Manajemen Komunikasi Special Event Gebyar Pesona Budaya Garut 2023

Sarah Anisa Askari, Muhammad Aditya Pratama, Zikri Fachrul Nurhadi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengetahui tahapan manajemen untuk menggagas sebuah event yang dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut. Fase-fase tersebut menjadi tolak ukur efektifitas Gebyar Pesona Budaya Garut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan analisis situasi, penyusunan strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Theory Four-Step Process of Public Relations of Cutlip, Center & Boom (Empat Langkah Strategi PR). Teori ini menjelaskan tentang langkah-langkah yang harus dilakukan oleh seorang Public Relations dalam melakukan setiap aktivitasnya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dilakukannya riset komprehensif untuk merencanakan event Gebyar Pesona Budaya Garut. Riset melibatkan pencarian data secara menyeluruh melalui observasi, wawancara mendalam, studi literatur dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis situasi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut beberapa bulan sebelum acara berhasil memeriahkan Hari Jadi Garut dengan merancang strategi komunikasi yang baik, sedangkan penyusunan srategi yang dirancang berhasil menarik perhatian masyarakat Garut ataupun luar Garut, implementasi dari perencanaan strategi awal berhasil membuat acara Hari Jadi Garut ini semakin kental dengan adat dan budayanya dengan penyusunan acara yang terstruktur dan komunikasi yang efektif, terakhir evaluasi yang dilakukan dengan berbagai stakeholders menunjukkan bahwa acara Hari Jadi Garut ini meskipun terdapat hambatan tetapi acara ini tetap berhasil dan sesuai dengan rencana awal. Event ini berfungsi sebagai ajang promosi untuk Kabupaten Garut dan memperkenalkan seni budaya daerah tersebut. Peneliti merekomendasikan penelitian selanjutnya untuk mendalami analisis dampak ekonomi, sosial, dan budaya dari event seperti Gebyar Pesona Budaya Garut, serta menggali strategi komunikasi yang lebih efektif untuk mencapai audiens yang lebih luas dan beragam.

Keywords


Seni Budaya , Manajemen Komunikasi, Special Event, Gebyar Pesona

Full Text:

PDF

References


Andri, A., Harun, A., Islam, U., Singingi, K., & Id, A. C. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Fungsi Unit Pelaksana Teknis Panti Sosial Bina Remaja Rumbai Kota Pekanbaru. In Jurnal Ilmu Pemerintahan (Vol. 2, Issue 02).

Anggoro, A. D., Susanto, H., Arifin, R., Nugroho, O. C., Purwati, E., & Ridho, I. N. (2023). Manajemen Event Budaya Sebagai Daya Tarik Wisata di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(1), 2598–9944. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4434/http

Bistaraki, A., & Georgiadis, K. (2022). Interorganizational Communication at Mass Gatherings: Professionals’ Perceptions during the Planning and Implementation Stage of Marathon Events. Prehospital and Disaster Medicine, 37(2), 179–184. https://doi.org/10.1017/S1049023X22000395

Brown, S., Getz, D., Pettersson, R., & Wallstam, M. (2015). Event evaluation: Definitions, concepts and a state of the art review. International Journal of Event and Festival Management, 6(2), 135–157. https://doi.org/10.1108/IJEFM-03-2015-0014

Cohan, D., & North, D. W. (1979). A Proposed Research Planning Format for the Environmental Assessment department. https://doi.org/https://doi.org/10.2172/6302427

Diniati, A., Razak, R., & Lestari, M. T. (2022). Literacy Event Sebagai Kampanye Public Relations Dalam Meningkatkan Semangat Literasi Masyarakat Indonesia. Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 21(2), 196–209. https://doi.org/10.32509/wacana.v21i2.2064

Felisia, A., Lionardo, A., & Wulantari, R. A. (2018). Peran Humas Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Dalam Menyukseskan Asian Games 2018 Di Palembang.

Janjusevic, J., & Mathur, S. (2021). 6 Financial Planning and Budgeting of Events. https://doi.org/10.23912/9781911635734-4769

Kim, H. M., & Grix, J. (2021). Implementing a sustainability legacy strategy: A case study of pyeongchang 2018 winter olympic games. Sustainability (Switzerland), 13(9). https://doi.org/10.3390/su13095141

Lestari Puji, & Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (1st ed.). Alfabeta.

McQuail, D. (1997). Audience Analysis (M. Seawell & R. Piernot, Eds.). Sage Publications, Inc.

Muhammad Sodiq, & Mochammad Rochim. (2022). Manajemen Komunikasi Event Organizer Virtual. Bandung Conference Series: Communication Management, 2(1). https://doi.org/10.29313/bcscm.v2i1.173

Muhibudin, M., Hatta, Mohd., & Yusnadi, Y. (2022). Communication Planning Of The Dayah Jamiah Al-Aziziyah Batee Iliek Organization In Preparing Da’i Cadres. International Journal Of Education, Social Studies, And Management (IJESSM), 69–82. https://doi.org/10.52121/ijessm.v2i2.67

Nurhadi, Z. F., Kurniawan, A. W., Mujianto, H., & Sylva Excelsa, A. (2023). Strategi Komunikasi Humas Polresta Serang Kota Dalam Membangun Hubungan Baik Dengan Media (Vol. 14, Issue 1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36080/comm.v14i1

Planning a Public Relations Special Event | Consulting Success. (n.d.). Retrieved June 6, 2023, from https://www.consultingsuccess.com/planning-a-public-relations-special-event

Ruslan, R. (2013). Metode penelitian public relations dan komunikasi (6th ed.). Rajawali Pers.

Santoso, P. Y., & Riskiyanti, T. (2014). Strategi Marketing Public Relations Dalam Melaksanakan Special Event Program Paket Close User Group (Cug) Pt. Indosat Tbk. Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13, 137–138. https://www.journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/download/139/84

Wardasari, N. (2018). Penggunaan Riset Oleh Praktisi Public Relations Dalam Menentukan Program. Jurnal Nomosleca, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26905/nomosleca.v4i2.2375




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v14i2.2402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id