Analisis Pengaruh Ekuitas Merek, Kualitas Layanan, Promo Berhadiah, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Avanza Di Showroom Auto 2000
Abstract
Persaingan antar perusahaan semakin ketat. Ketatnya persaingan memungkinkan penataan kembali oleh perusahaan terkait strategi pemasaran yang selama ini di lakukannya, sehingga perusahaan dapat bertahan dalam periode tertentu sesuai visi dan misi serta tujuan yang hendak di capainya. Setidak-tidaknya fenomena persaingan antara perusahaan yang ada membuat setiap perusahaan menyadari suatu kebutuhan untuk memaksimalkan aset-aset perusahaan demi kelangsungan perusahaan yang menghasilkan produk yang sesuai kebutuhan konsumen bahkan pelanggan. Penjualan Toyota Avanza membukukan total penjualan 19.013 unit atau tumbuh 6,8% dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebanyak 17.809 unit. Pencapaian bulan lalu tercatat di atas rata-rata bulanan penjualan Toyota Avanza sekitar 17.000 unit. Mobil Avanza dikenal sangat cocok dengan iklim Indonesia, mobil murah yang dapat digunakan dijalanan Ibu kota ataupun kota besar lainnya. Walaupun terjadi kemacetan yang tinggi, mobil avanza masih dikategorikan irit bahan bakar minyak. Kondisi seperti inilah yang dijadikan pertimbangan oleh konsumen untuk memilih avanza.
Penelitian dilakukan dengan mengambil data primer. teknik sampel probability sampling, penyebaran kuesioner menggunakan simple random sampling, pengolahan data dan analisis data dengan menggunakan program SPSS. Jumlah responden sebesar 37 orang.
Hasil pengujian hipotesis secara parsial kualitas layanan, kualitas produk, ekuitas merek dan promo berhadiah tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian hipotesis secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa kualitas layanan, kualitas produk, ekuitas merek dan promo berhadiah berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara simultan, F hitung sebesar 20.326 dengan nilai sig sebesar 0,000 Jadi berdasarkan perhitungan, F hitung (20.326) ≥ F tabel (2.0301), maka Ho ditolak, Ha diterima dengan Sig (0,000) < α (0,05), maka Ho ditolak, Ha diterima dan mempunyai hubungan yang sangat signifikan karena nilai sig (0,000).
Full Text:
PDFDOI: https://dx.doi.org/10.36080/jem.v3i2.304
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Ekonomika dan Manajemen