IDEOLOGI FILM GARIN NUGROHO KAJIAN SEMIOTIKAPADA FILM DAUN DI ATAS BANTAL

Ahmad Toni

Abstract


AbstractThis study is based on qualitative research methods approach the text with the level ofsemiotics, the purpose of this study to uncover the ideology of the film by GarinNugroho who use etetika high art and the construction of cultural anthropologyexotic Indonesia. Hasi research shows that the ideology of resistance which manifestsitself in the film 'Daun di Atas Bantal' reconstruction is falsafati Democratization ofmedia art as a force to press the government of Suharto and the New Order regime.The patterns of the significance of the sign denotatif and connotative that make up themyth of the truth of reality into the base film by Garin Nugroho built with theinterpretation of the ideology of Java through the power of art and culture of thegreat that ultimately gave rise to the concept of the essence of the interpretation ofnationalism through the figures 'mother' who berafilisasi on the representation of themother motherland in nation termaginalkan reality sued by the state.Keywords: Film Ideology, Garin Nugroho, Daun di Atas Bantal.

Abstrak
Kajian ini berdasarkan riset kualitatif dengan pendekatan level teks dengan metode
semiotika, tujuan kajian ini untuk mengungkap ideologi film karya Garin Nugroho
yang menggunakan etetika seni tinggi dan konstruksi antropologi budaya Indonesia
yang eksotik. Hasi penelitian menunjukan bahwa resistensi ideologi yang
termanifestasikan dalam film ‘Daun di Atas Bantal’ ialah rekonstruksi falsafati
Demokratisasi media seni sebagai kekuatan untuk menekan pemerintahan Soeharto
dan rezim Orde Baru. Pola-pola signifikansi tanda denotatif dan konotatif yang
membentuk mitos kebenaran realitas menjadi dasar film karya Garin Nugroho
dibangun dengan tafsir ideologi Jawa melalui kekuatan seni dan budaya yang agung
yang pada akhirnya memunculkan konsep esensi tafsir paham nasionalisme melalui
tokoh ‘ibu’ yang berafilisasi pada representasi ibu pertiwi dalam menggugat realitas
bangsa yang termaginalkan oleh negara.
Kata kunci: Ideologi Film, Garin Nugroho, Daun di Atas Bantal


Keywords


Film Ideology, Garin Nugroho, Daun di Atas Bantal.

Full Text:

PDF

References


Althusser. Louis. 1984.Antara Ideologi dan Aparatus Ideologi Negara. Malang:

Indoprogress.

Barthes, Roland, 2007. Petualangan Semiologi,Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

_____________. 2005. Membedah Mitos-Mitos Budaya Massa, Yogyakarta:

Jalasutera.

Burton, Graeme. 2008. Media dan Budaya Populer. Yogyakarta: Jalasutera.

Danesi, Marcel, 2010. Semiotika Media: Pengantar Memahami Semiotika,

Yogyakarta: Jalasutera.

Kaelan, M.S. Filsafat Bahasa, Semiotika dan Hermeneutika. Yogyakarta: Penerbit

Paradigma.

Kristeva, Nur Sayyid Santoso. 2015. Sejarah Ideologi Dunia. Yogyakarta: Lentera

Kreasindo.

__________________________. 2011. Negara Revolusi Marxis dan Proletariat.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Piliang, Yasraf Amir. 2005. Hipersemiotika, Tafsir Cultural studies Atas Matinya

Makna, Yogyakarta: Jalasutera.

__________________. 2005. Dunia yang Dilipat Tamasya Melampaui Batas-Batas

Kebudayaan, Yogyakarta: Jalasutera.

__________________. 2000. Hiper-Realitas Kebudayaan, Yogyakarta: LKiS

Rusmana, Dadan. Filsafat Semiotika. Paradigma, Teori dan Metode Interpretasi

Tanda dari Semiotika Struktural Hingga Dekonstruksi Praktis. Bandung:

Pustaka Setia.

Sobur, Alex, 2001. Analisis Teks Media Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana,

Analisis Semiotik, dan Analisis Framing, Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v7i2.626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id