ANALISIS KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP IMPLEMENTASI APLIKASI CANDIL (MACA DINA DIGITAL LIBRARY) DI DISPUSIPDA JAWA BARAT

Ghina Rosyidah, Lies Anggi Puspita Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi aplikasi CANDIL (Maca Dina Digital Library) di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jawa Barat dan dampaknya terhadap kepuasan pengguna. Latar belakang penelitian menggambarkan pentingnya teknologi informasi dalam meningkatkan literasi dan minat membaca di Indonesia, dengan perpustakaan digital menjadi salah satu solusi inovatif. Namun, implementasi teknologi seperti CANDIL sering menghadapi tantangan, yang mengakibatkan penurunan penggunaan aplikasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kepuasan pengguna CANDIL dan menyediakan rekomendasi untuk perbaikan.


Keywords


Manajemen

Full Text:

PDF

References


Finaka, A. W. (2023). Orang Indonesia Makin Gemar Baca. Retrieved April 27, 2024, from Indonesia Baik website: https://indonesiabaik.id/infografis/orang-indonesia-makin-gemar-baca

Hadaie, E., Dannur, & Mahbubeh, M. (2020). Manajemen Perpustakaan Berbasis Digital dalam Membentuk Generasi Literat di SMA Negeri 1 Pamekasan. Investi: Jurnal Ekonomi dan Perbankan, 02.

Ismiyanti, A. (2022). Pengukuran Kualitas Aplikasi Diarysumsel Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) (1 ed.). Palembang: Palmotech.

Iztihana, A. (2020, Maret 02). Peran Pustakawan MTs N 1 Jepara Dalam Upaya Mengembangkan Minat Kunjungan Siswa Pada Perpustakaan. Semarang: Universitas Diponogero. Retrieved from Wawasan Pendidikan: https://www.wawasanpendidikan.com/2016/03/pengertian-perpustakaan-dan-perpustakaan-sekolah-menurut-para-ahli.html

Jabarprov.go.id. (2023). Candil Maca Dina Digital Library. jabarprov.go.id. Retrieved Januari 2, 2024, from https://jabarprov.go.id/layanan/candil

Karomah, S. (2023). Tingkatkan Minat Baca Dengan Perpustakaan Digital. Primary: Media Komunikasi Civitas Akademika Prodi Magister Pendas UMP, 2(2), 81-91.

Kusumah, D. M. (2020). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kualitas Informasi Akuntansi Serta Dampaknya Pada Kepuasan Pengguna (Studi Kasus Pada Pusat Air Tanah Dan Geologi Tata Lingkungan Bandung). Bandung: Skripsi, Universitas Komputer Indonesia. https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint /3381/

Lita, E. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Informasi Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Online Di Tiktok Shop Berdasarkan Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung Angkatan 2018). Lampung: Skripsi, UIN Raden Intan Lampung. http://repository. radenintan.ac.id/id/eprint/31799

Niazi, H. A., & Oktaviani, R. F. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kegunaan, Persepsi Risiko, Dan Kenyamanan Terhadap Sikap Konsumen Dalam Belanja Online. Jurnal Bintang Manajemen, 1(4), 191–203.

Oktaviani, R. F. (2023). Perubahan Perilaku Pengguna Aplikasi Tabungan Ibu: Metode Tam. Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 12(2), 200. https://doi.org/10.35906/equili.v12i2.1537

Oktaviani, R. F. (2024). Understanding Young Entrepreneurs: Interest in Supporting Business Success. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 8(2), 288–303. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2024.v8.i2.6324

Oktaviani, R. F., Faeni, D. P., Faeni, R. P., & Meidiyustiani, R. (2019a). Implementation of E-government working to improve effectiveness. International Journal of Recent Technology and Engineering, 8(2 Special Issue 4), 858–862. https://doi.org/10.35940/ijrte.B1171.0782S419

Rohman, M. (2021). Peran Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca dan Character Building Siswa di MA Plus Keterampilan Al-Irsyad Gajah, Demak. Kudus: Skripsi, IAIN Kudus. http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5809

Senjaya, R., & Susinta, A. (2022). Manajemen Perpustakaan Digital di Era Global pada Perpustakaan Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Jurnal Perpustakaan, 56-66.

Suharti. (2019). Perpustakaan Digital Pendukung E-Learning Di Era Disrupsi. Journal UII, 2, 19-30.

Tampanguma, I. K., Kalangi, J. F., & Walangitan, O. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Es Miangas Bahu Kota Manado. Productivity, 3, 7-12.

Wahyuni, A. S., & Dewi, A. O. (2019, April 6). Presepsi Pemustakan Terhadap Desain Antarmuka Pengguna (User Interface) Aplikasi Perpustakaan Digital "iJogja" Berbasis Android. Ejournal Universitas Diponegoro. Retrieved from Sebelas Maret University Library: https://library.uns.ac.id/membangun-perpustakaan-digital-suatu-tinjauan-aspek-manajemen/

Widyaning, E. R. (2019). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas VIII Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di SMP PGRI Sumobito. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 2(1), 1–14. https://doi.org/ 10.30762/f_m.v2i1.1682




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/jem.v13i2.2893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ghina Rosyidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.