Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Bandung Makuta Cake Dengan Menggunakan IMC Model Dwi Sapta
Abstract
ABSTRACT This study was conducted to describe integrated marketing communication strategy Bandung Makuta Cake with the guidance of IMC Model belongs to Adji Watono and Maya Watono (2011: 34-35) that consisting of discovery circle, intent circle, and strategy circle which formulates the basic principles that are key factors of strategic success in a comprehensive and systematic model. This research uses descriptive qualitative research method with post positivistic paradigm. Data collected through in-depth interviews with Top Marketing Manager Bandung Makuta Cake. The results of this research that the analysis on discovery circle can be done by involving the research agency so that the information obtained will be more detailed, and in analyzing the intent circle needs to pay attention to the brand development in the community both positive and negative issues so that it can become brand development. Then in making strategy circle, see the results of the analysis of the two previous stages that have been done and integrate the elements that exist in it to be applied to some marketing communication mix.
Keywords: Integrated Marketing Communication Strategy, Bandung Makuta Cake, discovery cirlce, intent circle, strategy circle.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran terpadu Bandung Makuta Cake dengan suatu pedoman Model IMC milik Adji Watono dan Maya Watono (2011: 34–35) yaitu terdiri dari discovery circle, intent circle, dan strategy circle yang merumuskan prinsip-prinsip dasar yang menjadi faktor kunci kesuksesan strategi dalam sebuah model yang komprehensif dan sistematis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan paradigma post-positivistik. Pengumpulan data dengan wawancara mendalam bersama Top Marketing Manager Bandung Makuta Cake. Hasil dalam penelitian ini bahwa analisis pada discovery circle dapat dilakukan dengan melibatkan research agency sehingga informasi yang didapatkan akan lebih detail, dan dalam menganalisis intent circle perlu memperhatikan perkembangan merek di masyarakat baik isu positif maupun isu negatif sehingga dapat menjadi pengembangan merek. Kemudian dalam pembuatan strategy circle, melihat hasil analisis dari kedua tahapan sebelumnya yang telah dilakukan serta mengintegrasikan elemen-elemen yang ada didalamnnya untuk diaplikasikan pada beberapa bauran komunikasi pemasaran.
Kata kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu, Bandung Makuta Cake, Discovery cirlce, Intent circle, Strategy circle
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Rulam. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Angipora, Marius P. (1999). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Bajari, Atwar. (2015). Metode Penelitian Komunikasi: Prosedur. Tren, dan Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Bungin, Burhan. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Rajawali Pers. Jakarta.
Creeber, G. & Martin, R. (eds.). (2009). Digital Cultures: Understanding New Media. Berkshire-England: Open University Press.
Don E. Schultz, Stanley I, Tannebaum, dan Robert F. Lauterborn. (1993). Intergrated Marketing Communications. Lincolnwood: NTC Publishing Group.
Ghony, M. Djunaidi, dan Fauzan Almanshur. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Kotler, Amstrong. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Phillip, dan Gary Armstrong. (2009). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, Phillip, dan Gary Armstrong. (2011). Marketing an Introduction. Edisi kesepuluh. Indonesia: Perason.
Kotler, Phillip, dan Gary Armstrong. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Kedelapan, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip, Kevin Lane dan Keller. (2007). Manajemen Pemasaran. Indonesia: PT Macanan Jaya Cemerlang.
Kotler, Philip, Kevin Lane dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Jilid 1. Erlangga: Jakarta.
McQuail, Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa. Edisi 6.Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.
Miles, M.B & Huberman A.M. (1984). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh
Tjetjep Rohendi Rohidi. (1992). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Moleong. Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Philip, Kotler, dan Gary Amstrong. (2012). Prinsip – Prinsip Pemasaran. Edisi Kedelapam, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Prastowo, Andi. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Salim, Agus. (2006). Teori & Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeda Indonesia.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeda Indonesia.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeda Indonesia.
Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jawa Barat, Indonesia: CV Pustaka Setia.
Watono, A Adji, & Watono, Maya. (2011). IMC That Sells. Jakarta, Indonesia: PT Gramedia Pustaka Utama.Skripsi
Jasmine, Zahra Keumala. 2017. Analisis Penerapan Tools Integrated Marketing Communication pada Website Garuda Indonesia
(www.garudaindonesia.com)(http://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog.html)
Febriani, Melinda. 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran
Terintegrasi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Makassar dalam MempertahankanBrand Image.
(http://103.195.142.17/bitstream/handle/123456789/24633/SKRIPSI.pdf?
sequence=1)
Artikel Jurnal
Ahyar, Anna Aulia. 2015, Strategi Komunikasi Pemasaran Garuda Indonesia Travel Fair 2015. (https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/116360/jurnal_eproc/strategi-komunikasi-pemasaran-garuda-indonesia-travel-fair-2015.pdf)
Utari Prahastiwi & Hermawati Tanti. 2015. Implementasi Model Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah.
(www.jurnalkommas.com/docs/Jurnal%202015%20tanti%20(3).docx)
Lestari, Rini. 2015, Sales Promotion Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Mobil Low Cost Green Car Daihatsu Aylapada Pt. Astra Internasional Tbk Cabang Ciledugkota Tangerang.
(https://journal.budiluhur.ac.id/index.php?journal=avantgarde&page=article&op=viewFile&path[]=22&path[]=7)
Lestari, Rini. 2015, Sales Promotion Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Mobil Low Cost Green Car Daihatsu Aylapada Pt. Astra Internasional Tbk Cabang Ciledugkota Tangerang.
(https://journal.budiluhur.ac.id/index.php?journal=avantgarde&page=article&op=viewFile&path[]=22&path[]=7)
DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v9i1.622
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Communication
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.