Strategi Komunikasi Humas Polresta Serang Kota Dalam Membangun Hubungan Baik Dengan Media

Zikri Fachrul Nurhadi, Achmad Wildan Kurniawan, Haryadi Mujianto, Haryadi Mujianto, Alviola Sylva Excelsa, Alviola Sylva Excelsa

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya membangun komunikasi yang humanis antara media dengan Humas Polresta Serang dalam upaya untuk memperbaiki hubungan yang sudah ada, memperbaiki citra negatif yang berkembang di publik. Menjalin hubungan yang baik ini sebagai upaya dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan analisis situasi, penyusunan strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi yang dilakukan oleh Humas Polresta Serang Kota. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan adalah Theory of 4 Steps of Public Relations of Cutlip, Center & Broom. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara mendalam, studi kepustakaan, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Dalam penelitan ini terdapat dua narasumber yang ahli dalam bidang kehumasan dari akademisi dan praktisi media, serta tiga informan merupakan wartawan sebagai mitra yang bekerjasama dengan Humas Polresta Serang Kota. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis situasi strategi komunikasi Humas Polresta Serang Kota dalam membangun hubungan baik dengan media terjalin secara dinamis, dengan mengedepankan profesionalitas dan asas kekeluargaan. Pada aspek penyusunan strategi dengan mempelajari karakteristik media, bersikap responsif serta membuat forum diskusi. Kemudian mengimplementasikan strategi dengan menyediakan fasilitas yang nyaman dan menggelar acara bersama wartawan, kemudian mengevaluasi strategi dengan melaksanakan pertemuan rutin dengan wartawan. Simpulan pada penelitian ini bahwa analisis situasi, penyusunan strategi, implementasi strategi dan evaluasi yang dilakukan oleh Polresta Serang Kota menjadi alat utama dalam mendukung program-program yang dijalankan dan mendukung pencapaian opini publik yang dinamis, terbuka dan tanggungjawab dalam menjaga hubungan baik dengan media sebagai fungsi edukatif bagi masyarakat.

Keywords


Humas, Media, Polres, Strategi Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Amani, Z., & Djuwita, A. (2021). Strategi Humas Pemerintah Kota Bandung Dalam Mengelola Akun Youtube “HALO BANDUNG” . e-Proceeding of Management, 8(4). Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/15411/15134

Awang, A., Mat, A. C., & Mahmud, W. (2018). Medium Komunikasi Intrapersonal Dalam Dialog Antara Agama Komuniti Saudara Baru. Akademia Journal of Southeast Asia Social Sciences and Humanities, 88(3), 43-54. https://doi.org/10.17576/akad-2018-8803-04

Badrudin, S., Trisiah, A., & Hariyanti, D. (2018). Strategi Humas Polres Pagaralam dalam Mensosialisasikan Pencegahan Pencurian Kendaraan Bermotor. Jurnal Komunikasi Islam dan Kehumasan (JKPI), 1(1), 32-58. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/jkpi.v1i1.2175

Budhirianto, S., & Sunarsi, R. (2017). Revitalisasi Fungsi Humas Pemerintah Dalam Tata Kelola Informasi Di Biro Humas Pemprov Jabar. Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 6(2), 29-40. http://dx.doi.org/10.31504/komunika.v6i2.1122

Darmastuti, R. (2012). Media Relations: Konsep, Strategi & Aplikasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Guzman, K. C., & Oktarina, N. (2018). Strategi Komunikasi Eksternal Untuk Menunjang Citra Lembaga. Economic Education Analysis Journal, 7(1). 301-315. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/22882

Gifari, F., & Purnama, H. (2017). Strategi ASIAPR Dalam Memperkuat Hubungan Media Dengan Forum Wartawan Otomotif (FORWOT). Jurnal Profesi Humas, 1(2), 101-111. doi:https://doi.org/10.24198/prh.v1i2.11665

Habibie, D. K. (2018). Dwi Fungsi Media Massa. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 79-86. https://doi.org/10.14710/interaksi.7.2

Herika, D., & Ruliana, P. (2018). Public Relations Dalam Membina Hubungan Dengan Media. Inter Komunikasi Jurnal Komunikasi, 3(1). http://dx.doi.org/10.33376/ik.v3i1.149

Hulasoh, E. (2018). Aktivitas Humas Polri Dalam Membina Hubungan Dengan Pers. Jurnal Semarak, 1(1). http://dx.doi.org/10.32493/smk.v1i1.1245

Liliweri, A. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Liliweri, A. (2011). Strategi Komunikasi Masyrakat. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.

Mashudi, R., Musanif, A. M., Abdul Aziz, A. Y., & Mohamad, H. (2013). Faktor kesopanan dan strategi komunikasi dalam genre perbincangan di televisyen. UKM Journal Article Repository. Retrieved from http://journalarticle.ukm.my/6600/

Moleong, L. J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurhadi, Z. F., & Suseno, N. S. (2021). Riset Kualitatif. Depok: Rajagrafindo Persada.

Rachmadani, C. (2013). Strategi Komunikasi Dalam Mengatasi Konflik Rumah Tangga Mengenai Perbedaan Tingkat Penghasilan di RT.29 Samarinda Seberang. eJournal Ilmu Komunikasi, 1(1), 212-227. Retrieved from https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=691

Rafi, M. (2019). Fungsi Public Relations Dalam Mengkomunikasikan Media Online Medcom.id. Jurnal Visi Komunikasi, 18. http://dx.doi.org/10.22441/visikom.v18i2.9833

Ruler, B. V. (2018). Communication Theory: An Underrated Pillar on Which Strategic Communication Rests. International Journal of Strategic Communication, 12. https://doi.org/10.1080/1553118X.2018.1452240

Saraswati, E. J., Romli, R., & Nugraha, A. R. (2019). Kegiatan Hubungan Media pada Direktorat Komunikasi Publik di Universitas Padjadjaran. Jurnal Profesi Humas, 3(2), 202-218. doi: https://doi.org/10.24198/prh.v3i2.17679

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Dalam Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Wijaya, I. S. (2015). Perencanaan dan Strategi Komunikasi Dalam Kegiatan Pembangunan. Lentera, 17(1). https://doi.org/10.21093/lj.v17i1.428

Zubair, F., Dewi, R., & Kadarisman, A. (2018). Strategi Komunikasi Publik Dalam Membangun Pemahaman Mahasiswa Terhadap Penerapan PTNBH. Profetik Jurnal Komunikasi, 11(2). https://doi.org/10.14421/pjk.v11i2.1328




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v14i1.2170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id