Mengukur dan Mengembangkan Konsep Diri Anak Menuju Terbentuknya Kepribadian Anak yang Memiliki Kemandirian terhadap Bullying di Kelas XI Sma Islam Harapan Ibu Pondok Pinang Jakarta Selatan

Kartono Kartono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) memberikan gambaran yang tepat mengenai konsep diri anak menuju terbentuknya kepribadian yang tangguh menghadapi masalah bullying di SMA Islam Harapan Ibu Pondok Pinang Jakarta Selatan, dan (2) mengembangkan pendekatan praktis dari konsep pendidikan yang teoritis menjadi suatu hal yang dapat dengan mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.Ada beberapa rambu yang harus dipahami pada saat mengenal diri seorang remaja. Proses pencarian identitas yang dilakukan oleh seseorang, dimana pencarian identitas tersebut dilakukan melalui proses untuk mendekatkan diri dengan orang lain atau kelompok masyarakat tertentu. Pembentukan sosok idola yang terjadi pada diri seseorang akan melalui proses yang berbeda Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Islam Harapan Ibu Pondok Pinang Jakarta Selatan. Sampel yang diambil adalah kelas XI yang berjumlah 30 siswa yang diambil secara purposive sampling. Data yang terkumpul dalam penelitian ini berupa konsep diri anak, angket dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengukur dan mengembangan konsep diri anak dapat membentuk kepribadian anak. Mengembangkan konsep diri anak dapat membentuk kepribadian anak sebesar 75% kategori baik sekali, 19% kategori baik dan 6% dengan kategori cukup. Selain itu siswa merespon baik (78%) setelah diterapkan pengembangan konsep diri.

Full Text:

PDF

References


Anatasi,A.1982.Psychologycal Testing.New York:McMillan Publishing Company

Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta : xii + 99 hlm.

Ardhana,W.1982.Beberapa Metode Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Surabaya:Usaha Nasional.

Byrne,B.M. 1998. Stuctural equation modeling with lisrel, prelis, simplis: basic concepts, application, and programming.Lawrence Erlbaum Associates:New Jersey.

Delgado-Gaitan C.1992.School Matters in the Mexican American home: Socializing children to education. American Education Research Journal,29,495-513

Marsh,H.W.& Ayotte,V.2003.Do multiple dimensions of self concept become more differentiated with age ? The differential distinctive hypothesis.Journal of Educational Psychology, 95,687-706




DOI: https://doi.org/10.36080/djk.1104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Deviance Jurnal Kriminologi is indexed by:

Sinta Logo Crossref Logo Garuda Logo OpenAIRE Logo Google Scholar Logo Road Logo

Deviance Jurnal Kriminologi works in collaboration with:

APVI Logo MAHUPIKI Logo
 
Creative Commons

Deviance Jurnal Kriminologi is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International

Editorial Office:

Faculty of Social Sciences and Global Studies, Universitas Budi Luhur, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12260

Tel: (021) 5853753, Email: jurnaldeviance@budiluhur.ac.id