Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Administrasi Sekretaris (SERASI) menyediakan dan memfasiltiasi naskah ilmiah pendidikan tinggi. Fokus SERASI adalah untuk mengenalkan pembaca secara luas tentang berbagai tradisi intelektual ilmu sekretaris dan administrasi di Indonesia. Cakupan tersebut antara lain: 1) Administrasi dan Kesekretarisan; 2) Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dalam bidang Administrasi dan Kesekretarisan; 3) Penerapan Pengembangan Bahasa Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris dalam bidang Administrasi dan Kesekretarisan; 4) Penerapan Ilmu Ekonomi dan Bisnis dalam bidang Administrasi dan Kesekretarisan. Tujuan jurnal ini menyebarluaskan penelitian tentang difusi, dan adopsi sekretaris dan administrasi di Indonesia.
Hak Cipta Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI)®
Gedung Unit 7 Universitas Budi Luhur Jl. Ciledug Raya No.99, RT.1/RW.2, Petukangan Utara, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12260

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Jurnal SERASI menerapkan kebijakan proses peninjauan/review sebagai berikut : Naskah yang dikirim author, akan melewati proses review oleh editor, terutama pengecekan kesesuaian naskah dengan ruang lingkup jurnal dan kesesuaian dengan template jurnal. Dalam proses ini juga akan dicek tingkat plagiasi dengan standar dibawah 20 %. Editor akan menolak naskah yang tidak memenuhi dengan standar jurnal atau akan mengirimkan naskah ke Reviewer untuk dilakukan proses review apabila dari hal - hal tersebut dinyatakan layak. Naskah yang telah melewati langkah 1 diatas, maka dikirim ke 2 orang reviewer untuk ditinjau kontennya dengan metode blind peer review. Proses peninjauan akan mempertimbangkan kebaruan, objektifitas, metode, dampak ilmiah, kesimpulan, dan referensi, dengan melampirkan lembar ulasan (review form). Reviewer akan menyarankan perbaikan dan atau penerimaan/menolak artikel. Editor akan memutuskan dengan mempertimbangkan saran dari reviewer apakah naskahnya memenuhi persyaratan Jurnal SERASI. Keputusan editor adalah final.

 

Open Access Policy

Semua artikel yang diterbitkan oleh Jurnal SERASI dapat diakses secara terbuka dengan prinsip bahwa Ketersediaan karya ilmiah tersedia secara gratis untuk publik dan mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas kepenulisan karya tersebut dan publikasi awal dalam jurnal ini. (Lihat Surat Perjanjian Hak Cipta Jurnal SERASI). Hal tersebut berarti:

Setiap pembaca memiliki akses gratis dan tidak terbatas ke teks lengkap dari semua artikel yang diterbitkan di Jurnal SERASI.
Setiap pembaca bebas untuk menggunakan kembali artikel yang diterbitkan jika diberikan kutipan atau sitasi yang tepat dari publikasi aslinya.

 

Archiving

Jurnal SERASI mengirimkan kontennya dalam bentuk buku cetak dan softcopy ke pangkalan data jurnal ilmiah Indonesia (ISJD), Arsip Nasional, perpustakaan nasional Indonesia, onesearch, dan beberapa lembaga pengindeks jurnal, sehingga keterjaminan ketersediaan data selalu terjaga.

 

Etika Publikasi

Jurnal Sekretari dan Administrasi (Serasi) adalah jurnal peer-review. Jurnal ini mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya menangani kasus penelitian dan kesalahan publikasi.

Pernyataan ini menjelaskan perilaku etis semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk penulis, Pemimpin Redaksi, Dewan Redaksi, peer-reviewer dan penerbit (Akademi Sekretari Budi Luhur).

Jurnal SERASI didedikasikan untuk mengikuti praktik terbaik tentang masalah etika, kesalahan, dan pencabutan. Pencegahan malpraktek publikasi merupakan salah satu tanggung jawab penting dewan redaksi. Segala jenis perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.