Strategi Manajemen Krisis Public Relations PT Blue Bird Group
Abstract
ABSTRACT
One of the activities of Public Relations is to perfom a communication function in deveoping institutional communication with the public to realize goodwill and mutual understanding. In a crisis situation, Public Relations plays a vital role. The profession demands the ability to design, to protect, and to maintain the company's reputation in the public challenge. Blue Bird's commitment to change is one of the strategies of management crisis known as the "reimagining Blue Bird" program. This program voiced through the "Blue Bird Changing To Change" campaign ad on YouTube. The purpose of this study is to know the strategies of Crisis Management of the Public Relations PT Blue Bird Group (Case Study at PT Blue Bird Group Post Demonstration Riot & Anarchist, March 22, 2016). The method used in this research is a case study method. It uses various data sources that can be used to research, describe and explain comprehensively the various aspects of individuals, groups, programs, organizations or events systematically. The conclusion shows that the Blue Bird "reimagining" campaign program voiced through the "Blue Bird Changing To Change" campaign ad on YouTube has attracted attention and gained sympathy from the public, which in turn can build positive public opinion and impact on Blue Bird's reputation.
Keyword: Public Relations Strategies, Crisis Management
ABSTRAK
Salah satu kegiatan dari seorang public relations yakni sebagai fungsi komunikasi untuk mengembangkan komunikasi institusi dengan publik agar berjalan dengan baik untuk mewujudkan goodwill dan mutual understanding terhadap publik. Di dalam situasi krisis, Public Relations berperan vital. Profesi tersebut dituntut kemampuan mendesain untuk melindungi dan mempertahankan reputasi perusahaan dalam menghadapi tantangan publik. Komitmen Blue Bird untuk berubah merupakan salah satu strategi manajemen krisis yang dilakukan melalui program “reimagining Blue Bird.” Program ini disuarakan melalui iklan kampanye Blue Bird “Berbenah Untuk Berubah” di YouTube. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui bagaimana Strategi Manajemen Krisis Public Relations PT Blue Bird Group (Studi Kasus Pada PT Blue Bird Group Pasca Demonstrasi Rusuh & Anarkis, 22 Maret 2016). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode studi kasus yaitu metode riset yang menggunakan berbagai sumber data yang bisa digunakan untuk meneliti, menguraikan dan menjelaskan secara komprehensif berbagai aspek individu, kelompok, suatu program, organisasi atau peristiwa secara sistematis. Kesimpulan menunjukkan bahwa program kampanye “reimagining Blue Bird” yang disuarakan melalui iklan kampanye “Berbenah Untuk Berubah” di YouTube berhasil menarik perhatian dan mendapatkan simpati dari publik, sehingga pada akhirnya dapat membangun opini publik positif dan berdampak terhadap reputasi Blue Bird.
Kata kunci : Strategi Public Relations, Manajemen Krisis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Coombs, Timothy W. 2007. Crisis Management and Communication.
Cutlip, Scott M; Center, Allen H; Broom, Glen M. 2000. Effective Public Relations. New Jersey: Prentice Hall.
Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Riset Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Moleong, Lexy, J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Pawito. 2008. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKIS Pelangi Aksara.
Ruslan, Rosady. 2010. Metodologi Penelitian Public Relations dan Komunikasi cetakan ke-5. Jakarta: Rajawali Pers.
Suryabtara. Sumadi. 2011. Metode Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Jurnal :
Purwaningwulan. Melly. Maulin, Jurnal Majalah Ilmiah Unikom, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Ilmu Komputer, Bandung, Volume 11 No. 2, Tahun 2013.
Sumber lain:
http://www.bluebirdgroup.com/id/ (di akses tanggal 24 Februari 2017)
http://www.antaranews.com/berita/551305/demo-jeda-supir-taksi-vs-pengemudi-gojek-hampir-rusuh(di akses tanggal 20 Februari 2017)
http://cdn1a.production.liputan6.static6.com/medias/1178845/big/080663700_1458622272-2x.jpg(di akses tanggal 20 Februari 2017)
https://www.youtube.com/watch?v=3MWqtUTySKU(di akses tanggal 25 Februari 2017)
Majalah SWA No. 24/XXIVI 13-23 November 2008.
DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v9i1.624
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Communication
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.