Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Matakuliah Pengetahuan Kesekretarisan Dan Praktik Kesekretarisan

Iis Torisa Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap pembelajaran berbasis e-learning pada mata kuliah Pengetahuan Kesekretarisan dan Praktik Kesekretarisan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Akademi Sekretari Budi Luhur angkatan 2017 dan 2019. Sampel yang diambil menggunakan metode purposive sampling sebanyak 72 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, pengujian hipotesis dilakukan dengan regresi berganda menggunakan software SPSS versi 19. Hasil penelitian pada mata kuliah Pengetahuan Kesekretarisan menunjukkan bahwa secara parsial variabel motivasi intrinsik (X1) berpengaruh signifikan terhadap pembelajaran e-learning dengan nilai thitung 4.054 > ttabel 1.699 sig. 0.000 di bawah α 0.05 dan variabel motivasi ekstrinsik (X2) berpengaruh secara parsial terhadap pembelajaran e-learning dengan nilai thitung 3.815 > ttabel 1.699 sig. 0.001 di bawah α 0.05. Sedangkan untuk mata kuliah Praktik Kesekretarisan menunjukkan bahwa secara parsial variabel motivasi intrinsik (X1) berpengaruh terhadap pembelajaran e-learning dengan nilai thitung 5.401 > ttabel 1.682 sig. 0.000 di bawah α 0.05, dan variabel motivasi eksternal (X2) berpengaruh secara parsial terhadap pembelajaran e-learning dengan nilai thitung 4.486 > ttabel 1.682 sig 0.000 di bawah α 0.05. Selanjutnya hasil analisis secara simultan pada variabel motivasi intrinsik (X1) dan motivasi ekstrinsik (X2) pada mata kuliah Pengetahuan Kesekretarisan dan Praktik Kesekretarisan berpengaruh terhadap pembelajaran e-learning dengan nilai Fhitung 45.124 > Ftabel 2.78 sig. 0.000 di bawah α 0.05, artinya motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap pembelajaran e-learning.

Kata-kata Kunci: Motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, e-learning.

Full Text:

Pdf

References


Aziz, A L. 2017. ”Pengaruh Motivasi Instrinsik dan Motivasi Ekstrinsik terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis Kelas X Peserta Didik Kelas X di SMK 4 Makasar”, (Tesis): Universitas Negeri Makasar. Diakses di https://unm.ac.id. Tanggal 15 Mei 2017

Darliah, L. 2013. ”Pengaruh Kualitas Informasi dan penggunaan E-Learning terhadap Prestsasi Belajar dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening.” (Studi kasus pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FE UNY angkatan 2012-2013) Mata kuliah Statitstik II dan Aplikasi Komputer II).” (Skripsi): Universitas Negeri Yogyakarta. Di akses di https://eprints.uny.ac.id. Tanggal 21 April 2016

Djamrah, S. B.. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Karwati, E. 2014. ”Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) terhadap mutu Belajar Mahasiswa.” Jurnal Penelitian Komunikasi Vol.17 No.1 Juli 2014 Hal.41-44. Di akses di http://www.bppkibandung.id/index.php/jpk/article/viewFile/5/7. Tanggal 30 Mei 2014.

Mulyani, W. 2013. ”Pengaruh Pembelajaran E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Implus dan Momentum”. (Skripsi): Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta. Diakses dari repository.uinjkt.ac.id.

Septumarisa, D. & Suardiman, S. P.. 2014. ”Pengaruh Penggunaan E-Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta”. Jurnal Prima Edukasia No.2 Vol.1 Januari 2014, hal.66-79. Doi:https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645.

Siregar, S. 2015. ”Metode Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan Perhitungan Manual & SPSS.”Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sulisworo, D. & Agustin, S. P. “Dampak Pembelajaran Elearning terhadap Motivasi pada Pembelajaran Fisika di Sekolah Kejuruan”. Jurnal Berkala Fisika Indonesia, Vol.9 No.1, Januari 2017. https://adoc.tips/berkala-fisika-indoneia-volume-9-nomor-1-januari-2017.html tanggal akses 1 Januari 2017.

Winkel, W. S. 2014. ”Psikologi Pengajaran”. Yogyakarta: Media Abadi.

Yusuf, A. M. 2014. ”Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan”. Jakarta: Prenadamedia Group.

https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-e-learning. tanggal akses 19 Juli 2019




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/js.v18i1.1035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Serasi

Jurnal Serasi diterbitkan oleh Program Studi Sekretari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur.

Lebih detail tentang jurnal Serasi dapat lihat di Sejarah Jurnal Serasi

ISSN (cetak) 2085-0700            ISSN (online) 2622-5913


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) telah terindeks oleh: (klik gambar untuk informasi lebih lanjut)