Studi Etnografi Virtual Kehidupan di Balik Akun Twitter K-Popers Dalam Perspektif Dramaturgi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Jurnal:
Achmad, Zainal Abidin, and Rachma Ida. 2018. “Etnografi Virtual Sebagai Teknik Pengumpulan Data Dan Metode Penelitian.” The Journal of Society & Media 2(2):130–45. doi: 10.26740/jsm.v2n2.p130-145.
Anindhita, Wirarti. 2018. “Dramaturgi Di Balik Kehidupan Social Climber.” Jurnal Komunikasi Dan Bisnis 6(1):1–11.
Arianto. 2019. “Studi Dramaturgi Dalam Presentasi Diri Kelompok Jamaah An-Nadzir Kabupaten Gowa.” Jurnal ASPIKOM, 4(1):96–112.
Armawi, Armaidy. 2020. “Reduksi Informasi Hoax Di Era Digital Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila.” PKn Progresif 15(1).
Hakim, Arif Rahman, Ardhini Mardhiyah, Dika Muhammad Ilham Novtadijanto, Nahla Nurkholifah, and Andi Amri. 2021. “Pembentukan Identitas Diri Pada Kpopers.” Motiva : Jurnal Psikologi 4(1):18–31.
Kirana, Nevi Dwi, and Farid Pribadi. 2021. “Dramaturgi Di Balik Kehidupan Akun Alter.” Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 18(1):39–47.
Priyadi, Catur. 2018. “Analisis Dramaturgi Penampilan Anies Baswedan Dalam Kampanye Pilgub 2017.” Jurnal Pustaka Komunikasi 1(2):339–48.
Rismiatun, Umaimah Wahid, and Ilham Ramdana. 2020. “Pengelolaan Kesan Verbal Dan Nonverbal Customer Service Verbal and Nonverbal Customer Service Impression Management.” Nyimak: Journal of Communication 4(1):149–56.
Sosiawan, Edwi Arief, and Rudi Wibowo. 2018. “Model Dan Pola Computer Mediated Communication Pengguna Remaja Instagram Dan Pembentukan Budaya Visual.” Jurnal Ilmu Komunikasi 16(2). doi: https://doi.org/10.31315/jik.v16i2.2698.
Website:
Annur, C. .. 2022. “Ada 204,7 Juta Pengguna Internet Di Indonesia Awal 2022.” Databoks. Retrieved (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022).
CNN Indonesia. 2022. “Indonesia Jadi Negara Dengan K-Poper Terbesar Di Twitter.” Retrieved (https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20220126202028-227-751687/indonesia-jadi-negara-dengan-k-poper-terbesar-di-twitter).
Populix. 2022. “Social Media Habit and Internet Safety.” Retrieved (https://info.populix.co/report/social-media-habit-and-internet-safety-2/).
YeonJeong, Kim. 2021. “K-Pop Kembali Cetak Rekor Dengan 7,5 Milyar Tweet.” Twitter Blog. Retrieved February 24, 2023 (https://blog.twitter.com/in_id/topics/insights/2021/kpop-kembali-cetak-rekor-dengan-7-5-milyar-tweet).
Skripsi:
Ayus, Aisyah Fajriati. 2019. “Kontrol Diri Komunitas Remaja Perempuan Penggemar Kpop.” Universitas Teknologi Yogyakarta.
Yulianti, Putri. 2022. “Perilaku Komunikasi Mahasiswa Penggemar K-Pop Di Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember.” UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
Buku:
Goffman, Erving. 1959. Presentation of Self in Everyday Life. Jakarta: Erlangga.
Moleong, Lexy J. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remadja Rosdakarya.
Nasrullah. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Pribadi, Farid. 2018. Sosiologi Komunikasi (F.S Sadewo). Surabaya: UNESA University Press.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v14i1.2133
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Communication
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.