Storytelling Convergence pada Radio Shelter 95,3 FM di Era Digital

Diah Ayu Pramesti Rachmadianti

Abstract


Konvergensi media adalah integrasi media telekomunikasi tradisional dengan internet. Storytelling convergence adalah salah satu bentuk dimensi konvergensi media yang pekerja media mampu menyajikan dan mengisahkan informasi ke dalam berbagai bentuk yang disebarkan di berbagai platform. Radio Shelter 95,3 FM telah menerapkan storytelling convergence sejak lama. Idealnya hal tersebut bisa meningkatkan atau minimal mempertahankan jumlah pendengarnya. Namun, Radio Shelter 95,3 FM mengalami penurunan jumlah pendengar. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini berfokus pada penerapan storytelling convergence pada Radio Shelter 95,3 FM dan keuntungan penerapan dari storytelling convergence. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan bentuk dimensi storytelling convergence yang diterapkan pada Radio Shelter 95,3 FM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini memakai teori konvergensi media Rich Gordon, yang berfokus pada penerapan dimensi storytelling convergence dan keuntungan dari menerapkan dimensi storytelling convergence. Hasil penelitian menunjukkan Radio Shelter 95,3 FM menerapkan dimensi storytelling convergence yaitu beberapa pekerja media mampu menyajikan informasi ke dalam berbagai bentuk (teks, audio, visual, video, grafik, dan lain-lain). Kemudian Radio Shelter 95,3 FM memanfatkan berbagai platform (website, aplikasi, dan media sosial) dalam penyebaran informasi atau konten untuk menjangkau audiens. Adapun keuntungan dari penerapan storytelling convergence adalah dapat meningkatkan dan memperluas jangkauan pendengar, bisa meningkatkan komunikasi interaktif antara pendengar dan penyiar, memungkinkan terjadinya kenaikkan pendapatan perusahaan, menghemat biaya produksi, dan memudahkan pendengar mengakses radio.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. (2020). Pola Kebijakan Digitalisasi Penyiaran di Indonesia. Jurnal Aristo (Social, Politic, Humaniora), Vol. 8 (1 ), Januari: 76-96.

Abdussamad, zuchri. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: CV. Syarik Media Press.

Affan, H. (2022). Radio BBC Indonesia “undur diri” setelah 73 tahun mengudara. https://www.bbc.com/indonesia/majalah-64093068, diakses pada 10 September 2022, pukul 14.00 WIB.

Ajibulloh, A. A. (2020). Analisa Transmedia Storytelling Pada Iklan Susu Hilo Melalui Media Augmented Reality. Source: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 6 (1), April:26-33.

Annissa, D., & Fitriawan, R. A. (2019). KONVERGENSI PADA MEDIA MASSA (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Konvergensi Media di Republika).

Annur, C. M. (2022). Survei KIC: Mayoritas Masyarakat Indonesia Mengakses Informasi di Media Sosial. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/20/survei-kic-mayoritas-masyarakat-indonesia-mengakses-informasi-di-media-sosial, diakses pada 10 Desember 2022, pukul 15.00 WIB.

Atmadja, V., Menayang, A. P., Marta, R. F., & Widiyanto, Y. N. (2021). Mediamorphosis of Radio Broadcasting on a Drive-in Concert Event during Pandemic Era. Nyimak Journal of Communication, Vol. 5 (2), September: 273-293.

Bayu, D. (2022, Juni 10). APJII: Pengguna Internet Tembus 210 Juta pada 2022. APJII: Pengguna Internet Tembus 210 Juta pada 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/apjii-pengguna-internet-indonesia-tembus-210-juta-pada-2022, diakses pada 10 Desember 2022, pukul 14.50 WIB.

Briandana, R., Pribadi, E., & Balaya, S. (2020). Mapping The Convergence Trends of Television Broadcasting Media in Indonesia. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, Vol.6 (2), Mei-September: 147-158.

Chairunnisa, M. R. (2022). Konvergensi Digital Radio Arbes FM Padang Dalam Menyiarkan Program Magrib Mengaji. Al-Munir-Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, Vol. 13 (1), Januari-Juni: 27-39.

Ebute, M., Okongwu, B., Lucas, K., & Saidu, S. A. (2023). Acessment Of Human Rights Radio And Television Challenges In Content Delivery In The Digital Era. African Scholars Multidisciplinary Journal (ASMJ), Vol.3, Juni: 46-52.

Fortinasari, P. B., Anggraeni, C. W., & Malasari, S. (2022). Digital Storytelling Sebagai Media Pembelajaran Yang Kreatif Dan Inovatif di Era New Normal. APTEKMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 5 (1), Maret: 24-32.

Fransisca, H., & Iswahyuningtyas, C. E. (2017). Konvergensi Media dan Mediamorfosis: Evaluasi Strategi Digitalisasi Media Cetak di Majalah Tempo. Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi, Vol. 01 (01).

Hapsari, D. T. (2018). Jurnalisme Radio Pada Era Digital: Tranformasi dan Tantangan. Masyarakat Indonesia: Majalah Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia, Vol. 44 (1), Juni: 61-74.

Harliantara. (2016). On Air to Online Pengantar Penyiaran Radio. Jakarta: Broadcastmagz.

Irawan, R. E., Aras, M., & Merry Firdha Tri Palupi. (2018). Strategi NetTV Memproduksi Konten untuk Televisi Multiplatform. Vol. 02 (1), h. 373-382.

JAKPAT. (2019). Data Pendengar Radio di Indonesia Tinggi, Apa Alasannya? https://jakpat.net/info/data-pendengar-radio-di-indonesia-tinggi-apa-alasannya/, diakses pada 10 Desember 2022, pukul 14.00 WIB.

Jasafat. (2019). Konvergensi Komunikasi. Banda Aceh: Ar-Raniry Press.

Kemenparekraf. (2021). Peran Radio Dari Masa Ke Masa. https://kpi.go.id/id/umum/38-dalam-negeri/36797-tantangan-digitalisasi-dan-perlunya-uu-penyiaran-baru, diakses pada 10 Mei 2023, pukul 14.00 WIB.

KPI. (2013). Dalam Kedaulatan frekuensi: Regulasi Penyiaran, Peran KPI, dan Konvergensi Media. Jakarta: Kompas Media Nusantara.

Kusnandar, V. B. (2021). Hanya 13% Masyarakat yang Masih Mendengarkan Radio. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/23/hanya-13-persen-masyarakat-yang-masih-mendengarkan-radio, diakses pada 10 Desember 2022, pukul 14.35 WIB.

Latifah, K. & Ismadianto. (2021). Konvergensi Radio Dalam Mempertahankan Eksistensi Di Era Digital Dan Covid-19. Jurkom-Jurnal Riset Komunikasi, Vol. 4(1), Februari: 130-142.

Loudycm. (2020). Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Radio Streaming. https://www.loudcity.com/mengenal-kelebihan-dan-kekurangan-radio-streaming/, diakses pada 12 September 2023, pukul 14.00 WIB.

Maharani, P., Lestaluhu, S., & Alfredo, R. (2022). Transformasi Radio Konvensional Di Era Digital (Studi Kasus Pada Radio Duta 90.9 Fm Ambon). Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol.1(2), h.1-18.

Maryani, E., Bajari, A., & Gemiharto, I. (2021). PRFM Radio: Challenges and Opportunities of Local Media in Facing Digital Era. RIGEO (EVIEW OF INTERNATIONAL GEOGRAPHICAL EDUCATION), Vol. 11 (4), Januari: 1184-1191.

Miranda, P., & Yuliati, R. (2020). Keunikan Karakteristik Radio: Daya Tarik Bagi Khalayak Dalam Mendengarkan Radio. Jurnal Studi Komunikasi, Vol. 4(3), November: 735-748.

Moloeng, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nasrullah, R. (2017). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung:Simbiosa Rekatama Media.

Nielsen, N. (2022, Desember). Nielsen Meluncurkan Rating Konten Streaming Yang Memungkinkan Pengukuran Lintas Media di Indonesia. https://www.nielsen.com/id/news-center/2022/nielsen-launches-streaming-content-ratings-enabling-cross-media-measurement-in-indonesia/

Nurizar, A. (2020). Digital Television Regulation and its Impact on Indonesia towards Society 5.0. Jurnal Komunikator, Vol. 12 (2), November: 106-115.

Pavlik, J. V., & McIntosh, S. I. (2018). Converging Media: A New Introduction to Mass Communication. Oxford: Oxford University Press.

Praptopo, W. M., & Kusajibrata, N. (2018). Konvergensi di ruang redaksi pada kelompok media tempo. Jurnal Studi Komunikasi, Vol.2(1), Maret: 103-125.

Prasetyawati, A. (2020). Digital Storytelling Kok Bisa?: Mengubah Keberlimpahan Informasi menjadi Konten Edukasi. IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi), Vol. 22 (2), Desember: 199-212.

Prayudha, H. H., & Rustam, A. (2013). Radio Is Sound Only: Pengantar dan Prinsip Penyiaran Radio di Era Digital. Jakarta: Broadcastmagz.

Puspitaningrum, D. (2022). Konvergensi Media dan Memori Kolektif Masyarakat Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, Vol. 2 (11), April: 3675-3686.

Radio Shelter FM. (2022). Company Profile. Radio Shelter 95,3 FM.

Rantung, R. C. (2022, Desember). Trax FM Resmi Berhenti Mengudara di 101.4 FM. https://www.kompas.com/hype/read/2022/12/01/203150466/trax-fm-resmi-berhenti-mengudara-di-1014-fm?page=all, diakses pada 10 Desember 2022, pukul 16.00 WIB.

RG. (2022). Tantangan Digitalisasi dan Perlunya UU Penyiaran Baru. https://kpi.go.id/id/umum/38-dalam-negeri/36797-tantangan-digitalisasi-dan-perlunya-uu-penyiaran-baru, diakses pada 13 September 2023, pukul 16.00 WIB.

RG. (2023). Merancang Bentuk Ideal Regulasi Penyiaran Terbaru. https://kpi.go.id/id/umum/38-dalam-negeri/37078-merancang-bentuk-ideal-regulasi-penyiaran-terbaru, diakses pada 13 September 2023, pukul 16.00 WIB.

Safitri. (2021). Sedih: Radio Suara Akbar Berhenti Mengudara. https://radarjember.jawapos.com/berita-jember/03/08/2021/sedih-radio-suara-akbar-berhenti-mengudara/, diakses pada 11 Desember 2022, pukul 17.00 WIB.

Sukarwati, S. U. (2021). Radiomorfosis: Transformasi Radio dalam Komunikasi dan Bisnis. Tangerang: Indigo Media.

Sulvinajayanti. (2018). Manajemen dan Konvergensi Media Penyiaran. Makassar: Penerbit Aksara Timur.

Syam, K. (2021). Mediamorfosis Radio Lazuardi 94,1 FM Dalam Persaingan Industri Media. UIN Jakarta.

Tami, C. (2020). Kelebihan Radio Streaming. https://www.phiradio.net/kelebihan-radio-streaming/, diakses pada 13 September 2023, pukul 16.10 WIB.

Wiguna, D. (2016). Dirjen: Media Penyiaran Didorong Manfaatkan “Multiplatform.” https://bali.antaranews.com/berita/97653/dirjen-media-penyiaran-didorong-manfaatkan-multiplatform, diakses pada 13 September 2023, pukul 16.30 WIB.

Zamroni, M. (2021). Dampak konvergensi media terhadap pola menonton televisi indonesia di era digital. Jurnal Kajian Media, Vol.5 (1), Maret: 50-59.

Zulfikar, F. (2023). 10 Negara dengan Pengguna Internet Tertinggi di Dunia, Indonesia Nomor Berapa? https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6502474/10-negara-dengan-pengguna-internet-tertinggi-di-dunia-indonesia-nomor-berapa, diakses pada 13 September 2023, pukul 17.20 WIB.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v14i2.2565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id