PERSONAL BRANDING PUTRI DANIZAR SEBAGAI DISC JOCKEY MUDA INDONESIA (Studi Riset Naratif mengenai Personal Branding Putri Danizar Sebagai Disc Jockey Muda Indonesia)

Christie Rachel Lumban Tobing, Trie Damayanti

Abstract


Abstract
Disc Jockey describes a person with expertise in arranging a song or music using disc media. The presence of disc jockey is usually easily found in nightclubs, but the stigma that is present in the community about the work of the middle of the night did not decrease society's growing curiosity fond world phenomenon nightclubs and follow the trail to work as a disc jockey. The proliferation of young disc jockey in Indonesia is now making its own uniqueness. Putri Danizar, a disc jockey aged 19 years who had undergone this profession for more than five years and has delivered many achievements is one of them. Research with a qualitative approach to the narrative research method seeks to determine important events, stories of the conflict and stages of life's journey Putri Danizar in the form of personal branding. The data collectionswas done by in-depth interviews and observation. The results showed Putri Danizar realize the establishment of personal branding herself who is a disc jockey on the experiences starting from a fondness for music as a means of expression itself and the conflicts that happened to herwith the environment. In conclusion, dialectical process that happens to Putri Danizar shows the branding process herself to the profession is practiced.
Key words: Personal Branding, Disc Jockey, Theory of Social Construction of Reality
Abstrak
Disc Jockey adalah seseorang yang terampil memilih dan memainkan lagu yang sudah tersimpan dalam rekaman sebelumnya dan dipadukan dengan lagu-lagu lain sehingga menghasilkan sebuah untaian lagu yang berbeda dengan lagu aslinya. “Deejay” menggambarkan seseorang dengan kemahirannya dalam mengatur lagu atau musik dengan menggunakan media cakram. Kehadiran disc jockey biasanya banyak ditemui di tempat hiburan malam, namun stigma yang hadir di tengah masyarakat tentang pekerjaan tengah malam ini tidak menurunkan rasa keingintahuan masyarakat yang semakin menggemari fenomena dunia hiburan malam dan mengikuti jejak untuk berprofesi sebagai disc jockey. Menjamurnya disc jockey muda di Indonesia kini membuat keunikan tersendiri. Putri Danizar, seorang disc jockey yang berusia 19 tahun yang sudah menjalani profesi ini selama lebih dari lima tahun dan telah banyak melahirkan prestasi adalah salah satunya. Penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan metode riset naratif ini berupaya mengetahui kejadian penting, kisah-kisah konflik dan tahapan perjalanan hidup Putri Danizar dalam membentuk personal branding. Pengumpulan data dilakukan dengan 

wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan Putri Danizar menyadari pembentukan personal branding dirinya yang berprofesi disc jockey dari pengalaman-pengalaman yang diawali dari kesukaan pada music sebagai alat ekspresi dirinya dan konflik-konflik yang terjadi pada dirinya dengan lingkungan. Kesimpulannya proses dialektika yang terjadi pada diri Putri Danizar menunjukkan proses diri dalam membrandingkan dirinya pada profesi yang ditekuninya.
Kata kunci: personal branding, disc jockey, Teori Konstruksi Sosial Atas Realitas.


Keywords


personal branding, disc jockey, Teori Konstruksi Sosial Atas Realitas.

Full Text:

PDF

References


Ardianto, E. 2011. Handbook of Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ardianto, E. 2011. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Berger, Peter L. Luckmann, Thomas. 2002. Tafsir Sosial atas Kenyataan. Jakarta: LP3S

Bungin, Burhan. 2011. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat.

Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Sosial; Format-format Kuantitatif dan Kualitatif, Surabaya: Universitas Airlangga Press.

Bungin, Burhan. 2008. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Cangara, Hafied. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

Creswell, John W. 1998. Qualitative Inquiry and Research Design, Choosing Among Five Traditions. Thousand Oaks, California: SAGE Publication.

Creswell, John W. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo.

Goffman, Erving. 1956. The Presentation of Self in Everyday Life. Edinburgh: University of Edinburgh, Social Sciences Research Centre.

Moleong, L. J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Montoya, Peter dan Tim Vandehey. 2009. Strategic Personal Branding. Mumbai: Jaico Publishing House

Mulyana, Deddy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2007. Metode Penelitian Komunikasi Contoh-Contoh Penelitian Kualitatif Dengan Pendekatan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nazsir, Nasrullah. 2008. Dinamika Kelompok dan Kepemimpinan. Bandung: Widya Padjadjaran.

Oliver, Sandra. 2006. Strategi Public Relations. Jakarta: Chartered Institute of Public Relations Jakarta

Poloma, Margareth. 2004. Sosiologi Kontemporer. Jakarta : PT. Raja Grafindo

Rakhmat, Jalaludin. 2007. Psikologi Komunikasi: edisi revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Satori, D., dan Komariah, A. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sobur, Alex. 2009. Semiotika Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.

Soemirat, Soleh dan Ardianto, Elvinaro. 2008. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Soerjono Soekanto. 2002. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Vardiansyah, Dani. 2008. Filsafat Ilmu Komunikasi. Jakarta: Indeks.

West, R., dan Turner, L. H. 2008. Pengantar Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Wasesa, S. A. 2011. Political Branding & Public Relations. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum

Wiryanto. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo.

SITUS

Erika, Monika. 2015. 4 Langkah Membentuk Personal Brand. Diakses 5 November 2015 dari http://www.pesona.co.id/article/4-langkah-membangun-personal-brand

Handayani, Irda. 2015. Fenomena DJ Dalam Pergaulan Remaja. Diakses 3 Oktober 2015 dari http://www.kompasiana.com/irda/fenomena-dj-dalam-pergaulan-remaja_550b7c9fa33311e90f2e3e89

Kuswandoro, Wawan, 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Diakses pada 9 November 2015 dari http://wkwk.lecture.ub.ac.id/2015/10/metode-penelitian-kualitatif/

Konsistensi. 2013. Wawancara Sebagai Metode Pengumpulan Data. Diakses 28 November dari: http://www.konsistensi.com/2013/04/wawancara-sebagai-metode-pengumpulan.html

Palallio, Hamzah. 2010. Fenomenologi. Diakses 25 November dari: http://www.hamzahpalalloi.web.id/2010/07/fenomenologi.html

Puspitasari, Rosalia. 2013. Studi Kasus Teori Komunikasi Tradisi Fenomenologi. Diakses 25 November 2014 dari: http://rosaliapw.blogspot.com/2013/10/studi-kasus-teori-komunikasi-tradisi.html

Rosmanuddin, S. A. 2009. Validitas dan Reliabilitas. Diakses 28 November 2015 dari: http://nahulinguistik.wordpress.com/2009/06/01/validitas-dan-reliabilitas/

Tayib, Muhtar. 2013. Teori Konstruksi Sosial Atas Pekerjaan. Diakses 28 November 2015 dari http://muhtartayib.blogspot.co.id/2013/11/teori-konstruksi-sosial-dalam-pekerjaan.html

Wasesa, S. A. 2011. Personal Branding Bersama Mas Silih Agus Wasesa. Diakses 10 Oktober 2015 dari http://kagamavirtual.com/2011/08/02/personal-branding-bersama-mas-silih-agung-wasesa/

https://id.wikipedia.org/wiki/Biografi Diakses pada 19 Oktober 2015




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/comm.v7i2.629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visit to our university official website: www.budiluhur.ac.id