Vol 6, No 2 (2015)

COMMUNICATION

DOI: http://dx.doi.org/10.36080/comm.v6i2


Cover Page

Jurnal Communication edisi kali ini menyajikan tujuh tulisan. Yakni, Medical Professionals as Effective Communicators karya Deddy Mulyana yang kini menjabat Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi sekaligus Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, Bandung. Selanjutnya ada tulisan Gun Gun Heryanto, Dosen Komunikasi Politik UIN Jakarta, yang berjudul Konvergensi Simbolik di Media Online: Studi Perbicangan Netizens Tentang Polemik Kasus Century di Era Pemerintahan SBY-Boediono.

Tulisan lain disumbangkan Fungsi Komunikasi Kelompok dalam Menghadapi Potensi Bencana Alam (Studi pada Anggota Kelompok  Masyarakat di Wilayah Rawan Bencana Gunung Berapi) tulisan Damayanti Wardyaningrum yang kini Mengabdi di Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Al Azhar Indonesia, Jakarta Selatan; Pengaruh Kualitas Informasi Facebook terhadap Pembentukan Citra Positif Pemerintah Kota Padang (Studi pada Media Sosial Facebook Humas dan Protokol Kota Padang, September 2014 - Maret 2015) hasil penelitian Yuliandre Darwis dan Yeni Rizal. Keduanya Akademisi di Universitas Andalas, Padang. Selain itu ada juga tulisan berjudul Identifikasi Strategi Representasi Maskulinitas pada Majalah Transnasional di Indonesia Sumekar Tanjung yang kini mengabdi di Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Indonesia

Dari kalangan internal ada dua tulisan. Yaitu, Indah Suryawati yang berjudul Pergeseran Makna Selingkuh Dalam Budaya Siri’Bugis-Makassar Di Media Online (Konstruksi Pemberitaan “Suami Pergoki Istri Selingkuh” Di Tribune-Timur.Com) dan Jebakan Mimetisme Pada Pemberitaan Seputar Isu Terorisme  Pada Program Berita “Global Siang” di Global TV hasil penelitian Laksmi Rachmaria.

Tentu saja, kritik dan saran dari semua kalangan akan kami nantikan, sehingga menjadi acuan untuk memperbaiki jurnal ini di kemudian hari.