Pengaruh Kualitas Food Photography Sebagai Media Promosi KFC Naughty By Nature Terhadap Minat Beli Pengguna Instagram Di Masa Pandemi Covid-19

Rudiyanto Rudiyanto, Nurmalia Nurmalia, Avinasiwi Amalina, Umaimah Wahid

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif antara kualitas food photography sebagai media promosi KFC Naughty by Nature terhadap minat beli pengguna Instagram di masa pandemi covid-19. Penelitian kami menggunakan metode kuantitatif dengan pengukuran skala Likert. Pada penelitian ini kami menggunakan data primer yang mengacu pada informasi antara responden pengguna Instagram dengan produk KFC Naughty by Nature. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode yang digunakan adalah quota sampling dengan penyebaran dilakukan secara accidental sampling yaitu pengambilan secara acak terhadap populasi sampel yaitu pengguna Instagram sebanyak 100 responden. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa media promosi dapat memperkuat atau mempengaruhi pengaruh kualitas food photography terhadap minat beli pengguna instagram.

Keywords


Fotografi, Media Promosi, Minat Beli, Covid-19, KFC Naughty by Nature

Full Text:

PDF

References


Ambarsari, Riana. 2011. Food Photogrphy For Everyone. Jakarta: Elex Media Komputindo

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Durianto, Sukmawati, dkk. (2003). Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hermawan, A. (2017). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Pemustaka Pada Perpustakaan Daerah Salatiga. Lentera Pustaka, Vol. 3, No. 1.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Marshall McLuhan, Q. F. (1967). The Medium is the Message. New York: Bantam Books.

Stephen W. Littlejohn, Karen Foss. (2009). Encyclopedia of Communication Theory. California. Sage Publication, Inc. Vol.1

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Sernovitz, A. (2012). Word of Mouth Marketing. Austin: Greenleaf Book Group Press.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Website:

https://kumparan.com/kumparanfood/menu-unik-yang-wajib-dicoba-di-kfc-naughty-by-nature-tertarik-1uUbom5TZCU (diakses tanggal 5 Januari 2021)

https://www.instagram.com/naughtybynaturekfc/?hl=en (diakses tanggal 5 Januari 2021)

Kurniawan, Kanada. 2020. Apa Itu AIDA Marketing? Memahami Model AIDA 2020. https://projasaweb.com/aida-marketing/ (diakses pada tanggal 7 November 2020)

https://www.niagahoster.co.id/blog/aida/ (diakses 5 Januari 2021)

https://tirto.id/kfc-indonesia-hadirkan-restoran-naughty-by-nature-f6iJ (diakses 5 Januari 2021)

https://wearesocial.com/blog/2020/01/digital-2020-3-8-billion-people-use-social-media (diakses pada 5 Januari 2021)

Jurnal:

Cahyono, A.S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. PUBLICIANA: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol. 9, No. 1

Dama, Daniel (2016). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Memilih Laptop Acer di Toko Lestari Komputer Manado, Volume 16, No. 01

Indika, Deru R., Jovita, Cindy (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen.Jurnal Bisnis Terapan, Volume 01, Nomor 01, Juni 2017

Nisak, Khoirun., Hariyanto, Didik (2017). Food Photography dan Eating Out di Media Sosial Instagram. Kanal (Jurnal Ilmu Komunikasi), 6 (1), September 2017, 31-40

Rochmawati, Irma (2016) Visualisasi Dan Representasi Foto Makanan (Food Photography) Di Media Sosial Instagram (Studi Kasus: Kuliner Bandung). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Stathopoulou, A., Borel, L., Christodoulides, G., & West, D. (2017). Consumer branded #hashtag engagement: Can creativity in TV advertising influence hashtag engagement? Journal Interactive Marketing 34 (4): 448-462

Wahyuni Purbohastuti, Arum (2017) Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi, Volume 12, No. 2, Oktober 2017

Wulandari, Astrid (2015) Pengaruh Intensitas Konsumen Dalam Menggunakan Media Sosial Terhadap Aktivitas Media Sosial Perusahaan dan Dampaknya Pada Reputasi Perusahaan (Studi Kasus: Garuda Indonesia), Universitas Paramadina




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v14i1.2196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id