INTERNAL LOCUS OF CONTROL SEBAGAI MODERASI PADA PENGARUH KOMPETENSI DOSEN TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN KOMPUTERISASI AKUNTANSI MAHASISWA

Tio Prasetio

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti empiris mengenai kompetensi dosen yang memengaruhi tingkat pemahaman mahasiswa mengenai komputerisasi akuntansi. Dengan locus of control internal sebagai variabel moderasi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur Tahun Akademik 2019/2020. Sampel yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling pada mata kuliah Aplikasi Komputerisasi Akuntansi berjumlah 94 mahasiswa. Metode penelitian yaitu kuantitatif dengan alat pengolahan SPSS Versi 22 menggunakan 2 model yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi dengan variabel moderating menggunakan uji interaksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi dosen tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemahaman komputerisasi akuntansi dan locus of control internal tidak dapat memoderasi kompetensi dosen terhadap tingkat pemahaman komputerisasi akuntansi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur. Sehingga kompetensi yang dimiliki dosen meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional belum dapat memengaruhi pemahaman mahasiswa mengenai komputerisasi akuntansi. Serta locus of control internal belum dapat memoderasi karena keyakinan pada diri mahasiswa dalam memahami pengetahuan komputerisasi akuntansi belum dapat diterapkan. Faktor lain yang diduga dapat memengaruhi yaitu variabel perilaku belajar, kecerdasan intelektual mahasiswa dan minat belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jem.v9i2.1247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tio Prasetio

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.