Analisis Kriminologis Penggunaan News Picture dalam Hoax yang Tersebar di Media Sosial (Analisis Isi Hoax pada Turnbackhoax.Id)

Triasa Nitorizki Hawari, Herlina Permata Sari

Abstract


Artikel ini berusaha memahami peran penggunaan news picture dalam hoax yang tersebar di sosial media. Dengan menggunakan enthnographic content analysis, data penelitian ini didapatkan dengan mengumpulkan hoax dari situs pen-debunked, turnbackhoax.id. Peneliti berhasil mengumpulkan 1097 hoax dari jangka waktu Juli 2015 hingga Juni 2018. Setelah melewati proses penyaringan kembali berdasarkan jenis konten visual dan jumlah like, share dan comment¸ terpilih 20 hoax yang mendapatkan nilai share di atas 10.000. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan news picture pada hoax bertujuan untuk memengaruhi emosi pembaca. Fungsi gambar dalam sebuah hoax terbagi menjadi dua, sebagai menjadi bukti atas terjadinya sebuah peristiwa dan sebagai pembangkit beragam emosi yang kemudian membuat orang lebih mudah memercayai hoax. Permasalahan lain pun muncul saat sebuah hoax menggunakan news picture yang menggambarkan penderitaan atau rasa sakit. Pihak yang ada dalam gambar tersebut didehumanisasi menjadi sekedar komoditas emosi yang siap digunakan untuk memenuhi tujuan pembuat hoax. Selain itu juga ditemukan bahwa permasalahan hoax tidak terlepas dari bagaimana bentuk internet itu sendiri. Ditemukan pula bahwa hoax bertemakan agama lebih berpotensi tersebar luas dibandingkan dengan tema lain karena hubungannya dengan identitas dan emosi pengguna media sosial di Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Ahmed, S. 2004. The Cultural Politics of Emotion. Edinburgh: Edinburgh University Press.

Baker, C. (2004). The SAGE Dictionary of Cultural Studies. London: SAGE Publication

Bell, D et al. (2004). Cyberculture: A Key Concepts. London: Routledge.

Bright, D. A. & Goodman-Delahunty, J. (2006). Gruesome Evidence and Emotion: Anger, Blame, and Jury Decision-Making. Law and Human Behavior, Vol. 30, No. 2, Emotion in Legal Judgment and DecisionMaking, pp. 183-202

Bryman, A. (2012). Social reseach method (4th ed). Oxford: Oxford University Press.

Cardoso, G. (2006). The Media in the Network Society: Browsing, News, Filters and Citizenship. Lisboa: CIES – Centre for Research and Studies in Sociology.

Carrabine, E .et al. (2009). Criminlogy: A Sociological Introduction. New York: Routledge.

Carrabine, E. (2014). Seeing Things: Violence, voyeurism and the camera. Theoretical Criminology Vol. 18(2), hal 134–158.

Chouliaraki, L. (2006). The spectatorship of suffering. London: SAGE Publication Ltd.

Dijck, J. V. (2013). The Culture of Connectivity: A Critical History of Social Media. USA: Oxford University Press.

Felstead, A., Jewson, N., & Walters, S., “Images, interviews and interpretations: making conection in visual research” dalam Pole, C. J. (2004). Seeing is believing? Approaches to visual research. Lane: Elsevier Ltd.

Fleming, C. & J. O'Carroll. (2010). The Art of the Hoax, Parallax, 16(4), 45-59.

Flitntham, M.et al. (2018). Falling for Fake News: Investigating the Consumption of News via Social Media. Paper presented at CHI 2018, April 21–26, 2018, Montréal, QC, Canada.

Fredal, J. (2014). The Perennial Pleasure of the Hoax. Philosophy & Rhetoric, 47(1), 73-97.

Gorbach, J. (2018) Not Your Grandpa's Hoax: A Comparative History of Fake News. American Journalism, 35(2), 236-249.

Grau, O. & Veigl, T “Introduction: Imagery in the 21st Century” dalam Grau, O. & Veigl, T (Ed.). (2011). Imagery in the 21st Century. Cambridge: MIT Press.

Heryanto, A. (2018). Identitas dan kenikmatan: politik budaya layar Indonesia, (Eric Sasono, Penerjemah.). Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Hill, J. E. & V. R. Schwartz (Ed). (2015). Getting the Picture: The Visual Culture of the News. London: Bloomsburry.

Ilan, J. 2017. News and the word-image problematic: A (key)word on international news pictures’ production. Journalism, 18(8), 977–993.

Jervis, J. (2015). Sympathetic Sentiments: Affect, Emotion and Spectacle in the Modern World. London: Bloomsbury Academic.

Jones, P J. & C. Walde. 2008. ‘No emotion, no sympathy’: The visual construction of Maxine Carr. Crime media culture Vol (4):1, p. 53-71

Jorgensen, P. F. “Affect, Persuasion, and Communication Processes” dalam Andersen, P. A. & Guerrero, L. K. (Ed.). (1998). Handbook of communication and emotion: Research, theory,application, and contexts. San Diego: Academic Press.

Keith, S., Schwalbe, C. B., & Silcock, B. W. (2006) Images in Ethics Codes in an Era of Violence and Tragedy, Journal of Mass Media Ethics, 21:4, p. 245-264.

Kim, C. & Yang, S. -U., (2017). Like, comment, and share on Facebook: How each behavior differs from the other. Public Relations Review 43, p. 441-449.

Kimmons, R. et al. (2017). Religious Identity, Expression, and Civility in Social Media: Results of Data Mining Latter-Day Saint Twitter Accounts. Journal for the Scientific Study of Religion 56(3), p. 637–657.

Mastel. (2017). Hasil Survey Mastel tentang Wabah Hoax Nasional.

O’Brien, M. & M. Yar. (2008). Criminology: The Key Concepts. New York: Routledge.

Papadupoulos, D. (2008). In the ruins of representation: Identity, individuality, subjectification. British Journal of Social Psychology, 47, 139–165.

Perlmutter, D. D. & N. S. Dahmen. (2008). (In)visible evidence: pictorially enhanced disbelief in the Apollo moon landings. Visual Communication, 7(2), 229-251

Putri, M. K. (2017). Produksi dan Koproduksi Hoax sebagai Bentuk Cyber Terror. FISIP UI: TKA.

Rime, B., Corsini, S., & Herbette, G. “Emotion, Verbal Expression, and the Social Sharing of Emotion” dalam Fussell,

S. R. (Ed.). (2002). The Verbal Communication of Emotions: Interdisciplinary Perspectives. Mahwah: Lawrence Erlbaum Associates.

Sen, A. (2016). Kekerasan dan Identitas. (Arif Susanto, Penerjemah.). Tangerang selatan: Marjin Kiri.

Stoecker, R., “Three crucial turns on the road to an adequate understanding of human dignity” dalam Kauffman, P., Kuch,

H., Neuhauser, C., & Webster, E. (2011). Humiliation, degradation, dehumanization: human dignity violated. London: Springer.

Surette, R. (2011). Media, Crime, and Criminal Justice: Images, Realities, and Policies (4th ed.). Belmont: Wadsworth, Cengage Learning.

Tang, L. (2009). Shaping feelings in cyberspace: The case of Chinese seafarer-partner. Emotion, Space and Society, 2, 104–110.

Teja, M. (2017). Media Sosial: Ujaran Kebencian dan Persekusi. Info Singkat Kesejehteraan Sosial. 9(11), 9-12.

Vida, I K. (2012). The "Great Moon Hoax" of 1835. Hungarian Journal of English and American Studies (HJEAS), Vol. 18, No. 1/2, Lifelong Search for Meaning: Special Double Issue in Honor Of Professor Donald E. Morse, pp. 431-441.

Yulianti, A. “Ada 800.000 Situs Penyebar Hoax di Indonesia”, kominfo.go.id. 13 Desember 2017. Diakses pada 6 Februari 2019 (https://kominfo.go.id/content/detail/12008/ada-800000-situs-penyebar-hoax-di-indonesia/0/sorotan_media.




DOI: https://doi.org/10.36080/djk.1095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Deviance Jurnal Kriminologi is indexed by:

Sinta Logo Crossref Logo Garuda Logo OpenAIRE Logo Google Scholar Logo Road Logo

Deviance Jurnal Kriminologi works in collaboration with:

APVI Logo MAHUPIKI Logo
 
Creative Commons

Deviance Jurnal Kriminologi is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International

Editorial Office:

Faculty of Social Sciences and Global Studies, Universitas Budi Luhur, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12260

Tel: (021) 5853753, Email: jurnaldeviance@budiluhur.ac.id