KESALAHAN BERBAHASA TAKSONOMI KATEGORI LINGUISTIK DAN KOMPETENSI GRAMATIKAL SURAT LAMARAN KERJA DALAM BAHASA INGGRIS PADA MAHASISWA AKADEMI SEKRETARI BUDI LUHUR

Rizky Eka Prasetya

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan faktor kompetensi yang merupakan salah satu penyebab utama dalam kesalahan berbahasa karena pembelajar belum menguasai sistem bahasa target. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kesalahan sintaksis sebanyak 42 orang, kesalahan ini mencakup struktur kalimat tidak sesuai, kalimat ambigu, diksi tidak tepat dalam membentuk kalimat, dan kalimat tidak koherensi. Sedangkan, kesalahan morfologi sebanyak 12 orang, kesalahan ini meliputi kesalahan verba bermarkah lampau, kesalahan suffix (-able,-ful,-ing, dan -ness), kesalahan prefix (dis-, il-, dan im-), kesalahan pembentukan kata negasi. Kompetensi gramatikal sebanyak 29 orang, kompetensi atau kemampuan ini meliputi kompetensi leksikal sebanyak 20 orang, kompetensi ini mencakup ketepatan penggunaan kata, frasa verba, dan kolokasi. Kompetensi struktural kalimat sebanyak 9 orang, kompetensi ini mencakup kalimat sederhana (subject + predicate), kalimat majemuk (subject + predicate + conjunction), dan kalimat kompleks (subject + predicate + subordinate). Kesimpulan penelitian ini adalah dua sumber utama kesalahan dalam pembelajaran bahasa kedua. Sumber pertama adalah gangguan dari bahasa asli sedangkan sumber kedua faktor intralingual. Di samping itu, kompetensi gramatikal dipengaruhi oleh faktor kepercayaan diri, lingkungan, dan pengalaman menggunakan bahasa Inggris.

Kata Kunci: Kesalahan bahasa, kompetensi gramatikal, akuisisi bahasa kedua

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, R. (2018). The Use of Technology in English Language Learning: A Literature Review. International Journal of Research in English Education. 3 (2), 28, URL: http://ijreeonline.com/article-1-120-en.html

Aini, N. (2018). The Grammatical Errors in the Translational Text: Indonesian-English Structure. Tell: Teaching of English Language and Literature Journal. 6. 55. 10.30651/tell.v6i2.2109.

Castillo, J. M. D. (2016). Studying Linguistic Competence. The Problem. Education and Linguistics Research. 2.85-97. 10.5296/elr.v2i1.9157.

Chu, J. Y & Chunsheng. (2019) Analysis of second language acquisition (sla) speech perception model & the perception of second language prosody, revista de cercetare și intervenție socială, 64, 334-351 https://doi.org/10.33788/rcis.64.25

Ellis, R. & Barkhuizen, G. Analyzing Learner Language. 2005. Oxford: Oxford University Press.

Gregoromichelaki, E & Kempson, R. (2019). Procedural Syntax. International Journal of Education and Literacy Studies. 11. 119-122 10.1017/9781108290593.017.

Hassan, N. dkk. (2019). Esl learners’ Language Errors in a Reflective Writing Assessment. Issues in Language Studies. 8. 37-51. 10.33736/ils.1291.2019.

Kurniadi, F. (2017). Language Error Analysis on Verified Twitter Timeline. JURNAL ARBITRER. 4. 58. 10.25077/ar.4.2.58-64.2017.

Schmitt, N. (2014). Size and Depth of Vocabulary Knowledge: What the Research Shows. Language Learning. 64. 10.1111/lang.12077.

Vavilova, Z & Broadbent, J. (2019). Fossilization, communicative rationality and communication strategies in second language learning. Rudn Journal of Language Studies, Semiotics and Semantics. 10. 522-531. 10.22363/2313-2299-2019-10-2-522-531.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/js.v18i1.1039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Serasi

Jurnal Serasi diterbitkan oleh Program Studi Sekretari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur.

Lebih detail tentang jurnal Serasi dapat lihat di Sejarah Jurnal Serasi

ISSN (cetak) 2085-0700            ISSN (online) 2622-5913


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) telah terindeks oleh: (klik gambar untuk informasi lebih lanjut)