ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, MOTIVASI INTRINSIK, DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA

Tio Prasetio

Abstract


Jumlah pengangguran yang semakin meningkat tidak diikuti dengan luasnya kesempatan untuk bekerja. Membuka lapangan pekerjaan menjadi solusi terbaik dari ketatnya persaingan mencari pekerjaan. Faktor-faktor yang mendorong minat untuk berwirausaha antara lain penggunaan media sosial, motivasi intrinsik dan pengetahuan mengenai kewirausahaan. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial, motivasi intrinsik dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa secara parsial maupun simultan. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Budi Luhur Program Studi Akuntansi dan Mahasiswa Akademi Sekretari Budi Luhur Program Studi Sekretari. Sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling dengan 66 orang responden yang telah lulus kriteria. Metode penelitian bersifat kuantitatif dengan teknik analisis korelasi dan regresi berganda. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel penggunaan media sosial tidak berpengaruh secara signifikan dan memiliki korelasi positif terhadap minat berwirausaha. Sedangkan untuk variabel motivasi intrinsik dan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap minat berwirausaha. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa penggunaan media sosial, motivasi, dan pengetahuan kewirausahaan berpengaruh secara signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa dengan nilai signifikansi 0.000 dengan koefisien determinasi sebesar 61.6%.

Kata Kunci: Penggunaan media sosial, motivasi intrinsik, pengetahuan kewirausahaan, minat berwirausaha.

Full Text:

PDF

References


Alfaruk, M. H. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Sosial Media, Motivasi dan Pengetahuan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Ekonomi Di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. Vol. 4. No. 2.

Hanifati, K. (2017). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Kompetensi Sosial Dan Lingkungan Bisnis Terhadap Pertumbuhan Usaha. Departemen Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Semarang.

Hariyani, R & Prasetio, T. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial, Motivasi, dan Pengetahuan Bisnis Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Akademi Sekretari Budi Luhur Angkatan 2018). Universitas dan Akademi Sekretari Budi Luhur: Jakarta.

Indoworo, H. E. (2016). Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Melalui Peran Sosial Media. Jurnal Informatika UPGRIS. Volume 2 Nomor 1. FPIPSKR Universitas PGRI Semarang.

Mulyandi, M. R. & Puspitasari, V. A. (2018). Industri Kreatif, Media Sosial, dan Minat Berwirausaha: Sinergi Menuju Pembangunan Berkelanjutan. National Conference of Creative Industri: Sustainable Tourism Industri for Economic Development Universitas Bunda Mulia, Jakarta, 5-6 September 2018 e-ISSN No: 2622-7436.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahayu, E. S. & Laela, S. (2018). Pengaruh Minat Berwirausaha dan Penggunaan Sosial Media Terhadap Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta Vol. 20 No. 03. LP2M Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI Jakarta. P-ISSN 1411-710X.




DOI: https://dx.doi.org/10.36080/js.v18i1.1040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Serasi

Jurnal Serasi diterbitkan oleh Program Studi Sekretari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur.

Lebih detail tentang jurnal Serasi dapat lihat di Sejarah Jurnal Serasi

ISSN (cetak) 2085-0700            ISSN (online) 2622-5913


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) telah terindeks oleh: (klik gambar untuk informasi lebih lanjut)