FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI

Hesti Umiyati, Sri Ristiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kualitas pelayanan terhadap partisipasi anggota koperasi. Hal ini dilatarbelakangi bahwa majunya koperasi ditentukan oleh keaktifan partisipasi anggotanya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif murni atau survey pada 34 anggota koperasi kredit di Tangerang selama 3 bulan. Hasil penelitian diolah menggunakan metode statistik deskriptif dan regresi dari lima dimensi pelayanan yang menunjukkan bahwa: (1) Bukti fisik secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan partisipasi anggota dengan nilai sig < 0,05 (0,014 < 0,05). (2) Empati secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan partisipasi anggota dengan nilai sig < 0,05 (0,00 < 0,05). (3) Kehandalan secara parsial tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan partisipasi anggota dengan nilai sig > 0,05 (0,262 > 0,05). (4) Daya tanggap secara parsial tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan partisipasi anggota dengan nilai sig > 0,05 (0,163 > 0,05). (5) Jaminan secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan partisipasi anggota dengan nilai sig < 0,05 (0,048 < 0,05). Dari hasil ini dapat disarankan agar koperasi memperhatikan dimensi bukti fisik, empati, dan jaminan dalam meningkatkan partisipasi anggotanya.

Kata-kata kunci: Kualitas pelayanan, partisipasi, anggota koperasi

Full Text:

PDF

References


Irawan, H. (2009). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan (Cetakan ke-11). Jakarta: Elex Media

Kiswanto, H. (2010). Pengaruh Pelayanan, Motivasi Berkoperasi dan Lokasi Usaha Terhadap Partisipasi Anggota KUD Mino Saruyo Kabupaten Cilacap. Skripsi. Fakultas ekonomi. Universitas Negeri Semarang

Mahri, A. J. W. (2006). Pelayanan dan Manfaat Koperasi, Serta Pengaruhnya Terhadap Partisipasi Anggota (Suatu Kasus Pada Koperasi Produsen Tahu Tempe Kabupaten Tasikmalaya). Jurnal Sains dan Terapan

Mulyono, K B. (2009). Pengaruh Kemampuan Manajerial Pengurus, dan Pelayanan Koperasi Terhadap Partisipasi KPRI “Bhakti Praja” Provinsi Jawa Tengah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang

Soetjipto, H. (2015). Mengembangkan Koperasi. Yogyakarta: Kelompok Penerbit Universitas Atmajaya

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.36080/js.v18i1.1045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Serasi



Jurnal Serasi diterbitkan oleh Program Studi Sekretari, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur.

Lebih detail tentang jurnal Serasi dapat lihat di Sejarah Jurnal Serasi

ISSN (cetak) 2085-0700            ISSN (online) 2622-5913


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 

Jurnal Sekretari dan Administrasi (SERASI) telah terindeks oleh: (klik gambar untuk informasi lebih lanjut)