan D. F. F. (2013). Komunikasi Organisasi, Strategi. Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Dedy Mulyana (Ed.)). PT. Remaja. Rosdakarya.

Robert Tua Siregar, dkk. (2021). Komunikasi Organisasi. Peneerbit Widina.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dan Pembelajaran. In Alfabeta (Vol. 1, Issue 1). PT Alfabet.

Supriadi, dkk. (2021). REPORTASE MEDIA ASIK. Urnal Khabar:Komunikasi Dan Penyiaran Islam. https://jurnal.staibsllg.ac.id/index.php/khabar/article/view/292/193

Tabrani Sjafrizal. (2020). MANAJEMEN KOMUNIKASI PEKERJA ASING DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF MATOUSCHKANIANMICHAEL KAYE. INTELEKTIVA : JURNAL EKONOMI,SOSIAL & HUMANIORA, 01. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/69/45

Tommy kurnia. (2020, November). Perusahaan Media Terancam Punah Akibat Pandemi COVID-19. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/global/read/4410199/perusahaan-media-terancam-punah-akibat-pandemi-covid-19

Tommy Suprapto. (2009). Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Medpress.

Tri Wibawanto. (2020). Pemanfaatan video conference dalam pembelajaran tatap muka jarak jauh dalam rangka belajar dari rumah. Jurnal Teknologi Pendidikan.

Veyna Rugian, Debby DV Kawengian, S. H. H. (2021). FUNGSI KOMUNIKASI ORGANISASI APARAT KELURAHAN MADIDIR UNET DI MASA PANDEMI COVID 19 DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA MASYARAKAT. Acta Diurna Komunikasi.

VOA INDONESIA. (2020). Pandemi Corona Ikut Pukul Industri Media. https://www.voaindonesia.com/a/pandemi-corona-ikut-pukul-industri-media/5442061.html

Yosepha Pusparisa. (2021, February). Whatsapp Kuasai Pasar Aplikasi Pesan Instan Global 2020. Databoks.Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/01/whatsapp-kuasai-pasar-aplikasi-pesan-instan-global-2020




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v13i1.1681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id