Penyajian Podcast Komite Akreditasi Nasional “Podcastkan” Sebagai Media Informasi Skema Akreditasi

Haronas Kutanto, Artyasto Jatisidi, Rini Lestari

Abstract


Saat ini, sebagian besar institusi baik kementrian ataupun non kementrian menggunakan platform media sosial sebagai media informasi publik, salah satunya dengan memproduksi konten podcast. Podcast merupakan serial program yang menyajikan berbagai macam informasi, yang membahas berbagai macam topik tentang hiburan, edukasi ataupun sosialisasi. Podcast telah menjadi media komunikasi yang cukup populer, terbukti dengan semakin banyaknya institusi yang memiliki konten program dalam format podcast. Layaknya sajian program mini talkshow di televisi, saat ini podcast dapat sajikan dalam format “video podcast”. Komite Akreditasi Nasional (KAN) adalah lembaga yang bertanggung jawab kepada Presiden Republik Indonesia dengan tugas utama memberikan akreditasi kepada Lembaga Penilai Kesesuaian. Komite Akreditasi Nasional memanfaatkan media sosial dengan format video podcast “PodcastKAN” sebagai media informasi skema akreditasi lembaga penilaian kesesuaian yang ditayangkan melalui platform youtube. Dalam hal ini, peneliti berfokus pada produksi dan penyajian podcast: mulai dari pra-produksi, produksi dan pasca produksi, termasuk strategi pemilihan narasumber di setiap episodenya.

Keywords


KAN, YouTube, Podcast, Narasumber

Full Text:

PDF

References


Cangara, Hafied. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pres

Fachrudin, Andi. (2012). Dasar-Dasar Produksi Acara Televisi, Jakarta: Kencana Prenada Group

Djamal, Hidajanto dan Fachruddin, Andi. (2015). Dasar-dasar penyiaran : sejarah, organisasi, operasional, dan regulasi. Jakarta : Kencana

Ismail, Muhammad Ilyas. (2020). Evaluasi Pembelajaran: Konsep Dasar, Prinsip,Teknik, dan Prosedur. Depok: Rajawali Pers.

Khanifaturrohmah. Nataly, Febriansyah. Ashfahani, Shulhuly. (2022). Strategi Produksi dalam Meningkatkan Kualitas Konten Norak di Channel Youtube Cameo Project, JIKOM: Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 14, No.02, Juli.2022

Kutanto, Haronas, Apriandi, Yousep Eka. (2019). TV Programming News & Entertainment. Yogyakarta:Andi Publisher

Latief, Rusman, Utud, Yusiatie. (2017). Menjadi Produser Televisi : Profesional Mendesain Program Televisi/Penulis. Jakarta : Prenadamedia Group (Kencana),

Lavircana, Rinda, Murdiansyah Herman, dan M. Agus Humaidi. (2020). Penggunaan Podcast sebagai Media Hiburan dan Informasi di Banjarmasin. Banjarmasin: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Kalimantan MAB.

Morissan, (2009). Teori Komunikasi Organisasi. Jakarta: Ghalia.

Morissan, (2015) Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi, Jakarta: Kencana

McQuail, Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Naratama. (2004). Menjadi Sutradara Televisi dengan Single dan Multi Camera. Jakarta: Grasindo

Nasrullah, Rulli. (2017). Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Omarahi. (2015). Jurnalistik Televisi. Jakarta: Penerbit Erlangga

Perks, Lisa Glebatis dan Turner, Jacob S. (2019) Podcasts and Productivity: A Qualitative Uses and Gratifications Study. Taylor and Francis Online, Volume 22, No 1, July 2019

Putra, Ivan Fahturachman. (2020). Tingkat Kepuasan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2016 FISIP UNTAG Surabaya terhadap Podcast YouTube Deddy Corbuzier. Surabaya: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CVAlfabeta.

Sya’dian, Triadi.(2022). Strategi Kreatif Content Creatorpotensi Utama Dalam Memproduksi Video Obrolan Bisnis dan Kewirausahaan. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, Vol. 2 No. 1 Juli 2022.

Thifalia, N., & Susanti, S. (2021). Produksi Konten Visual Dan Audiovisual Media Sosial Lembaga Sensor Film. Jurnal Common, Volume 5, No. 01, Juli 2021.

Wendratama, Engelbertus. (2017). Jurnalisme Online: Panduan Membuat Konten Online yang Berkualitas dan Menarik. Jakarta: Bentang Pustaka

Yulia. (2010). Andai Aku Jadi Penyiar. Yogyakarta: CV Andi Offset.

E-JURNAL

Imarshan Idham (2020) Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis, Universitas Paramadina

Muhammad Afkar Sarvika dan Ira Dwi Mayangsari, (2016) Produksi Siaran Berita Televisi (Studi Deskriptif pada Proses Produksi Siaran Program Berita “Ada Berita Petang”), (Universitas Telkom: Jurnal e-Proceding of Management: Vol.3, No.2, Agustus 2016)

INTERNET

https://rencanamu.id/profesi/media-dan-periklanan/produser-konten-kreatif-tv-

Kemenparekraf, “Siaran Pers : Podcast Story Telling Dianggap Jadi Cara Baru yang Efektif Promosikan Wisata Budaya” https://pedulicovid19.kemenparekraf.go.id/siaran-pers-podcast-story-telling-

dianggap-jadi-cara-baru-yang-efektif-promosikan-wisata-budaya/ diakses pada hari Selasa, 1 November2022 pukul 08.45 WIB.

Komite Akreditasi Nasional, “Sejarah dan Fungsi KAN”, diakses dari http://kan.or.id/index.php/ aboutkan/leadership, diakses pada hari Selasa, 1 November2022 pukul 08.45 WIB.

Kompas.com, “Pengertian New Media dan Manfaatnya” diakses dari https://www.kompas.com/skola/

read/2021/12/07/093000269/pengertian-new-media-dan-manfaatnya, diakses pada hari Rabu, 23 November 2022 pukul 20.06 WIB.

The Podcasthost, “What is a Podcast? An Explanation in Plain English” https://www.thepodcasthost.com/listening/what-is-a-podcast/ diakses pada hari Selasa, 1 November2022 pukul 08.45 WIB

www.caraeditvideo.com/frankycutuhatunewa/editing/editor




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v14i1.2169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id