MOTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI KALANGAN REMAJA

Witanti Prihatiningsih

Abstract


ABSTRACT
The technology which growing from time to time makes someone becoming more active
in using social media. Cell phone companies developed its services (3G, 4G, HSDPA,
EVDO and others) to support those needs. Social media are became inseparable in
teenagers daily life, where they can share informations or doing other things for fun. It
becomes needs for them. Instagram is one type of social media that's currently widely
used by teenagers. The question is, whether those needs can be fulfilled or not via
instagram. The researcher wanted to see instagram usage patterns among teenagers. This
study used descriptive qualitative method, with five active teens which using instagram
as samples or informants. Data collection techniques are observation, interview and
collecting documents in the form of photos and other important files that support this
research. From the results, it can be concluded that Instagram is a social media that is
able to meet one's needs. Those are cognitive needs, affective needs, personal integration
needs, the needs for social integration and the needs for escapist.
Keywords : social media, instagram, teenagers

ABSTRAK
Teknologi yang berkembang dari waktu ke waktu membuat seseorang menjadi lebih aktif
dalam menggunakan media sosial.Perusahaan telepon seluler pun mengembangkan
beragam layanan (3G, 4G, HSDPA, EVDO dan lain-lain) untuk mendukung kebutuhan
tersebut. Sosial media menjadi tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari di kalangan
remaja, di mana mereka dapat berbagi informasi atau melakukan hal-hal lain untuk
bersenang-senang. Hal ini menjadi kebutuhan bagi mereka. Instagram adalah salah satu
jenis media sosial yang saat ini banyak digunakan remaja. Pertanyaannya adalah, apakah
kebutuhan tersebut dapat dipenuhi atau tidak melalui Instagram. Peneliti ingin melihat
pola penggunaan instagram di kalangan remaja. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif, dengan lima remaja aktif yang menggunakan instagram sebagai
sampel atau informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara dan mengumpulkan dokumen berbentuk foto dan file lainnya. Dari hasil
penelitian, dapat disimpulkan bahwa Instagram adalah media sosial yang mampu
memenuhi kebutuhan seseorang, yakni kebutuhan kognitif, afektif, integrasi pribadi,
integrasi sosial dan berkhayal.
Kata Kunci: media sosial, instagram, remaja


Keywords


Kata Kunci: media sosial, instagram, remaja

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT.Citra Aditya Bakti.

Irwansyah. 2011. Corporate and Marketing Communication.

Jakarta: Puskombis Universitas Mercu Buana.

Kriyantono, Rachmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta:

Salemba Humanika.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Monks,F. J; Knoers, A. M. P; Haditono, S.R. 2001. Psikologi

Perkembangan: Pengantar dalam berbagai Bagian. Yogyakarta: Gajah MadaUniversity Press.

Morissan. 2007. Periklanan: Komunikasi Pemasaran

Terpadu. Jakarta: Ramdina Prakarsa.

Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada.

Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKiS

Yusup, Pawit M. 2009. Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Jurnal

Ayun, Primada Qurrota. Channel, Vol 3, No 2, Oktober 2015, hal 1-

Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial Dalam Membentuk Identitas.Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Juwita, Elsa Puji. Jurnal Sosietas, Vol 5, No 1, 2015. Peran Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Siswa SMA Negeri 5 Bandung.

Universitas PendidikanIndonesia.

Web

- Sejarah dan perkembangan aplikasi sosial media

instagram.http://www.gudangil mukomputer.com/. Di akses

pada tanggal 17 Pebruari 2017.

- http://techno.okezone.com/read/

/01/14/207/1288332/pengg

una-instagram-di-indonesiaterbanyak-

mencapai-89. Diakses 20 Pebruari 2017.

- https://id.techinasia.com/jumlahpengguna-

instagram-indonesia.

Diakses 18 Pebruari 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.36080/comm.v8i1.651

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Communication

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.