Perbandingan Karakteristik Pseudo-family dari Ras Hitam, Kulit Putih dan Hispanik dalam Serial Drama Orange is The New Black

Yani Osmawati

Abstract


Tulisan ini membahas mengenai perbedaan citra ras kulit hitam, kulit putih dan Hispanik yang direpresentasikan dalam serial drama Orange is the New Black. Serial drama ini menampilkan tahanan-tahanan perempuan yang bergabung ke dalam sebuah kelompok berdasarkan identitas ras. Dalam artikel ini, kelompok yang direpresentasikan dalam serial drama tersebut dilihat sebagai kelompok pseudo-family, kelompok yang khas di dalam penjara perempuan, yang mereplikasi hubungan yang ada di dalam sebuah keluarga. Pseudo-family sering dijelaskan sebagai sesuatu memberikan manfaat bagi tahanan perempuan di dalam penjara karena hubungan yang saling mendukung dan melindungi. Namun dalam Orange is the New Black, pseudo-family juga diperlihatkan sebagai sesuatu yang bersifat manipulatif dan mempengaruhi anggotanya melakukan pelanggaran hukum. Hal tersebut terutama ketika tayangan ini menggambarkan pseudo-family dari kelompok tahanan kulit hitam. Namun, kelompok Hispanik digambarkan lebih positif dengan penggambaran pseudo-family yang bersifat memberdayakan anggotanya.

Full Text:

PDF

References


Banks, C. (2003). Women in Prison: A Reference Handbook. Santa Barbara: ABC-CLIO.

Bedard, L. E. (2009, Oktober 20). The pseudo-family phenomenon in women's prisons. Dipetik Oktober 2015, 19, dari correctionsone.com: http://www.correctionsone.com/jail-management/articles/1956587-The-pseudo-family-phenomenon-in-womens-prisons/

Beer, A. M., Morgan, R. D., Garland, J. T., & Spanierman, L. B. (2007). The Role of Romantic/Intimate Relationships in the Well-Being of Incarcerated Females. Psychological Services , 250-261.

Forsyth, C. J., & Evans, R. D. (2003). Reconsidering the Pseudo-Family/Gang Gender Distinction in Prison Research . Journal of Police and Criminal Psychology, 15-23.

Giallombardo, R. (1966). Social Roles in Prison for Women. Social Problems, 268-288.

Gross, T. (2013, Agustus 13). 'Orange' Creator Jenji Kohan: 'Piper Was My Trojan Horse'. Dipetik November 25, 2016, dari NPR: http://www.npr.org/2013/08/13/211639989/orange-creator-jenji-kohan-piper-was-my-trojan-horse

Hall, S. (1997). The Work of Representation. Dalam Representation: Cultural Representations and Signifying Practices (hal. 13-74). London: Sage Publication.

Huggins, D. W., Capeheart, L., & Newman, E. (2006). Deviant or Scapegoats: An Examination of Pseudo-Family Group and Dyads in Two Texas Prisons. The Prison Journal, 114-139.

Jiang, S., & Winfree Jr, L. T. (2006). Social Support, Gender, and Inmate Adjutment to Prison Life: Insight from a National Sample. The Prison Journal, 32-55.

Selling, L. S. (1931). The Pseudo Family. American Journal of Sociology, 247-253.

Wulf-Ludden, T. (2013). Interpersonal relationships among inmates and prison violence. Journal of Crime and Justice, 116-136.

Wulf-Ludden, T. L. (2013). Pseudo-families and institutional misconduct in a women's prison: A test of General Strain Theory. Omaha: University of Nebraska.




DOI: https://doi.org/10.36080/djk.915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Deviance Jurnal Kriminologi is indexed by:

Sinta Logo Crossref Logo Garuda Logo OpenAIRE Logo Google Scholar Logo Road Logo

Deviance Jurnal Kriminologi works in collaboration with:

APVI Logo MAHUPIKI Logo
 
Creative Commons

Deviance Jurnal Kriminologi is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International

Editorial Office:

Faculty of Social Sciences and Global Studies, Universitas Budi Luhur, Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12260

Tel: (021) 5853753, Email: jurnaldeviance@budiluhur.ac.id