Konstruksi Pesan Penjaja Kuliner Ramadhan Pada Media Sosial Instagram
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya penggunaan platform media sosial Instagram menjadi pilihan publik untuk berkomunikasi di alam maya. Termasuk juga dalam penyebaran pesan komunikasi yang dilakukan oleh penjaja kuliner Ramadhan. Bulan suci bermakna signifikan bagi umat muslim. Pada bulan ini terdapat waktu sakral yakni mulai dan berakhirnya saum. Kedua waktu tersebut menjadi unsur penting dalam ibadah Ramadhan. Umat muslim menaruh perhatian pada hal tersebut, termasuk menu makanannya. Pada sisi lain hal ini dimanfaatkan oleh penjaja kuliner Ramadhan untuk meningkatkan penjualannya dengan menyebarkan informasi kuliner Ramadhan melalui media sosial Instagram. Hal tersebut didukung oleh kekuatan media sosial Instagram yang efektif, efisien dan mampu menjangkau khalayak luas. Teknologi serta fitur yang disematkan pada media sosial tersebut juga mampu merepresentasi serta mengakomodir keinginan berbagi variasi lambang komunikasi dalam mengkonstruksi pesan yang dimaksud. Tujuan penelitian ini untuk menelaah mengenai presentasi lambang komunikasi penjaja kuliner tersebut pada media sosial Instagram. Untuk menindaklanjuti telaah tersebut, maka penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti memilih informasi yang sesuai dengan subjek serta objek penelitian yakni akun Instagram penjaja kuliner Ramadhan yang mengkonstruksi pesan untuk kepentingan peningkatan kuantitas penjualan. Di sini terungkap para penjaja kuliner Ramadhan memiliki motif komunikasi yang sama namun gunakan lambang komunikasi yang berbeda. Lambang komunikasi yang berupa teks dan foto tersebut tercipta oleh proses konstruksi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. M. Voorveld, H., Noort, G. von, Muntinga, D. G., & Bronner Freed. (2018). Engagement with Social Media and Social Media Advertising: The Differentiating Role of Platform Type. Jurnal of Advertising, 47(1), 38–54. https://doi.org/10.1080/00913367.2017.1405754
Akin, A., Ören, T. Ş., & Ören, V. E. (2020). Current Studies In Social Science—As A Ne Phenomenon: Digital Cuisine Cultur. Iksad Publishing House, 33–47.
Alkhowaiter, W. (2016). The Power of Instagram in Building Small Businesses. https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-319-45234-0_6
Amalia, F. R., Simanjuntak, M., Widarman, A., Pratiwi, I. I., Febrian, A. W., Heykal, M., Latif, L., C, E. E., Perdana, M. A., & Nurhalimah, N. (2023). Mengenal Bisnis Kuliner. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=WPunEAAAQBAJ
Ardianto, E., & Q-Anees, B. (2016). Filsafat Ilmu Komunikasi. Simbiosa Rekatame Media.
Ariyanto, E. (2020). Pengantar Ilmu Komunikasi—Sejarah, Hakekat, dan Proses. Diva Press.
Bragg, M., Lutfeali, S., Greene, T., Osterman, J., & Dalton, M. (2021). How Food Marketing on Instagram Shapes Adolescents’ Food Preferences: Online Randomized Trial. https://doi.org/DOI: 10.2196/28689
Couldry, N., & Hepp, A. (2018). The Mediated Construction of Reality. Polity Press.
Databooks. (2022). Belanja Masyarakat Diproyeksikan Naik 10% pada Ramadan 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/28/belanja-masyarakat-diproyeksikan-naik-10-pada-ramadan-2022.
DataIndonesia. (2022). Indonesia Miliki 97,38 Juta Pengguna Instagram pada Oktober 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/indonesia-miliki-9738-juta-pengguna-instagram-pada-oktober-2022
detik.com. (2013). Anomali Konsumsi di Bulan Suci. https://news.detik.com/kolom/d-4553328/anomali-konsumsi-di-bulan-suci
Elliot, R., & Timulak, L. (2021). Essentials of Descriptive-interpretive Qualitative Research: A Generic Approach. American Psychological Association. https://books.google.co.id/books?id=PBbZzQEACAAJ
Fornäs, J. (2014). Mediatization of Communication (K. Lundby, Ed.; pp. 483–504). De Gruyter Mouton. https://doi.org/10.1515/9783110272215.483
Glynn Mangold, W., & David J, F. (2009). Social media: The new hybrid element of the promotion mix. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0007681309000329
Habriyanto, H. (2019). Analisi Pola Konsumsi Pada Bulan Ramadhan—Disertasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/6356/1/Disertasi%20Habriyanto.pdf
Instagram. (2023). Data Purpossive Sampling.
Irwanto, & Hariatiningsih, L. R. (2021). Konstruksi Realitas Cover Majalah Tempo (Studi Semiotika Gambar Jokowi Bersiluet Pinokio). LPPM Universitas Bina Sarana Informatika, 8, 125–135. https://doi.org/10.31294/kom.v8i2.10795
Just, N., & Latzer, M. (2017). Governance by Algorithms: Reality Construction by Algorithmic Selection on The Internet. Media, Culture & Society. 238–258. https://doi.org/10.1177/0163443716643157
Leaver, T., Highfield, T., & Abidin, C. (2020). Instagram Visual Social Media Cultures. Wiley.
Lee, E., Lee, J.-A., Moon, J. H., & Sung, Y. (2015). Pictures Speak Louder than Words: Motivations for Using Instagram. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 18(9), 552–556. https://doi.org/10.1089/cyber.2015.0157
Lee, H.-M., Kang, J.-W., & Namkung, Y. (2021). Instagram Users’ Information Acceptance Process for Food-Content. https://doi.org/10.3390/su13052638
Lee, K.-S., & Tao, C.-W. (2021). Secretless Pastry Chefs on Instagram:The Disclosure of Culinary Secrets on Social Media. https://doi.org/DOI:10.1108/IJCHM-08-2020-0895
Mejova, Y., Abbar, S., & Haddadi, H. (2106). Fetishizing Food in Digital Age:Foodporn Around the World. Public Knowledge Project - Simon Fraser University - Canada, 10(1). https://ojs.aaai.org/index.php/ICWSM/article/view/14710
Mesquita, A., & Peres, P. (2015). Proceeding Of The European Conference on Social Media—School of Accounting and Administration at the Polytecnic Institute of Porto, Portugal 9-10 July 2015. Academic COnference and Publishing International Limited Reading. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=VDU7CgAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA19&dq=understanding+instagram&ots=D-RKyxFqlP&sig=bNGjLaGfXouJLLGt-iDYePFV3dw&redir_esc=y#v=onepage&q=understanding%20instagram&f=false
Moran, G., Muzelec, L., & Johnson, D. (2020). Message content features and social media engagement: Evidence from the media industry. https://doi.org/10.1108/JPBM-09-2018-2014
Pemida, D. (2022). Penjualan Makanan Online Meningkat saat Ramadhan 2022. https://chatnews.id/read/penjualan-makanan-online-meningkat-saat-ramadhan-2022.
Philp, M., Jacobson, J., & Pancer, P. E. (2022). Predicting Social Media Engagement With Computer Vision: An Examination Of Food Marketing On Instagram. https://doi.org/DOI 10.1016/j.jbusres.2022.05.078
Pittman, M., & Reich, B. (2016). Social media and loneliness: Why an Instagram picture may be worth more than a thousand Twitter words. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0747563216302552
Sharma, M., & Peng, Y. (2023). How Visual Aesthetics and Calorie Density Predict Food Image Popularity on Instagram: A Computer Vision Analysis. https://doi.org/10.1080/10410236.2023.2175635
Suprapto, T. (2009). Pengantar Teori Dan Manajemen Komunikasi. MedPress.
We Are Social. (2023). Data Media Sosial. https://wearesocial.com/us/blog/2023/01/the-changing-world-of-digital-in-2023/
Zhang, C. B., & Lin, Y. H. (2015). Exploring Interactive Communication Using Social Media. 35(11–12). https://doi.org/10.1080/02642069.2015.1064396
DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v15i1.2556
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Communication
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.